Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Realme GT3 Resmi Meluncur dengan "Fast Charging" 240W

KOMPAS.com - Realme meluncurkan ponsel flagship terbarunya Realme GT3 di ajang Mobile World Congress (MWC) 2023 yang digelar di Barcelona, Spanyol.

Ponsel ini sebenarnya merupakan "kembaran" dari Realme GT Neo 5 240W yang dirilis khusus pasar China awal Februari lalu, hanya saja namanya kini diganti menjadi Realme GT3 untuk pasar global. 

Sama seperti versi China, salah satu fitur unggulan Realme GT3 adalah teknologi pengisian cepat (fast charging) yang didukung, yaitu yang mencapai 240 watt. 

Dengan teknologi ini, baterai berkapasitas 4.600 mAh di Realme GT3 diklaim bisa diisi dayanya secara penuh (100 persen) hanya dalam waktu kurang dari 10 menit. 

Untuk menghindari panas berlebih ketika melakukan pengisian daya, Realme GT3 mengadopsi sistem pendingin berbahan tembaga yang memiliki cairan kimia (vapor chamber) besar berukuran 6.580 mm persegi.

Selain membantu mendinginkan komponen yang berhubungan dengan pengisian daya dan baterai, sistem pendingin ini juga diklaim bisa membantu mengurangi panas berlebih yang berasal dari chipset.

Menyoal chipset, performa Realme GT3 ditopang dengan System-on-Chip (SoC) Snapdragon 8 Plus Gen 1, yang dipadukan dengan tiga varian RAM 8 GB/12 GB/16 GB, serta empat varian media penyimpanan (storage) 128 GB/256 GB/512 GB/1 TB.

Beralih ke aspek desain, Realme GT3 mengadopsi layar AMOLED 6,74 inci dengan resolusi 2.772 x 1.240 piksel dan refresh rate 144 Hz. Pada bagian tengah atas layar, terdapat lubang kamera (punch hole) yang memuat kamera selfie 16 MP.

Berpindah ke bagian belakang ponsel, di sisi ini terdapat tiga buah kamera yang dimuat dalam sebuah modul persegi. Ketiga kamera ini terdiri dari kamera utama 50 MP (f/1.9), kamera utlrawide 8 MP (f/2.2, bidang pandang 112 derajat), dan kamera mikroskop 2 MP (f/3.3). 

Tepat di sebelah susunan kamera, terdapat lampu RGB "Pulse Interface" yang warnanya bisa berubah sesuai dengan status pengisian baterai. Lampu ini juga bisa digunakan sebagai lampu notifikasi ketika pengguna meletakkan ponsel ini dengan layar menghadap ke bawah.

Fitur pendukung lainnya di Realme GT3 mencakup pemindai sidik jari (fingerprint) yang sudah disematkan di bawah permukaan layar, IR Blaster, speaker berteknologi Dolby Atmos, dan masih banyak lagi. 

Di pasar global, Realme GT3 tersedia dalam dua varian warna, yaitu Booster Black dan Pulse White. Ponsel ini dijual dengan harga termurah 650 dolar AS (sekitar Rp 9,9 juta) untuk varian terendah 8 GB/128 GB, sebagaimana dirangkum KompasTekno dari GSMArena, Rabu (1/3/2023). 

Belum ada informasi kapan atau apakah ponsel ini akan dijual di pasar Indonesia atau tidak. Kita nantikan saja.

https://tekno.kompas.com/read/2023/03/01/12000067/realme-gt3-resmi-meluncur-dengan-fast-charging-240w

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke