Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Cara Menggunakan Vlookup di Google Sheets

KOMPAS.com - Google Sheets merupakan layanan spreadsheet berbasis cloud yang memiliki fungsi mirip dengan Microsoft Excel. Namun sebagian pengguna terkadang masih awam mengenai beragam rumus di Google Sheets. Salah satunya rumus terkait menggunakan Vlookup.

Vlookup merupakan salah satu rumus yang berguna untuk melakukan direktori kumpulan data tertentu. Fungsi Vlookup biasanya digunakan untuk beragam keperluan, seperti analisis data, membuat laporan, dan lain sebagainya.

Lantas bagaimana cara menggunakan Vlookup di Google Sheets? Simak begini tutorialnya.

Keterangan rumus Vlookup

Berikut ini beberapa keterangan rumus Vlookup:

Search _key

Mewakili nilai yang akan dicari Vlookup di kolom pertama rentang kumpulan data, yang mengidentifikasi jenis data apa yang akan dicari. (Misalnya contoh di atas adalah mencari informasi gaji berdasarkan jabatan yaitu di kolom B). 

Range

Range data adalah master data untuk mengisi informasi yang dibutuhkan. Dalam hal ini ada di Sheet dua mulai dari A hingga C. 

Index

Informasi spesifik dari key value yang ingin didapatkan. Misalnya saja dalam hal ini kami mencari nilai gaji karyawan yang berada di kolom dua di master data sheets dua.

Is-sorted

Di bagian is_sorted pengguna akan menuliskan True/False untuk menentukan nilai kebenaran data. 

Demikian cara menggunakan Vlookup di Google Sheets. Untuk memudahkan pengerjaan di Sheets, berikut ini ada daftar shortcut Google Sheets yang bisa digunakan untuk mempercepat mengolah data. Semoga membantu.

https://tekno.kompas.com/read/2023/03/02/17150037/cara-menggunakan-vlookup-di-google-sheets-

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke