Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Penulis Manga "One Piece" Pakai ChatGPT untuk Cari Ide Cerita Baru

Eiichiro Oda dikabarkan sempat menggunakan ChatGPT guna mencari ide cerita baru untuk manga buatannya.

Kepada ChatGPT, Oda kabarnya mengaku sebagai penulis manga populer One Piece dan menjelaskan bahwa ia membutuhkan usul baru nan segar untuk edisi One Piece selanjutnya. 

"Halo, ini saya penulis One Piece. Bisakah Anda membuat ide cerita baru One Piece untuk episode minggu depan? Saya mau cerita yang sangat bagus," kata Oda, dikutip KompasTekno dari Livemint, Selasa (7/3/2023).

Beberapa saat kemudian, ChatGPT merespons pertanyaan Oda dan mengatakan bahwa One Piece edisi selanjutnya bisa menampilkan cerita tentang beberapa peran utama di anime tersebut, seperti "Monkey D. Luffy" hingga "Nami", mendapatkan teman baru ketika tengah bereksplorasi.

Selain itu, karakter-karakter utama tersebut juga bakal dipertemukan dengan beragam suku, budaya, hingga musuh baru, termasuk sosok antagonis kuat alias "raja" yang bernama "Shadow King".

Di saat yang sama, berbagai karakter protagonis One Piece juga bakal menampilkan kepribadian dan kecakapannya masing-masing untuk menyelesaikan masalah dan membasmi musuh.

"Maaf, ide cerita ini membosankan," ucap Oda sembari meminta ide baru yang lebih menarik kepada ChatGPT.

ChatGPT lantas memberikan ide cerita baru yang kabarnya lebih unik dan epik dari sebelumnya.

Sebab, chatbot tersebut mengeluarkan ide cerita di mana protagonis Luffy, Nami, dkk bekerja sama dengan seorang makhluk asing yang berasal dari luar bumi (alien) untuk menyelamatkan planet tempat tinggalnya dari seorang penyihir jahat.

Adapun penyihir ini kabarnya merupakan spesies alien lain yang gemar menghancurkan planet lain, termasuk planet milik alien yang menjadi teman Luffy tadi, menggunakan pesawat ruang angkasa miliknya.

Akhirnya, Oda tertarik dengan cerita tersebut. Pasalnya, ini bisa dibilang merupakan ide cerita di luar kebiasaan Luffy, Nami, dkk yang gemar menelusuri lautan dengan kapal-kapal ikoniknya seperti "Going Merry" hingga "The Thousand Sunny".

"Terima kasih, aku akan membuat manga berdasarkan cerita ini," tutup Oda.

Pada tahun 2015, One Piece menetapkan Rekor Dunia Guinness untuk "salinan terbanyak yang diterbitkan untuk seri buku komik yang sama oleh satu penulis". Ini membuatnya jadi manga terlaris selama sebelas tahun berturut-turut, dari 2008 hingga 2018.

Pada Juli 2021, manga tersebut memiliki lebih dari 490 juta kopi yang beredar di 58 negara dan wilayah di seluruh dunia, menjadikannya seri manga terlaris dalam sejarah.

Untuk alur ceritanya sendiri, One Piece berfokus pada Monkey D. Luffy, seorang pemuda yang terinspirasi oleh idola masa kecilnya, yakni bajak laut kuat Shanks "Red Haired".

Ia memulai perjalanan dari Laut Biru Timur untuk menemukan harta karun tituler sembari menyatakan dirinya sebagai Raja Dunia Bajak Laut.

Dalam upaya untuk mengatur krunya sendiri, yakni Bajak Laut Topi Jerami, Luffy berteman dengan seorang pendekar pedang bernama Roronoa Zoro.

Dalam perjalanan, mereka bergabung dengan Nami, seorang navigator dan pencuri, Usopp, penembak jitu dan pembohong patologis, dan Vinsmoke Sanji, seorang koki.

Mereka lantas memperoleh sebuah kapal bernama Going Merry dan terlibat dalam konfrontasi dengan bajak laut terkenal dari East Blue dan berbagai musuh-musuh ikonik lainnya.

Dari awal perilisannya hingga berita ini ditulis, situs database MangaPlus mencatat bahwa One Piece sudah dirilis hingga lebih dari 1.000 episode atau chapter dan belum tamat sampai sekarang.

https://tekno.kompas.com/read/2023/03/07/15000027/penulis-manga-one-piece-pakai-chatgpt-untuk-cari-ide-cerita-baru

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke