Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Pangsa Pasar Ponsel Lipat Dunia Merosot pada Akhir 2022

Hal tersebut diungkap perusahaan riset Digital Supply Chain Consultants (DSCC) dalam laporan terbarunya.

Menurut laporan DSCC, ada total 3,1 juta unit foldable phones yang dikirimkan vendor ke pasar global dalam kurun waktu Oktober hingga Desember 2022.

Angka tersebut mencerminkan penurunan sebesar 48 persen dibandingkan kuartal III-2022 (quarter-on-quarter/QoQ), atau turun 26 persen dibandingkan periode yang sama tahun 2021 (year-on-year/YoY).

Namun, bila dilihat secara satu tahun penuh, jumlah pengiriman foldable phone tercatat tumbuh signifikan, yakni sebesar 62 persen. Adapun total ponsel lipat yang dikirim ke pasar global mencapai 12,9 juta unit.

Samsung nomor satu

Samsung masih menjadi vendor yang mendominasi pasar ponsel lipat di tahun 2022 dengan pangsa pasar (market share) sebesar 83 persen.

Persentase pangsa pasar Samsung di pasar ponsel lipat itu turun dari 86 persen di kuartal III-2022, atau turun signifikan dari 96 persen dari kuartal IV-2021.

Menurut laporan GizmoChina, sebagaimana dihimpun KompasTekno, Kamis (2/3/2023), penurunan tersebut disebabkan oleh turunnya volume pengiriman Galaxy Z Fold 4 dan Galaxy Z Flip 4 sebesar 50 persen.

Meski begitu, Samsung Galaxy Z Flip dilaporkan menjadi ponsel lipat paling laris di dunia dengan pangsa pasar 47 persen.

Tanpa menyebutkan pangsa pasar, laporan DSCC menyebutkan bahwa Huawei dan Oppo membuntuti Samsung sebagai vendor penguasa pasar ponsel lipat.

DSCC meramalkan pengiriman ponsel lipat dunia bakal naik pada 2023 ini, dengan total melampaui 17 juta unit. Hal itu dikarenakan vendor lain seperti Vivo dan Oppo yang bakal meluncurkan ponsel lipat di lebih banyak negara.

https://tekno.kompas.com/read/2023/03/02/07030057/pangsa-pasar-ponsel-lipat-dunia-merosot-pada-akhir-2022-

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke