Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Kemenkes Ungkap Penyebab Sulit Login Aplikasi Satu Sehat

Walau sudah bisa diunduh secara luas, aplikasi Satu Sehat Mobile masih sulit diakses. Para pengguna mengeluhkan sulitnya mengakses aplikasi Satu Sehat di Twitter.

Saat mencoba login atau mendaftar, sistem kerap memunculkan tulisan “Terjadi kesalahan, silakan coba nanti” ketika pengguna memasukkan nomor ponsel atau e-mail.

Masalah ini cukup membuat sebagian orang kerepotan karena beberapa perusahaan masih mewajibkan karyawannya untuk memindai kode QR sebelum masuk gedung.

Menanggapi masalah ini, Kementerian Kesehatan (Kemenkes) melalui akun resmi di Twitter dengan handles @KemenkesRI, mengatakan bahwa masih dilakukan proses migrasi data pengguna dari PeduliLindungi ke aplikasi Satu Sehat.

“Saat ini kami sedang proses migrasi data. Hal tersebut menyebabkan munculnya berbagai kendala, baik saat login, tampilan tiket, maupu sertifikat vaksin,” jelas Kemenkes.

“Karena itu, kami menghimbau untuk sementara waktu masyarakat dapat menggunakan tiket maupun sertifikat vaksin yang telah dimiliki secara fisik maupun tersimpan secara digital untuk kepentingan aktivitas tertentu,” ungkap pihak Kemenkes.

Hal tersebut dapat dilakukan dengan mengunduh (download) sertifikat vaksin Covid-19, lalu mencetaknya menjadi kartu fisik atau menyimpannya dalam bentuk digital.

Namun, apabila pengguna tidak menyimpan sertifikat vaksin Covid-19 dalam bentuk digital ataupun fisik, pilihan yang tersedia adalah menunggu aplikasi Satu Sehat bisa diakses kembali.

Untuk informasi lebih lanjut, penggua bisa menghubungi pihak Kemenkes melalui beberapa opsi, yaitu melalui pesan WhatsApp di 0811-1050-0567, email helpdesk@kemkes.go.id, atau mengirim direct message media sosial Kemenkes.

Kendati demikian, masalah gagal login ini tampaknya sudah mulai berangsur pulih di beberapa perangkat. Sebab, salah satu tim dari KompasTekno ada yang sudah berhasil melakukan login ke aplikasi Satu Sehat menggunakan alamat e-mail yang terdaftar.

Update: Login ke aplikasi SatuSehat sudah mulai bisa dilakukan sekitar pukul 10.44 WIB, baik melalui e-mail maupun nomor ponsel. Aplikasi juga sudah bisa digunakan secara normal.

https://tekno.kompas.com/read/2023/03/01/11132407/kemenkes-ungkap-penyebab-sulit-login-aplikasi-satu-sehat

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke