Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Tak Perlu Download Satu Sehat Mobile, Aplikasi PeduliLindungi Berubah Otomatis

Deputi Chief Digital Transformation Office (DTO) Kemenkes Agus Rachmanto mengatakan masyarakat tak perlu mengunduh aplikasi Satu Sehat Mobile. Sebab, aplikasi PeduliLindungi diklaim akan berubah "otomatis".

"Satu Sehat Mobile sendiri itu dari PeduliLindungi. Akan otomatis berubah karena kita tidak ingin menyulitkan masyarakat, jadi kita hanya akan memberitahukan bahwa ada perubahan. Masyarakat tinggal tunggu nanti di tanggal 1 Maret 2023, aplikasi di handphone ini akan berubah sendiri," kata Agus, sebagaimana dihimpun dari Antara News, Selasa (28/2/2023).

Staf Ahli Teknologi Kesehatan sekaligus Chief DTO Kemenkes Setiaji mengatakan masyarakat hanya perlu memperbarui (update) aplikasi melalui toko aplikasi Play Store (Android) atai App Store (iOS).

Setelah diperbarui, masyarakat akan diminta memberikan persetujuan syarat dan ketentuan di Satu Sehat Mobile. Pengguna hanya perlu login atau masuk dengan akun yang sama seperti saat registrasi PeduliLindungi. Dalam aplikasi Satu Sehat Mobile, sertifikat dan tiket vaksin Covid-19 di PeduliLindungi akan tersinkronisasi secara otomatis.

“Profil anggota, sertifikat, dan tiket vaksin Covid-19 juga akan tersinkronisasi secara otomatis. Jadi, setelah memberikan persetujuan, pengguna Satu Sehat Mobile tidak perlu repot membuat akun baru untuk mulai menggunakan SatuSehat Mobile,” kata Setiaji, sebagaimana dihimpun Kompas.com.

Untuk tahap awal, update aplikasi Satu Sehat Mobile baru akan tersedia di iOS saja. Sementara perangkat Android dijanjikan akan menyusul dalam waktu dekat.

Cara update PeduliLindungi ke Satu Sehat Mobile secara manual

Berdasarkan pantauan KompasTekno, Rabu (1/3/2023), pengguna akan mendapatkan notifikasi update PeduliLindungi ketika membuka aplikasi tersebut. Pengguna wajib memilih "Perbarui/update" agar bisa menginstal Satu Sehat Mobile. Sebab, apabila memilih "tidak" memperbarui, aplikasi PeduliLindungi akan menutup dan tidak bisa digunakan.

Untuk memperbaruinya, cukup klik "Perbarui/update" dan tunggu instalasi apliaksi Satu Sehat Mobile rampung. Kemudian, lanjutkan dengan login menggunakan akun yang sama dengan PeduliLindungi.

Anda juga bisa meng-update secara manual. Namun, hingga Rabu (1/3/2023) pagi, aplikasi Satu Sehat Mobile belum tersedia secara standalone di Play Store maupun App Store. Hanya tersedia aplikasi PeduliLindungi saja yang apabila diinstal, akan berubah menjadi Satu Sehat Mobile.

Cara update PeduliLindungi ke SatuSehat Mobile secara manual adalah sebagai berikut:

  • Buka App Store (iOS) atau Play Store (Android).
  • Cari aplikasi "PeduliLindungi". Anda juga bisa mencari aplikasi "Satu Sehat Mobile" meskipun nantinya yang muncul tetap aplikasi "PeduliLindungi"
  • Pilih aplikasi "PeduliLindungi"
  • Klik tombol "update"
  • Aplikasi PeduliLindungi akan terinstal sebagai aplikasi "Satu Sehat Mobile"
  • Buka aplikasi Satu Sehat Mobile
  • Login ke Satu Sehat Mobile dengan nomor ponsel dan e-mail yang terdaftar di PeduliLindungi.

Dari percobaan KompasTekno, Rabu pagi, beberapa pengguna gagal login ke aplikasi Satu Sehat Mobile. KompasTekno telah menghubungi Kemenkes untuk mengonfirmasi keluhan, namun belum ada tanggapan saat berita ini ditulis.

Fitur aplikasi Satu Sehat Mobile

Aplikasi Satu Sehat Mobile tidak hanya berisi fitur untuk memantau masalah kesehatan akibat Covid-19 seperti PeduliLindungi. Aplikasi yang telah diperkenalkan sejak Juli 2022 oleh Kemenkes itu pada dasarnya adalah aplikasi sistem informasi kesehatan umum.

Satu Sehat Mobile dirancang untuk mengintegrasikan sistem informasi kesehatan di Indonesia dari sisi pengguna, tenaga kesehatan, dan fasilitas kesehatan. Semua aplikasi sistem informasi dari masing-masing fasilitas kesehatan bakal terintegrasi dengan Satu Sehat Mobile.

Aplikasi ini bisa menyimpan hampir semua jenis rekam medis pengguna, misal riwayat vaksinasi, hasil pemeriksaan laboratorium, dan basis data stunting. Dengan Satu Sehat Mobile, pertukaran data kesehatan akan lebih efisien dan efektif.

Lewat Satu Sehat Mobile, pengguna tidak perlu repot membawa data rekam medisnya secara fisik ketika hendak berpindah rumah sakit untuk berobat. Sebab, data rekam medis pengguna telah tersimpan secara digital di platform Satu Sehat Mobile.

Fungsi dan fitur aplikasi Satu Sehat Mobile selengkapnya, bisa menyimak artikel "Aplikasi PeduliLindungi Besok Berganti Jadi SatuSehat, Apa Itu?".

https://tekno.kompas.com/read/2023/03/01/09000077/tak-perlu-download-satu-sehat-mobile-aplikasi-pedulilindungi-berubah-otomatis

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke