Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

“People You May Know” di Tiktok, Apa Maksudnya? Ini Penjelasannya

Tak jarang beberapa pengguna sering mengartikan berbagai macam. Salah satunya memaknai bahwa akun dengan keterangan “People You May Know” merupakan rekomendasi otomatis dari kontak yang tersimpan dan tersinkronisasi pada akun TikTok pengguna.

Anggapan ini tak sepenuhnya salah karena bisa jadi memang hal ini menandakan bahwa pengguna mengaktifkan pengaturan tersebut. Meskipun demikian munculnya keterangan “People You May Know” juga dapat disebabkan berbagai faktor. Berikut ini beberapa kemungkinan faktor yang mempengaruhinya. 

Pengaturan sinkronisasi kontak yang aktif

“People You May Know” akan muncul ketika seseorang telah menambahkan nomor ponsel Anda ke kontaknya atau sebaliknya.Terlebih lagi apabila pengguna mengaktifkan pengaturan privasi “sarankan akun Anda kepada orang lain” pada bagian menu "Pengaturan dan privasi".

Keterangan tersebut mengartikan bahwa pengguna mengizinkan TikTok memunculkan profilnya kepada orang lain berdasarkan kontak yang tersimpan. Hal ini memang terjadi apabila pengguna telah menambahkan nomor telepon saat mendaftar TikTok. Sehingga terjadi sinkronisasi kontak secara otomatis.

Sinkronisasi kontak Facebook

Faktor lain adalah saat pengguna mengaktifkan “Sarankan akun Anda ke teman Facebook Anda” pada menu pengaturan dan privasi. Artinya pengguna tersebut telah berteman dengan Anda di Facebook sehingga disarankan untuk terhubung dengannya di TikTok.

Seseorang yang memiliki koneksi bersama

Keterangan “People You May Know” bisa jadi muncul karena seseorang yang memiliki hubungan timbal balik dengan Anda di TikTok. Hal ini bisa jadi karena beberapa faktor:

  • Anda mengikuti akun yang sama
  • Anda mengikuti akun yang sudah diikutinya
  • Pengguna tersebut mengikuti akun yang juga Anda ikuti juga

Orang yang membuka atau mengirim tautan kepada Anda

Bisa jadi pengguna tersebut pernah membuka atau mengirim tautan video TikTok yang pernah Anda bagikan. Hal ini termasuk pada link TikTok yang dibagikan di luar platform.

Misalnya saat Anda membagikan tautan salah satu video TikTok di Status WhatsApp, maka siapa pun pengguna WhatsApp dari kontak Anda yang membukanya akan berpotensi muncul dengan keterangan "People May You Know" di TikTok. 

Cara menonaktifkan saran kontak

Apabila ingin membatasi kontak di TikTok, pengguna bisa mengatur saran kontak di menu “Pengaturan dan Privasi”. Berikut ini caranya: 

  • Buka profil TikTok Anda
  • Pilih menu garis tiga di pojok kanan atas
  • Pilih “Pengaturan dan Privasi”
  • Klik “Privasi”
  • Pilih “Sarankan akun Anda kepada orang lain”
  • Selanjutnya geser toggle ke kiri untuk menonaktifkan saran akun kepada orang lain

Demikian penjelasan mengenai "People May You Know" yang muncul di TikTok. Semoga bermanfaat. 

https://tekno.kompas.com/read/2023/03/13/19150067/-people-you-may-know-di-tiktok-apa-maksudnya-ini-penjelasannya-

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke