Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

[POPULER TEKNO] Samsung Galaxy A34 dan Galaxy A54 Resmi di Indonesia | Bukti Jakarta Semakin Macet

Berita populer lain datang dari riset yang dilakukan Tom-Tom Traffic Index, yang mengungkap bahwa Jakarta semakin macet di tahun 2022, dibanding tahun sebelumnya.

Bahkan, Jakarta menempati urutan ke-29 sebagai kota paling macet di dunia. Ada pula kabar tak sedap dari Meta, induk perusahaan Facebook, yang kembali mengumumkan layoff atau pemutusan hubungan kerja (PHK).

Selengkapnya, berikut berita terpopuler di KompasTekno.

Samsung Galaxy A34 5G dan Galaxy A54 5G resmi

Samsung Galaxy A34 5G dan Galaxy A54 5G resmi dirilis di Indonesia. Galaxy A34 5G memiliki tampilan yang mirip ponsel flagship Galaxy A23 series.

Hal itu tampak dari kamera belakang yang kini tak memiliki modul, seolah-olah langsung "tertanam" di punggung ponsel.

Sementara itu, Galaxy A54 5G memiilki spesifikasi yang lebih tinggi dari Galaxy A34 5G. Ponsel ini juga mengusung desain mirip Galaxy A34 5G.

Galaxy A54 5G kini juga dilapisi material kaca Gorilla Glass 5 pada bagian punggung. Untuk Galaxy A34 5G, spesifikasi lengkapnya bisa disimak di artikel "Samsung Galaxy A34 5G Resmi Dirilis, Tampang Lebih Segar ala Flagship".

Sementara untuk Galaxy A54 5G, bisa disimak di artikel "Samsung Galaxy A54 5G Meluncur, Desain Mirip Galaxy S23"

Xiaomi Redmi Note 12 meluncur 23 Maret

Xiaomi akhirnya mengumumkan tanggal peluncuran Redmi Note 12 secara global. Ponsel kelas menengah itu akan dirilis 23 Maret mendatang.

Hal itu diumumkan Xiaomi melalui akun media sosial resmi mereka. Ponsel ini sebelumnya sudah lebih dulu dirilis di China dan India.

Spesifikasi Redmi Note 12 di kedua negara itu bisa disimak di artikel "Redmi Note 12 Meluncur Global 23 Maret, Segera Masuk Indonesia".

Meta PHK lagi, kali ini 10.000 karyawan

Meta mengumumkan akan kembali melakukan pemutusan hubungan kerja (PHK) alias layoff massal terhadap karyawannya. Ini adalah PHK massal kedua yang dilakukan induk Facebook, Instagram, dan WhatsApp ini.

Hal ini disampaikan langsung oleh CEO Meta, Mark Zuckerberg dalam sebuah memo yang juga dimuat di akun Facebook resmi Zuckerberg.

Dalam memo tersebut, Mark Zuckerberg mengatakan bahwa perusahaan bakal mem-PHK sekitar 10.000 karyawan dan menutup sekitar 5.000 lowongan pekerjaan. Alasan PHK massal gelombang kedua yang dilakukan Meta bisa disimak di artikel "Induk Facebook Umumkan PHK Massal Gelombang Kedua, 10.000 Karyawan Terdampak".

Shutdown di laptop Windows tak benar-benar bikin perangkat off?

Beberapa hari ini di Twitter, ramai diperbincangkan masalah shutdown laptop berbasis sistem operasi Windows.

Sebagaimana cukup umum diketahui, jika memilih opsi shutdown maka laptop berada dalam posisi mati secara penuh. Fitur shutdown idealnya membuat seluruh pengoperasian dari software dan hardware pada laptop mati.

Namun, ada yang menyebut bahwa tombol shutdown tidak benar-benar membuat perangkat mati. Lantas, bagaimana sebenarnya?

Penjelasan selengkapnya bisa disimak di artikel "Ramai Shutdown Laptop Windows tapi Tak Benar-benar Mati, Apa Sebabnya?".

Bukti Jakarta semakin macet dibanding tahun lalu

Produsen sistem navigasi global, TomTom, memublikasikan laporan terbaru bertajuk "TomTom Traffic Index" untuk tahun 2022.

Isinya soal tingkat kepadatan lalu lintas jalanan di 360 kota di 56 negara. Menurut riset tersebut, wilayah pusat kota Jakarta semakin macet pada 2022 dibandingkan 2021. Indikasi Jakarta semakin macet terlihat dari rata-rata waktu tempuh jarak 10 kilometer (km) yang meningkat.

Menurut data TomTom Traffic Index, pada 2021 dibutuhkan rata-rata 19 menit 50 detik untuk menempuh jarak 10 km di Jakarta. Lalu, pada 2022, rata-rata waktu tempuh jarak 10 kilometer (km) di Jakarta tercatat di angka 22 menit 40 detik. Angka tersebut lebih lama 2 menit 50 detik dibanding 2021.

Dengan rata-rata waktu tempuh jarak 10 km selama 22 menit 40 detik, Jakarta menempati peringkat ke-29 sebagai kota paling macet di dunia.

Penjelasan selengkapnya bisa disimak di artikel "Ini Bukti Jakarta Semakin Macet Dibanding Tahun Lalu".

https://tekno.kompas.com/read/2023/03/16/07000087/-populer-tekno-samsung-galaxy-a34-dan-galaxy-a54-resmi-di-indonesia-bukti

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke