Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

18 HP Xiaomi yang Kebagian Update MIUI 14 Tahap Ketiga

Kini, update antarmuka MIUI 14 gelombang ketiga akan mulai digulirkan hingga April mendatang. Informasi ini diumumkan oleh Xiaomi lewat laman Xiaomi Community.

Adapun MIUI 14 dibuat berbasis sistem operasi (OS) Android 13 dan memiliki desain yang lebih minimalis dibandingkan MIUI 13. Tampilan ikon dibuat menjadi lebih besar, dan pengguna diberi kontrol untuk melakukan penyesuaian.

Tampilan antarmuka ini mengusung format widget yang baru dan folder di layar utama yang ditingkatkan.

Selain pembaruan tersebut, MIUI 14 juga memiliki widget bertema hewan peliharaan atau tanaman, mirip dengan iOS. Fitur ini memungkinkan penggunanya memelihara dan bermain dengan hewan atau tanaman virtual di layar utama.

Walaupun dilengkapi berbagai peningkatan, ukuran firmware MIUI 14 diklaim lebih kecil ketimbang MIUI 13, yakni 13,09 GB.

Nah, berikut adalah daftar smartphone Xiaomi yang akan kebagian MIUI 14 di gelombang ketiga, sebagaimana dirangkum KompasTekno dari GizChina, Jumat (17/3/2023).

18 HP Xiaomi yang kebagian MIUI 14 tahap III

Untuk diketahui, beberapa pengguna HP Xiaomi di Indonesia sudah kebagian MIUI 14 sejak tahap kedua. 

  • Manajemen notifikasi

MIUI 14 hadir dengan opsi manajemen notifikasi baru yang memungkinkan pengguna untuk menghapus daftar notifikasi dengan satu kali swipe (usap). Nantinya, notifikasi dari aplikasi yang baru dipasang juga harus mendapat persetujuan pengguna dulu agar bisa tampil di daftar notifikasi

  • Kemampuan asisten Mi AI 6.0

Asisten Mi AI di MIUi 14 memungkinkan pengguna untuk menggunakan asisten suara untuk menjalankan perintah. Perintah yang dimaksud mencakup memindai dokumen, menerjemahkan sebuah tulisan, dan memfilter telepon spam.

  • Mengambil teks dari gambar

MIUI 14 dilengkapi fitur berbasis kecerdasan buatan (AI) yang bisa mengambil teks dari gambar. Pengguna dapat mengetuk dan menahan teks yang tersimpan di galeri untuk memunculkan teks tersebut.

Nah, fitur pengambilan teks itu mendukung delapan bahasa yang berbeda. Pengguna yang melakukan panggilan video saat konferensi online juga dapat mengaktifkan fitur live text (subtitle).

  • Xiaomi Magic Center

Xiaomi Magic Center merupakan platform untuk mengelola produk ekosistem Xiaomi yang dipakai pengguna. Platform ini memiliki panel yang ditingkatkan, khususnya ketika menghubungkan aneka produk ke ponsel Xiaomi.

  • Integrasi dengan perangkat lain

Fitur ini memungkinkan pengguna untuk terhubung dengan sejumlah produk eksosistem Xiaomi dengan mulus. Xiaomi mengeklaim ada lebih dari satu miliar perangkat yang dapat terkoneksi ke smartphone bikinannya.

  • Family Service

Fitur Family Service memungkinkan pengguna untuk membuat grup dengan delapan anggota. Pengguna yang menciptakan grup dapat mengatur kendali atau izin akses kepada masing-masing anggota.

Nantinya, anggota grup bisa berbagi album foto, melihat foto, hingga mengunggah foto baru ke album tersebut. Tidak hanya itu, Family Service dapat dimanfaatkan pula untuk berbagi data kesehatan, seperti kadar oksigen dalam darah, pelacakan tidur, hingga detak jantung.

https://tekno.kompas.com/read/2023/03/17/17000057/18-hp-xiaomi-yang-kebagian-update-miui-14-tahap-ketiga

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke