Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Mengapa Tidak Bisa Menambahkan NIK di Profil Satu Sehat?

KOMPAS.com - Aplikasi PeduliLindungi kini resmi berganti menjadi Satu Sehat. Adapun beberapa fitur dan fungsi yang hadir tak berbeda dengan versi sebelumnya. Meskipun demikian pergantian versi aplikasi ini tentu tak terlepas dari berbagai kendala.

Beberapa di antaranya adalah masalah login hingga terkait identitas pengguna. Salah satunya masalah tidak bisa menambahkan NIK di profil Satu Sehat menjadi kendala beberapa pengguna. Dilansir dari situs resmi kemkes.go.id kendala ini ternyata bisa disebabkan dua hal.

Pertama adalah NIK tidak terdaftar di Dukcapil, kedua nama yang terdaftar di sistem Dukcapil berbeda dengan nama di TKP. Lantas bagaimana cara mengatasinya? Berikut
ini beberapa langkah yang bisa dicoba.

Menghubungi Call Center Dukcapil

Anda dapat memastikan dan mengecek kembali data NIK yang terdaftar di Dukcapil. Untuk mengeceknya dapat menghubungi call center Dukcapil di 1500-537 atau WhatsApp pada nomor 0811 800 5373.

Menghubungi Call Center Satu Sehat

Pengguna juga dapat memastikan dan mengecek datanya kembali di helpdesk@kemkes.go.id atau WA 0811 10 500 567.

Cek aplikasi apakah terdapat crash

Tidak bisa memasukkan NIK juga bisa jadi disebabkan oleh kesalahan teknis salah satunya aplikasi yang mengalami crash. 

Aplikasi crash di smartphone bisa jadi disebabkan oleh beragam faktor. Mulai dari kapasitas memori yang rendah hingga chipset yang sudah usang. Untuk mengatasinya cobalah menghapus cache aplikasi secara berkala.

Restart ponsel

Apabila terdapat bug atau error pada aplikasi cobalah untuk melakukan restart ponsel. Mematikan kemudian menghidupkan kembali ponsel dapat mengatasi kendala yang terjadi pada aplikasi tertentu.

Itulah beberapa cara yang bisa dicoba ketika tidak bisa menambahkan NIK di profil Satu Sehat. Sebagai informasi dilansir dari akun Twitter resmi Kementerian Kesehatan, saat ini sebagian pengguna memang masih sering mengalami kendala dalam beberapa hal karena disebabkan oleh proses migrasi data.

https://tekno.kompas.com/read/2023/03/08/12300067/mengapa-tidak-bisa-menambahkan-nik-di-profil-satu-sehat-

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke