Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Unboxing dan Hands-on Reno8 T 5G, Ponsel Oppo yang Punya Layar Curved 3D

KOMPAS.com - Reno8 T 5G merupakan smartphone terbaru Oppo yang dijual di Indonesia. Ponsel ini dibekali dengan berbagai fitur andalan, salah satunya adalah layar AMOLED lengkung alias Curved 3D dengan refresh rate 120 Hz.  

Nah, KompasTekno berkesempatan untuk membuka kotak kemasan (unboxing) dan menjajal desain serta pengalaman (hands-on) memakai ponsel berbanderol Rp 6 jutaan ini untuk pertama kalinya. 

Kotak penjualan Reno8 T 5G berbeda dengan "saudara-saudaranya" di Reno8 Series. Sebab, boks ponsel tersebut kini dibalut dengan warna putih, yang dipoles dengan elemen abu-abu, berbeda dengan Reno8 Series yang identik dengan warna hijau kebiruan. 

Di dalam kotak penjualan Reno8 T 5G, konsumen akan mendapatkan beberapa pelengkap dan aksesori, selain mendapatkan unit ponselnya.

Beberapa di antaranya adalah "kepala" (adapter) pengisi daya (charger) SuperVOOC 67W, kabel data USB (USB-A ke USB-C), SIM ejector, panduan cepat dan keselamatan memakai ponsel, serta pembungkus (case) ponsel untuk melindungi perangkat dari benturan.

Layar mewah dan lega bak ponsel flagship

Tampilan premium Reno8 T 5G langsung terlihat setelah kami membuka kotak kemasan ponsel tersebut. Sebab, seperti disebutkan di atas, ponsel ini mengadopsi layar AMOLED 6,7 inci dengan desain melengkung (Curved 3D) di sisi kiri dan kanannya.

Seperti diketahui, layar seperti ini biasanya hadir di jajaran ponsel kelas atas alias flagship berbanderol belasan juta rupiah bak Oppo Find X5 Pro 5G. Namun, pengguna kini bisa menjajal fitur layar mewah tersebut di ponsel menengah harga Rp 6 jutaan. 

Kehadiran desain layar Curved 3D sendiri membuat tampilan depan Reno8 T 5G terlihat sangat lega, lantaran bezel di sekeliling layar, terutama di bagian atas dan bawah, tampak tipis.

Selain itu, bagian tengah atas layar juga dihiasi dengan lubang punch hole yang memuat kamera selfie 32 MP.

Sehingga, layar lega yang diklaim memiliki rasio layar ke bodi mencapai 93 persen ini terbilang nyaman untuk dipakai menonton dan bermain game. 

Masih soal desain, layar Reno8 T 5G memiliki resolusi Full HD Plus dengan refresh rate 120 Hz. Artinya, animasi yang ditampilkan layar akan terasa lebih mulus dibandingkan dengan layar standar 60 Hz. 

Layar ponsel yang sudah dilapisi dengna kaca pelindung AGC DT-Star2 ini juga memiliki tingkat kecerahan (brightness) maksimal mencapai 950 nits.

Dengan angka brightness sebesar ini, kami menilai bahwa konten yang ditampilkan layar masih bisa dilihat dengan jelas di bawah sinar matahari terik.

Punggung ponsel cantik dan tidak licin

Beralih ke bagian punggung, cangkang Reno8 T 5G tak kalah cantik apabila dibandingkan dengan bagian depannya. 

Di Indonesia, Oppo Reno8 T 5G hadir dengan dua varian warna, yaitu Midnight Black dan Sunrise Gold. Kebetulan varian yang kami jajal adalah Sunrise Gold, varian warna yang bisa dibilang lebih menarik dari Midnight Black.

Sebab, varian ini mengadopsi desain mengilap nan cantik khas Oppo, yaitu Oppo Glow. Dengan desain ini, punggung perangkat masih terlihat cantik dan mewah, lantaran bisa berubah warna apabila punggung ponsel dilihat dari sudut yang berbeda.

Desain Oppo Glow juga memungkinkan permukaan punggung memiliki tekstur yang kesat dan tidak begitu licin.

Lalu, desain tersebut juga bisa meningkatkan pengalaman menggenggam perangkat. Pasalnya, desain Oppo Glow memungkinkan perangkat bersih dan tidak mudah meninggalkan bekas sidik jari, serta keringat di tangan yang dihasilkan dari memegang perangkat dalam durasi yang cukup lama.

Lebih lanjut soal desain bagian belakang Reno8 T 5G, punggung perangkat ini dihiasi dengan dua buah modul kamera berbentuk lingkaran yang disusun secara vertikal.

Kedua modul ini memiliki "benjolan" yang cukup besar, sehingga pengguna harus berhati-hati apabila meletakkan perangkat dengan bagian punggung diletakkan di bagian bawah.

Adapun modul kamera di bagian atas memuat kamera utama 108 MP, sedangkan modul kamera bawah memuat kamera mikrolens 2 MP, kamera depth sensor 2 MP, dan LED flash untuk membantu fotografi di tempat gelap.

Nyaman digenggam dan ringan

Seperti disebutkan di atas, desain Oppo Glow membuat ponsel nyaman digenggam berlama-lama. Namun ada hal lain yang berkontribusi pada kenyamanan ini, yaitu dimensi ponsel yang cukup tipis.

Oppo Reno8 T 5G memiliki ketebalan 7,7 mm, tidak jauh berbeda dengan model lainnya di Reno8 Series. Dengan dimensi ketebalan di bawah 8 mm ini, ponsel bisa dibilang dapat kami operasikan dengan satu tangan dengan mudah.

Selain tipis, Oppo Reno8 T 5G juga cukup ringan dan terbilang enak, serta tidak ribet dibawa kemana-mana. Pasalnya, bobot ponsel ini berkisar di angka 170 gram, lebih enteng dibanding model lain di Reno8 Series macam Reno8 T 4G yang memiliki bobot 180 gram.

Masih soal tampilan, desain bingkai Oppo Reno8 T 5G yang membulat (rounded) juga menambahkan kenyamanan dalam menggenggam perangkat.

Berbicara soal bingkai, bagian sisi-sisi Reno8 T 5G turut dihiasi dengan berbagai lubang, tombol, dan konektor yang cukup untuk menjalankan berbagai fungsi ponsel.

Pada bagian bawah perangkat, terdapat lubang speaker, konektor USB-C, lubang mikrofon, dan laci kartu SIM yang hanya mampu menampung dua kartu SIM saja. Artinya, ponsel ini tidak bisa dipasangi dengan kartu memori microSD. 

Untuk bagian bingkai lainnya, Reno8 T 5G dihiasi dengan lubang mikrofon di bagian bingkai atas, tombol volume di bagian bingkai kiri, dan tombol power di bagian bingkai kanan.

Nah, penasaran bagaimana desain ponsel ini dari berbagai sisi? Simak detailnya dalam gambar-gambar Reno8 T 5G yang bisa dilihat di galeri foto di tautan berikut ini.

https://tekno.kompas.com/read/2023/03/20/13000067/unboxing-dan-hands-on-reno8-t-5g-ponsel-oppo-yang-punya-layar-curved-3d

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke