Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Ponsel Lipat Huawei Mate X3 Meluncur, Lipatan Sama dengan Bobot Lebih Ringan

Huawei Mate X3 yang diperkenalkan di China ini masih mengusung model lipatan yang sama seperti pendahulunya, yakni desain lipatan menghadap ke dalam layaknya menutup buku.

Kendati begitu, Huawei Mate X3 datang dengan bobot yang lebih ringan. Di atas kertas, ponsel baru garapan Huawei ini punya bobot seberat 239 gram, sedangkan Huawei Mate X2 memiliki bobot 295 gram.

Jika dibandingkan dengan perangkat lain, Huawei Mate X3 juga masih lebih ringan 24 gram ketimbang Samsung Galaxy Z Fold 4. Ponsel ini juga merupakan ponsel lipat pertama selain Samsung yang mengantongi sertifikasi IPX8 (tahan terhadap air).

Tidak hanya itu, Huawei Mate X3 juga dilaporkan datang dengan ukuran layar dan baterai yang lebih besar. Untuk lebih jelasnya, simak rincian spesifikasi ponsel lipat berikut ini, sebagaimana dirangkum KompasTekno dari GSM Arena, Jumat (24/3/2023).

Spesifikasi Huawei Mate X3

Sebagai ponsel lipat, Huawei Mate X3 datang dengan dua layar, yakni layar di bagian depan dan layar utama saat kondisi perangkat dibentangkan.

Kedua layar sama-sama berpanel OLED, refresh rate 120 Hz, mendukung PWM dimming hingga 1.440 Hz, color gamut P3, dan memiliki kerapatan piksel 426 PPI.

Layar bagian dalam tentu memiliki ukuran lebih besar, yakni 7,85 inci dengan touch sampling rate 240 Hz dan menawarkan resolusi 2.496x2.224 piksel.

Sedangkan layar bagian depannya berukuran 6,4 inci, touch sampling rate 300 Hz, dan resolusinya 2.504x1.080 piksel.

Layar depan dan belakang kompak kompak dihiasi punch hole yang menampung kamera depan beresolusi 8 MP. Kamera selfie untuk layar bagian depan terletak di tengah atas layar, sedangkan kamera selfie di layar bagian dalam berada di pojok kanan atas.

Masih soal layar, perangkat ini juga sudah mendukung mode split screen. Jadi, pengguna bisa melakukan panggilan video sambil menonton video secara bersamaan.

Sementara itu, konfigurasi kamera belakangnya terdiri dari tiga kamera yang dibenamkan ke modul bebentuk lingkaran. Ketiga kamera tersebut mencakup kamera utama 50 MP (f/1.8), kamera ultrawide 13 MP (f/2.2), dan kamera zoom periskop 12 MP (f/3.4).

Huawei Mate X3 ditenagai oleh chipset Snapdragon 8 Plus Gen 1. Chipset ini yang terbagi menjadi tiga klaster.

Klaster pertama adalah satu inti dari Cortex-X2 dengan clockspeed 3,2 GHz, klaster kedua terdiri dari tiga inti Cortex-A710 (2,75 GHz), dan terakhir terdiri dari empat inti Cortex A-510 (2,0 GHz).

Chipset Snapdragon 8 Plus Gen 1 ini memiliki pengolah grafis (GPU) dari Adreno 730. Chipset ini dipadu dengan RAM 12 GB dan opsi ruang penyimpanan (storage) 256 GB, 512 GB, dan 1 TB untuk edisi khusus.

Soal software, Huawei Mate X3 tidak mengumbar sistem operasi yang dijalankan, tetapi perangkat dipoles dengan antarmuka (UI/User Interface) HarmonyOS 3.1.

Sebagai informasi, ponsel-ponsel Huawei saat ini tidak dibekali layanan dan aplikasi Google (Google Mobile Services/GMS).

Ini berarti pemilik ponsel buatan Huawei tidak bisa mengunduh aplikasi dari Play Store, menonton video dari aplikasi YouTube, melihat peta di Google Maps, mengedit dokumen di Google Drive, dan layanan Google lainnya secara bawaan.

Sebagai ganti Google Mobile Services, ponsel Huawei ini mengandalkan ekosistem buatan sendiri yang bernama Huawei Mobile Services (HMS), dengan toko aplikasi bernama Huawei AppGallery.

Huawei Mate X3 ditopang baterai sebesar 4.800 mAh dan mendukung fast charging 66 watt jika menggunakan kabel (wired) atau 50 watt menggunakan nirkabel (wireless).

Fitur pendukung lainnya adalah jaringan 4G, Wi-Fi 802.11 a/b/g/n/ac, Bluetooth 5.2, USB-C. NFC, dan GPS. Varian warna yang ditawarkan ada lima opsi, yakni Putih, Hitam, Ungu, Hijau, dan Gold.

Harga Huawei Mate X3

  • Huawei Mate X3 varian 256 GB: 12,999 yuan (Rp 28,8 juta)
  • Huawei Mate X3 varian 512 GB: 13.999 yuan (Rp 31,06 juta)
  • Huawei Mate X3 varian 1 TB: 15.999 yuan (Rp 35,5 juta)

Belum diketahui apakah Huawei bakal memperkenalkan ponsel ini ke pasar selain China, seperti Indonesia, atau tidak. Pemesanan sudah bisa dilakukan melalui laman resmi Huawei yang berbasis di China.

https://tekno.kompas.com/read/2023/03/24/12000017/ponsel-lipat-huawei-mate-x3-meluncur-lipatan-sama-dengan-bobot-lebih-ringan

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke