Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Telkomsel dan ZTE Kerja Sama Solusi 5G untuk Enterprise

Sinergi bersama ini diresmikan melalui penandatanganan nota kesepahaman yang dilakukan langsung oleh Wong Soon Nam selaku Direktur Planning & Transformation Telkomsel dan Xu Ziyang selaku CEO ZTE Corporation, di sela acara Mobile World Congress (MWC) 2023 di Barcelona, Spanyol, Senin (27/2/2023).

Direktur Planning & Transformation Telkomsel, Wong Soon Nam yang turut hadir menyaksikan penandatangan nota kesepahaman tersebut mengatakan bahwa melalui unit Telkomsel Enterprise, Telkomsel berkomitmen untuk menjadi powerhouse penyedia solusi digital terintegrasi yang siap mendampingi korporasi guna membuka lebih banyak peluang.

"Kerja sama strategis bersama dengan mitra seperti ZTE ini dapat terus membuka lebih banyak potensi kemajuan bagi para pelanggan korporasi untuk berkolaborasi dan berakselerasi, sekaligus memperkuat semangat pencapaian Industri 4.0 secara lebih inklusif dan berkelanjutan di Indonesia," kataWong Soon Nam.

Mei Zhonghua, SVP ZTE Corporation mengatakan dalam kolaborasi ini ZTE akan menyediakan solusi 5G mutakhir untuk Telkomsel.

"Kami berharap kolaborasi ini dapat membantu kita mencapai tujuan bersama, yaitu mempercepat transformasi digital di Indonesia,” kata Zhonghua.

Melalui kolaborasi ini, Telkomsel dan ZTE akan bersinergi dalam mengembangkan portofolio inovasi solusi produk dan layanan terkini dengan mengadopsi pemanfaatan teknologi Cloud PC yang dapat mengimplementasikan virtualisasi, manajemen terpusat, dan berbagi sumber daya komputasi, penyimpanan, dan jaringan.

Dengan penjadwalan melalui cloud data center, memungkinkan penggunaan desktop virtual yang efektif dan dapat memaksimalkan komputasi baik untuk perusahaan maupun publik.

Selain itu, kedua perusahaan juga akan menjajaki peluang kerja sama dalam studi dan kajian teknologi jaringan 5G Air-to-Ground.

Teknologi ini selain dapat menghadirkan layanan broadband berkecepatan tinggi dengan harga terjangkau bagi penumpang pesawat, juga diharapkan dapat meningkatkan efisiensi serta keamanan operasional maskapai penerbangan.

Kolaborasi Telkomsel dan ZTE dalam pengembangan ekosistem layanan 5G telah berjalan dalam beberapa tahun terakhir dan meraih berbagai pencapaian penting dalam upaya mendorong pemerataan akses broadband berteknologi terkini.

Pada 2021, ZTE menjadi salah satu mitra infrastruktur jaringan yang mendukung Telkomsel menjadi perusahaan telekomunikasi digital pertama yang menggelar akses jaringan dan layanan 5G di Indonesia.

Kemudian di 2022, Telkomsel juga didukung ZTE untuk menghadirkan penerapan teknologi 5G Underground Smart Mining pertama di Asia Tenggara di lingkungan operasional pertambangan PT Freeport Indonesia guna mendukung digitalisasi dan transformasi operasional industri pertambangan di Indonesia.

Telkomsel dan ZTE akan terus memperkuat kemitraan untuk mengakselerasikan penguatan ekosistem ke depan dengan berbagai solusi produk dan layanan terdepan yang telah teruji di berbagai negara.

https://tekno.kompas.com/read/2023/02/28/16324727/telkomsel-dan-zte-kerja-sama-solusi-5g-untuk-enterprise

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke