Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Rekomendasi 5 Game Baru April 2023, Salah Satunya Buatan Indonesia

Untuk April 2023 ini, ada banyak game yang mungkin tidak asing di telinga gamers. Sebab, sejumlah game merupakan sekuel atau spinoff dari game sebelumnya. Bahkan, ada pula game keluaran Indonesia yang sebentar lagi dapat dicicip.

Jumlah game yang segera dirilis mencapai puluhan judul, sehingga KompasTekno merangkumnya menjadi lima game yang paling menarik.

Berikut daftarnya, sebagaimana dicatat KompasTekno dari GameSpot, Minggu (2/4/2023).

Meet Your Maker itu sendiri adalah game tembak-menembak (FPS) multiplayer yang mengunggulkan fitur pembuatan level (building) dan penyerangan (raiding). Layaknya game Super Mario Maker, pemain akan merancang levelnya sendiri yang dipenuhi dengan beragam jebakan.

Nantinya, level yang dinamai 'Outpost' ini bisa diserang pemain musuh yang ingin mencuri sebuah item penting bernama 'GenMat'. Pemain dapat menonton upaya musuh tersebut dan kemudian memperbaiki level sedemikian rupa agar makin sulit ditembus.

Tak hanya membuat level, pemain pun dapat menunjukkan kebolehan dirinya dengan menyerang Outpost yang didesain musuh.

Dengan senjata jarak dekat (melee), jarak jauh (ranged), atau defensif (defensive), pemain akan mencoba dan mempelajari Outpost musuh sebelum akhirnya sukses menaklukkan markas tersebut. Baik perancangan atau penyerangan markas dapat dilakukan bersama satu teman lainnya.

Meet Your Maker akan meluncur pada 4 April mendatang di PC (Steam), PS4, PS5, Xbox One, dan Xbox Series X|S. Game besutan Behaviour Interactive ini dibanderol seharga Rp 245.999 di platform distribusi Steam dan 30 dollar AS (Rp 449.442) di toko Xbox.

Belum ada harga di toko PlayStation, tetapi pelanggan layanan PlayStation Plus (PS Plus) seharga Rp 89.000 dapat memainkannya sampai 1 Mei mendatang.

Minecraft Legends bercerita tentang perjuangan seluruh penduduk Overworld (dimensi default di Minecraft) dalam melawan invasi monster Piglins yang datang dari dimensi Nether. Disebut 'seluruh penduduk' karena monster seperti Creeper, Zombie, dan Skeleton pun akan menjadi kawan pemain dalam perang itu.

Dalam game strategi ini, pemain nantinya akan menunggang kuda, membawa bendera atau pedang, dan menuntun penghuni Overworld untuk menyerang markas Piglins. Seperti Minecraft, pemain juga bisa mengumpulkan material, melakukan proses crafting, dan membangun markas sendiri.

Mojang memastikan bahwa spinoff ini dapat dimainkan secara multiplayer, baik mode ceritanya maupun mode kompetitif. Dalam mode kompetitif, pemain harus menghancurkan markas musuh sambil melindungi base sendiri dari serangan lawan dan Piglins.

Minecraft Legends akan dirilis pada 18 April mendatang di PC (Steam, Game Pass), PS4, PS5, Xbox One, Xbox Series X|S, dan Nintendo Switch.

Untuk harga, pemain harus merogoh kocek Rp 549.000 di Steam, Rp 579.000 di toko PS, Rp 550.000 di toko Xbox, dan 40 dollar AS (Rp 599.480) di Nintendo Switch Switch.

Khusus pelanggan layanan PC Game Pass, pemain bisa menjajal Minecraft Legends selama sebulan penuh dengan mengeluarkan ongkos Rp 49.999.

Game buatan developer Indonesia, Toge Productions ini kembali mengajak pemain menjadi barista di sebuah kafe. Sebagai barista, pemain akan menyeduh kopi untuk setiap pelanggannya dengan memanfaatkan sejumlah bahan, mulai dari ginger, mint, hingga cokelat.

Sambil bekerja, pemain dapat berbincang dengan pelanggan yang tidak terbatas pada manusia saja. Ada orc, elf, succubus, dan ras lainnya yang sedari awal memang hidup berdampingan dengan manusia.

Melalui cerita mereka, pemain tidak hanya mempelajari kisah hidup setiap pelanggan, tetapi juga seluk-beluk kota Seattle.

Sekuel Coffee Talk rencananya akan diluncurkan pada 20 April di platform PC (Steam, Epic Games, GOG), PS4, PS5, Xbox One, Xbox Series X|S, dan Nintendo Switch.

Visual ini dijual seharga Rp 199.000 di PlayStation, Rp 175.500 di Xbox, dan 14.99 dollar AS (Rp 224.879) di Nintendo Switch.

Dead Island 2 adalah game zombi Action RPG (role-playing game) yang mengambil tempat di Los Angeles. Saat menjelajahi kota yang dinamai 'HELL-A', pemain dapat bertemu dengan berbagai karakter dan mengerjakan misi seperti game RPG pada umumnya, baik sendiri maupun dengan tiga teman lainnya.

Seperti Dead Island pertama, pemain akan disuguhkan sejumlah karakter yang dapat digunakan, masing-masing dengan kemampuannya sendiri. Sebagai contoh, pemain bisa memilih Bruno yang menawarkan gameplay sembunyi-sembunyi (stealth) atau mungkin menggunakan Dani yang jauh lebih 'rusuh' karena bisa memicu ledakan.

Tak hanya karakter, zombi pun juga dibekali dengan kemampuan yang unik, seperti Screamers yang bisa memanggil zombi lain dan Slobbers yang bisa menyerang pemain dari jarak jauh.

Bila tertarik, Dead Island 2 segera diluncurkan pada April 21 di PC (Epic Games), PS4, PS5, Xbox One, dan Xbox Series X|S. Dead Island 2 dibanderol seharga Rp 659.000 di Epic Games, Rp 769.000 di PlayStation, dan Rp 768.800 di toko Xbox.

Game ini berkisah tentang petualangan Cal Kestis lima tahun setelah kejadian di Fallen Order. Tanpa banyak membocorkan plot dari sekuelnya, Star Wars Jedi: Survivor tampaknya akan 'dikemas' dengan nada yang lebih gelap dan serius.

Sekuel ini disebut-sebut akan menguji kesiapan Kestis untuk melindungi dirinya, krunya, dan warisan Jedi Order.

Dari segi gameplay-nya, Survivor akan membuat combat Action RPG-nya sehingga lebih baik. Respawn selaku pengembang game tersebut akan menggunakan teknologi PS5 dan Xbox Series X untuk menciptakan pertarungan Jedi yang lebih dinamis dan inovatif.

Dalam combat, Kestis dibekali kemampuan (skill) dan persenjataan yang anyar, misalnya skill Force yang baru dan senjata blaster yang sebelumnya tidak dapat digunakan di prekuelnya. Dengan sederet kemampuan ini, Kestis nantinya mengeksplorasi planet unik dan melawan musuh-musuh yang menghuni setiap biomanya.

Star Wars Jedi: Survivor akan dirilis pada 28 April untuk platform PC (Steam, EA App, Epic Games), PS5, dan Xbox Series X|S.

Game ini secara kompak dibanderol seharga Rp 759.000 untuk setiap platform di PC, sedangkan harganya adalah Rp 1.009.000 di PlayStation dan Rp 1.050.528 di Xbox.

https://tekno.kompas.com/read/2023/04/02/14000057/rekomendasi-5-game-baru-april-2023-salah-satunya-buatan-indonesia

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke