Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Fitur Baru Instagram Bisa Simpan Bookmark Bareng Teman

Dengan fitur baru ini, pengguna dan temannya bisa secara bersamaan menyimpan postingan ke dalam suatu koleksi.

Sebagai contoh, pengguna dan temannya yang akan berlibur ke suatu tempat dapat mem-bookmark unggahan terkait lokasi itu, misalnya spot 'hidden gem' yang wajib dikunjungi.

Nantinya, semua pengguna yang mendapatkan akses ke koleksi itu dapat melihat konten yang sudah dikelompokkan.

Sebenarnya, fitur 'Collections' sudah hadir di Instagram sejak 2017. Hanya saja, koleksi tersebut hanya bisa digunakan sendiri.

Kini, pengguna bisa memanfaatkan fitur koleksi kolaboratif yang mirip dengan 'Group Boards' milik Pinterest.

"Sekarang, ketika Anda menyimpan konten dari halaman Feed atau pesan langsung (direct message/DM), Anda bisa melihat opsi baru untuk membuat koleksi kolaboratif," kata Head of Instagram Adam Mosseri lewat akun Instagram pribadinya.

Laman pusat bantuan Instagram juga menyebutkan bahwa fitur ini tersedia di platform iOS. Satu-satunya perangkat yang tidak kebagian Collaborative Collections adalah komputer (PC).

Cara membuat Collaborative Collections di IG

Cara menggunakannya, pengguna perlu menekan ikon bookmark di pojok kanan bawah postingan kemudian memilih opsi koleksi kolaboratif.

Setelah itu, pengguna memberi nama untuk koleksi dan mengaktifkan opsi yang bertuliskan 'Allow friends to join this collection' (Izinkan teman bergabung ke koleksi ini). Dari sini, pengguna bisa menambahkan hingga 250 orang ke koleksi yang telah dibuat.

Setiap orang yang diundang nantinya bisa menyimpan konten dari Reels, Explore, Feed, dan Direct Message ke koleksi.

Pengguna pun dapat membuat kolaborasi kolektif dalam sebuah chat yang aktif. Setelah dibuat, setiap orang dalam chat dapat menambah atau menghapus postingan di koleksi.

Berikut langkah-langkah untuk menggunakan fitur koleksi kolaboratif di Instagram:

  • Cari konten yang ingin disimpan, baik dari Reels, Explore, Feed, maupun Direct Message
  • Tekan ikon bookmark yang terletak di bagian kanan bawah unggahan sampai muncul pop up dengan tulisan 'Save posts with friends' atau 'Simpan postingan bersama teman'
  • Pilih opsi 'Try it'
  • Pastikan opsi 'Collaborative' sudah aktif, kemudian tulis nama koleksi dan anggota yang ingin diundang
  • Tekan tombol 'Save'
  • Koleksi pun terbuat. Pengguna dapat mengunjunginya lewat direct message atau halaman koleksi dengan menuju ke Profil > Ikon garis tiga (burger line) di pojok kanan atas profil > Saved

Langkah tersebut tidak jauh berbeda untuk platform iOS (iPhone). Apabila fitur Collaborative Collections belum muncul di aplikasi, pengguna harus memperbarui Instagram dengan mengunjungi App Store atau Google Play Store.

Perlu dicatat, postingan yang 'diambil' dari akun privat hanya bisa dilihat oleh orang-orang yang sudah mengikuti akun tersebut.

Selain itu, unggahan dalam koleksi akan 'lenyap' secara otomatis jika postingan aslinya dihapus dari platform Instagram.

Masih soal privasi, pengguna juga tidak dapat mengubah koleksi menjadi privat setelah dibuat. Koleksi yang sudah digembok tidak dapat dibagikan ke orang lainnya.

https://tekno.kompas.com/read/2023/04/02/10000057/fitur-baru-instagram-bisa-simpan-bookmark-bareng-teman

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke