Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Penjualan Ponsel Lipat Samsung Lebih Banyak dari Gabungan Huawei, Oppo, Vivo, Xiaomi, dkk

KOMPAS.com - Ponsel lipat (foldable phone) buatan Samsung tampaknya semakin laris di pasaran.

Bahkan pada tahun 2022 lalu, jumlah pengiriman (shipment) atau penjualan foldable phone buatan Samsung lebih banyak dibanding penjualan foldable phone dari Huawei, Oppo, Vivo, Xiaomi, dkk apabila digabung menjadi satu.

Setidaknya begitu menurut laporan dari kantor berita Financial Times yang mengutip laporan dari perusahaan riset Canalys. Dalam laporan ini, disebutkan bahwa total pengiriman ponsel lipat di 2022 tercatat di angka 14,2 juta unit.

Dari belasan juta unit tersebut, Samsung dikabarkan berkontribusi dan berhasil menjual sebanyak kurang lebih 11 juta unit ponsel lipat di 2022.

Dengan kata lain, sisa dari total penjualan ponsel lipat tadi, yaitu sekitar 3,2 juta unit ponsel lipat, merupakan gabungan total penjualan dari foldable phone yang dirilis berbagai merek ponsel lain macam Huawei, Oppo, Vivo, Xiaomi, Honor, dan Motorola.

Hal ini bisa dibilang wajar karena jika mengamati pasar ponsel lipat saat ini, Samsung memang memiliki lebih banyak model ponsel lipat yang ditawarkan kepada konsumennya di seluruh dunia sejak 2019 lalu dengan Galaxy Fold generasi pertama.

Hingga saat ini, ponsel lipat Samsung sudah mencapai generasi keempat lewat Galaxy Z Fold 4 dan Galaxy Z Flip 4. Kabarnya, Samsung sebelumnya memasang target penjualan kedua ponsel tersebut, yakni tembus 15 juta unit.

Ini artinya, jika melihat data Canalys di atas, Samsung membutuhkan sekitar 4 juta unit Galaxy Z Fold dan Galaxy Z Flip 4 terjual di pasar supaya target 15 juta unit tadi tercapai, sebagaimana dirangkum KompasTekno dari SamMobile, Selasa (7/3/2023).

Terkait performa pasar ponsel lipat, Financial Times memprediksi bahwa total pengiriman foldable phone akan terus tumbuh di 2023 hingga mencapai dua kali lipat dari angka di 2022, yaitu sekitar 30 juta unit.

Adapun perkembangan pasar ponsel lipat di 2023 boleh jadi didukung oleh Samsung yang mungkin bakal meluncurkan ponsel lipat generasi terbaru di tahun ini, serta beberapa ponsel lipat asal China yang kemungkinan bakal mulai dijual di pasar global.

https://tekno.kompas.com/read/2023/03/07/11000017/penjualan-ponsel-lipat-samsung-lebih-banyak-dari-gabungan-huawei-oppo-vivo

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke