Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Samsung Buka-bukaan Rahasia Galaxy S23 Ultra Bisa Foto Bulan dengan Jernih

Namun, belakangan, beberapa orang skeptis soal kemampuan Galaxy S23 Ultra menjepret foto bulan dengan jernih, bahkan disebut palsu.

Menanggapi hal tersebut, Samsung pun mengungkapkan alias spill rahasia Galaxy S23 Ultra bisa memotret bulan dengan jernih lewat sebuah unggahan di situs Samsung Mobile Press.

Dalam postingan tersebut, setidaknya ada empat teknologi yang berperan memberikan foto bulan yang jernih di Galaxy S23 Ultra. Keempat teknologi itu adalah Scene Optimizer berbasis kecerdasan buatan (artificial intelligence/AI), Super Resolution, kontrol kecerahan, dan zoom lock.

Nah, untuk mengenali obyek bulan, Galaxy S23 Ultra memiliki fitur Scene Optimizer berbasis AI deep learning (pembelajaran mendalam AI).

Sejak diperkenalkan di Galaxy S21 series, Scene Optimizer telah mampu mengenali bulan sebagai objek tertentu selama proses pengambilan foto.

Model pembelajaran mendalam AI tersebut dilatih untuk mengenali berbagai bentuk dan detail bulan, dari bulan purnama hingga bulan sabit, berdasarkan gambar yang diambil dari pandangan manusia dari Bumi.

Setelah mengenali bentuk bulan, model AI berhasil dapat mendeteksi area bulan bahkan ketika bentuk bulan tidak digunakan dalam pelatihan.

Menurut Samsung, dalam beberapa kondisi, fitur Scene Optimizer Galaxy S23 Ultra juga bisa tidak mengenali bentuk bulan. Misalnya, ketika bulan terhalang oleh awan atau saat objek bulan sedang berada di sisi yang tidak terlihat dari Bumi.

Menurut Samsung, bila fitur Scene Optimizer dalam keadaan mati alias nonaktif saat menjepret bulan, maka hasil gambar bulan akan blur seperti gambar di bawah.

Sepengalaman KompasTekno, pengguna memang baru bisa menangkap obyek bulan dengan baik pada zoom 30x hingga 100x.

Teknologi Super Resolution membantu menghasilkan gambar melalui komposisi multi-frame. Untuk mengambil foto bulan yang jelas, kamera Galaxy memanfaatkan Resolusi Super untuk menyatukan lebih dari 10 gambar yang diambil dengan zoom 25x atau lebih tinggi.

Gambar yang diambil dengan zoom 25x atau lebih perlu menghilangkan noise dan meningkatkan kejernihan dan detail lainnya.

Saat Scene Optimizer diaktifkan dan bulan telah dikenali sebagai objek, kamera akan menghadirkan gambar yang terang dan jelas kepada pengguna melalui teknologi peningkatan detail di atas teknologi Resolusi Super ini.

Saat pengguna melakukan zoom dan ponsel mengenali bulan sebagai obyek, Galaxy S23 Ultra akan secara otomatis mengontrol kecerahan tampilan.

Hal ini dilakukan demi bisa menampilkan bulan dengan lebih jelas sambil mempertahankan kecerahan optimal.

Oleh karena itu, saat pengguna mengambil foto bulan pada sore hari, langit di sekitar bulan akan tampak lebih gelap daripada warna langit sebenarnya karena perangkat akan menggelapkan kecerahan latar belakang objek untuk membantu membuat bulan tampak lebih jelas.

Fitur Zoom Lock akan secara otomatis mengurangi efek guncangan perangkat tanpa memerlukan tripod.

Berkat gabungan teknologi OIS (Optical Image Stabilization) dan VDIS (Video Digital Image Stabilization), Zoom Lock mampu meminimalkan keburaman gambar (dalam kasus ini gambar bulan) yang disebabkan oleh getaran tangan yang terjadi ketika pengguna membidik dan melakukan zoom pada bulan.

Zoom Lock diwakilkan dengan kotak kuning yang muncul di sisi kanan atas layar. Dengan bantuan kotak kuning, pengguna bisa menjaga fokus ketika memotret bulan.

Dengan semua kombinasi empat teknologi tadi, pengguna bisa mendapatkan gambar bulan yan jernis saat menekan tombol shutter Galaxy S23 Ultra, sebagaimana dihimpun KompasTekno dari situs Samsung Mobile Press, Senin (27/3/2023).

https://tekno.kompas.com/read/2023/03/27/09150047/samsung-buka-bukaan-rahasia-galaxy-s23-ultra-bisa-foto-bulan-dengan-jernih

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke