Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Dimodif, HP Samsung A32 Jadi Punya Baterai 30.000 mAH

Namun, berbeda dari kebanyakan ponsel pada umumnya, salah satu akun di media sosial menyebut bahwa ponsel Samsung miliknya mempunyai kapasitas baterai sebesar 30.000 mAh. Bukankah hal tersebut mustahil?

Sebab, angka itu enam kali lebih besar dari rata-rata baterai ponsel Android kebanyakan. Kapasitas baterai ponsel pintar biasanya berada di rentang 3.500 mAh hingga 5.000 mAh. Sampai saat ini, belum ada juga vendor smartphone yang memperkenalkan teknologi baterai sebesar itu.

Aneh tapi nyata, salah seorang pengguna Reddit bernama @Downtown_Cranberry44 berhasil memodifikasi baterai ponsel Samsung Galaxy A32 5G miliknya menjadi 30.000mAH.

Dalam unggahan yang sama, ia juga menyertakan tautan yang berisi kumpulan foto ponsel yang sudah ia modif.

Dari gambar tersebut, penambahan baterai dilakukan dengan menempel balok hitam berukuran besar dan tebal, menyerupai batu bata, ke bagian punggung Galaxy A32 5G. Penambahan itu membuat ponsel terlihat lebih besar, tebal, sekaligus berat.

Di bagian bawah balok, terdapat lima slot colokan, seperti dua port USB-A, dan masing-masing satu dari USB-C, microUSB, hingga Lightning. Dua port USB-A disebut dapat dimanfaatkan untuk mengisi perangkat lain.

Sedangkan, tiga colokan lainnya memungkinkan pengguna mengisi daya menggunakan beberapa jenis kabel sekaligus.

Dirangkum KompasTekno dari 9to5Google, Senin (6/3/2023), balok tersebut merupakan kumpulan sel baterai Samsung 50E yang ia beli sekitar 5 dollar AS (Rp 76.547) per potongnya.

Ia membeli enam sel baterai Samsung 50e dan disambungkan secara paralel. Sehingga, memungkinkan perangkat memiliki baterai berdaya 30.000 mAH. Dalam unggahan yang sama, akun tersebut mengungkapkan pengisian dayanya membutuhkan waktu sekitar tujuh jam.

"Saya menambah baterai internal di ponsel Samsung Galaxy A32 5G saya dengan enam sel baterai Samsung 50E yang disambungkan secara paralel. Sehingga memungkinkan perangkat memiliki baterai berkapasitas 30.000 mAH," jelas @Downtown_Cranberry44.

Sejauh ini, perangkat telah digunakan selama dua hari dan belum melakukan pengisian daya sejak pertama kali di-charge. Jika dibandingkan dengan versi sebelum dimodif, Samsung A32 5G memiliki baterai 5.000 mAH dan maksimal hanya bertahan selama 1-2 hari saja.

Nah, dengan kapasitas baterai 30.00mAH, kemungkinan besar Samsung A32 5G versi modifikasi ini bisa bertahan hingga 1-2 minggu. Kendati begitu, praktik modifikasi seperti ini tidak disarankan.

Sebab, penambahan baterai yang dilakukan sendiri bisa menyebabkan kerusakan pada baterai bawaan.

Ditambah, kapasitas baterai yang dimiliki terlalu besar. Aturan untuk naik pesawat terbang saja hanya memperbolehkan penumpang membawa baterai Lithium dengan kapasitas maksimal 20.000 mAH.

https://tekno.kompas.com/read/2023/03/06/08300067/dimodif-hp-samsung-a32-jadi-punya-baterai-30000-mah

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke