Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Ini Dia 6 Fitur Unggulan di Samsung Galaxy A54, Ada Warisan dari HP Flagship

Dengan harga segitu, Galaxy A54 5G menawarkan setidaknya 6 fitur unggulan. Apa saja?

1. Kamera 50 MP dengan OIS

Samsung Galaxy A54 5G mengunggulkan Kamera 50 MP (f/1.8). Kamera tersebut disebut-disebut lebih canggih dibandingkan kamera utama 64 MP pada Galaxy A53 yang dirilis tahun lalu.

Pasalnya, kamera 50 MP Samsung A54 kini dilengkapi sensor Sony IMX766 dengan ukuran sensor 1/5.6 inci dan tiap pikselnya berukuran 1 mikron.

Dengan spesifikasi ini, Samsung menyebut pengguna Samsung Galaxy A54 bisa memotret gambar yang jauh lebih tajam dan bagus lagi ketimbang Galaxy A53.

Kamera 50 MP Galaxy A54 5G kini juga memiliki OIS (Optical Image Stabilization) dengan sudut yang lebih besar, yaitu 1,5 derajat.

Benefit OIS yang lebih besar ini adalah bisa menghasilkan foto dan video yang lebih stabil lagi. Kamera ini juga didukung all-pixel autofocus 100 persen untuk mendapatkan fokus yang lebih baik.

2. Fitur Nightography

Samsung A54 5G ini juga mewarisi satu fitur fotografi yang ada di lini flagship Galaxy S Series, yaitu Nightography. Ini pertama kalinya fitur Nightography hadir di ponsel kelas menengah Samsung.

Saat kamera Samsung Galaxy A54 mendeteksi kondisi pencahayaan yang minim (low light), fitur Auto Night akan secara otomatis mengubah kamera ke settingan Night Mode alias Nightography.

Dengan fitur Nightography, menurut Samsung, hasil gambar akan lebih tajam.

Dengan sertifikasi tersebut, ponsel ini mampu bertahan di dalam air dengan kedalaman 1 meter selama 30 menit.

Jadi, ponsel dapat dikatakan masih aman bila tercemplung ke dalam air atau digunakan untuk merekam di bawah air seperti ketika berenang.

4. Layar lebih cerah 25 persen

Samsung Galaxy A54 juga mengunggulkan layar yang lebih terang dibanding Galaxy A53.

Kini, layar ponsel ini memiliki tingkat kecerahan (brightness) maksimum hingga 1.000 nits. Angka tersebut 25 persen lebih terang dari layar Galaxy A53. Tahun lalu, tingkat kecerahan layar Samsung A53 mentok di angka 800 nits.

Dengan peningkatan ini, pengguna bakal lebih nyaman ketika menggunakan ponsel di bawah sinar matahari langsung.

Seperti Galaxy S23, Samsung Galaxy A54 kini juga tidak memiliki modul kamera belakang. Samsung memilih menanamkan tiga kamera belakang langsung dalam punggung ponsel.

Ketiga kamera tersebut terlihat seperti "boba" yang disusun secara vertikal. Sisi-sisi bodinya kini juga lebih datar dengan ujung-ujung yang melengkung.

Samsung membenarkan bahwa desain baru Galaxy A54 memang terinspirasi dari Galaxy S23. Tujuannya untuk mengikuti permintaan konsumen yang ingin memiliki smartphone mid-range, namun dengan desain premium.

6. Kaca Gorilla Glass 5 di layar dan punggung

Tak hanya soal desain kamera, Samsung juga untuk pertama kalinya menggunakan material kaca Gorilla Glass 5 pada punggung Samsung A54. Dengan begitu, tampilan punggung ponsel ini akan glossy. Material kaca itu disebut bakal memberikan kesan premium.

Layar depan Samsung Galaxy A54 juga dilapisi kaca Gorilla Glass 5. Secara umum, Gorilla Glass 5 didesain untuk memberikan perlindungan untuk skenario jatuh yang umum.

Berdasarkan pengujian, kaca pelindung layar utama tersebut mampu bertahan (tidak retak) sekitar 80 persen saat dijatuhkan dalam posisi layar ke bawah dari ketinggian 1,6 meter. Pengujian dilakukan di permukaan keras.

https://tekno.kompas.com/read/2023/03/29/12000037/ini-dia-6-fitur-unggulan-di-samsung-galaxy-a54-ada-warisan-dari-hp-flagship

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke