Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Kenapa Tidak Bisa Melihat Status WhatsApp Orang Lain, Apakah Pasti Diblokir?

Ada beberapa kasus di mana pengguna WhatsApp tidak bisa melihat Status WA yang diunggah pengguna lainnya. Hal itu lantas menimbulkan dugaan bahwa pengguna tersebut, diblokir oleh pengguna lain sehingga tidak bisa melihat pembaruan Status WA pengguna lain. Benarkah demikian?

Pemblokiran memang menjadi salah satu alasan kenapa tidak bisa melihat Status WhatsApp orang lain. Akan tetapi, hal itu bukan satu-satunya. Berikut beberapa alasan kenapa tidak bisa melihat Status WA.

1. Kontak Anda diblokir

Alasan pertama kenapa tidak bisa melihat Status WA adalah karena kontak Anda diblokir oleh kontak tertentu. Apabila kontak Anda diblokir, Anda bukan cuma tidak bisa mengirim pesan atau melakukan panggilan audio dan video saja.

Anda juga tidak bisa melihat pembaruan informasi apapun terkait kontak trsebut, termasuk update Status WhatsApp. Untuk memastikan apakah Anda diblokir atau tidak, bisa menyimak artikel berikut "Cara Blokir Teman di WA dan Ciri-ciri WhatsApp yang DIblokir".

2. Nomor Anda tidak disimpan

Penyebab lain kenapa tidak bisa melihat Status WA adalah karena nomor Anda tidak disimpan di kontak pengguna tersebut. Menurut laman bantuan WhatsApp, pembaruan Status WhatsApp hanya bisa dilihat oleh kontak yang nomornya Anda simpan dan mereka pun menyimpan nomor Anda.

Secara default, pembaruan Status WhatsApp akan dibagikan ke semua kontak. Selanjutnya, pengguna bisa mengatur privasi Status WA untuk memfilter siapa saja yang bisa melihat update Status WA mereka.

3. Privasi Status WA diubah, Anda mungkin dikecualikan

Seperti disebutkan sebelumnya, setiap pengguna WhatsApp bisa mengubah privasi Status WhatsApp. Ada tiga opsi yang bisa dipilih.

Pertama adalah "Kontak saya", di mana semua kontak akan melihat Status WhatsApp terbaru Anda. Pengaturan ini terpasang secara default.

Kedua, "kontak saya, kecuali...", yakni Anda bisa mengecualikan kontak tertentu dari pembaruan Status WA. Dengan kata lain, kontak yang dikecualikan akan disembunyikan dan tidak bisa melihat update Status WA.

Terakhir ada "hanya dibagikan dengan...", di mana Anda bisa memilih kontak mana saja yang diizinkan melihat update Status WhatsApp. Kontak yang tidak masuk dalam daftar tidak akan bisa melihat pembaruan Status WA.

Nah, apabila Anda tidak diblokir tapi tidak bisa melihat update Status WhatsApp, bisa jadi Anda dikecualikan atau tidak masuk dalam daftar yang diizinkan. Cara mengatur privasi Status WA bisa disimak di artikel "Trik agar Status WA Hanya Dilihat oleh Teman Dekat".

4. Anda membisukan Status WA tertentu

Kemungkinan berikutnya adalah Anda secara tidak sengaja membisukan pembaruan Status WA kontak tertentu. Apabila update Status WA dibisukan, pembaruan tidak akan muncul di tab "Status".

Kendati demikian, Anda masih bisa mengintipnya di sisi bawah tab Status pada bagian "Pembaruan yang dibisukan".

Cara membisukan Status WA tertentu sangat mudah. Ketuk dan tahan (tap and hold) Status WhatsApp yang ingin dibisukan, kemudian pilih "bisukan".

Setiap kali kontak yang dibisukan mengunggah pembaruan Status, Anda tidak akan melihatnya, kecuali menggulir ke bawah pada section "Pembaruan dibisukan".

5. Versi WhatsApp kadaluwarsa

Kemugkinan terakhir kenapa tidak bisa melihat Status WA orang lain adalah lantaran aplikasi WhatsApp yang terinstal sudah kadaluwarsa.

Menggunakan aplikasi WhatsApp yang sudah kadaluwarsa bisa membuat beberapa fitur tidak berfungsi sebagaimana mestinya. Untuk itu, segera lakukan pembaruan aplikasi WhatsApp di perangkat Anda dengan mengikuti tutorial di artikel "Cara Memperbarui WhatsApp ke Versi Terkini".

https://tekno.kompas.com/read/2023/03/13/15300027/kenapa-tidak-bisa-melihat-status-whatsapp-orang-lain-apakah-pasti-diblokir

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke