Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Apa Itu Cloud Storage atau Penyimpanan Awan serta Contoh-contohnya

Salah satu penyimpanan awan yang cukup sering digunakan pengguna adalah Google Drive. Hanya dengan mendaftar akun Google pengguna sudah mendapatkan fasilitas cloud storage Google Drive hingga 15 GB.

Dengan akun Google tersebut, antarpengguna bisa mengakses, melihat, mengomentari, mengomentari, hingga mengunduh file tersebut dengan mudah. Lantas apa definisi penyimpanan awan sebenarnya? Apa saja fungsi dan contoh-contohnya, selengkapnya berikut ini uraiannya.

Apa itu cloud storage atau penyimpanan awan?

Dilansir dari Tech Target, penyimpanan awan adalah model layanan di mana data ditransmisikan dan disimpan pada sistem penyimpanan jarak jauh. Data tersebut akan dipelihara, dikelola, dicadangkan, dan disediakan untuk pengguna melalui jaringan internet.

Pengguna umunya akan membayar penyimpanan awan dengan tarif bulanan per konsumsi. Kendati demikian beberapa penyimpanan awan biasanya bisa diakses secara gratis dengan penyimpanan terbatas.

Penyimpanan awan bekerja dengan menyediakan ruang penyimpanan data pada server yang terletak di pusat data. Saat pengguna membeli penyimpanan cloud dari penyedia, mereka menyerahkan sebagian besar aspek penyimpanan data ke vendor, termasuk keamanan, kapasitas, server penyimpanan dan sumber daya komputasi, ketersediaan data, dan pengiriman melalui jaringan internet.

Fungsi cloud storage

Terdapat beberapa fungsi cloud storage yang cukup sering digunakan pengguna, antara lain:

Mencadangkan data

Pengguna dapat memanfaatkan penyimpanan awan untuk mencadangkan sehingga beberapa data dari mereka aman dari berbagai kemungkinan kerusakan hardware, pencurian, atau kehilangan perangkat. Salah satu pencadangan yang awam dilakukan adalah saat memback-up data dari aplikasi WhatsApp.

Kolaborasi berbagi data

Pengguna dapat berkolaborasi dengan anggota tim atau rekan kerja untuk menyimpan dan berbagi data di penyimpanan awan. Data yang tersimpan di cloud storage nantinya dapat dengan mudah diakses, dikerjakan sama-sama secara real time di berbagai lokasi mana pun selama koneksi internet stabil.

Keamanan data

Beberapa pengguna terkadang memilih untuk menyimpan di penyimpanan awan karena fitur keamanan yang lebih canggih, seperti enkripsi data dan otentikasi dua faktor. Sehingga data lebih terjaga kerahasiannya.

Contoh-contoh penyimpanan awan

Selain Google Drive yang sering digunakan sebagai penyimpanan awan, beberapa layanan cloud storage berikut ini juga sering digunakan pengguna.

Dropbox merupakan salah satu layanan penyimpanan awan yang dapat menyimpan berbagai file mulai dari ruang kosong 2 GB hingga 18 GB. Dalam penyimpanan ini, pengguna bisa berbagi seluruh folder dengan orang yang tidak menggunakan Dropbox.

Selain itu, pengguna juga dapat mengedit file dari dalam browser menggunakan Microsoft Office online. Untuk mencoba Dropbox dapat menuju tautan berikut ini.

OneDrive merupakan layanan cloud storage dari Miicrosoft Office Online. Setiap pengguna dapat menggunakan penyimpanan ini dan akan mendapat 5 GB ruang kosong setelah menndaftar. Aplikasi One Drive dapat diinstal pada program desktop maupun seluler, sehingga memungkinkan pengguna untuk mentransfer folder dan file dengan mudah.

Cloud ini juga bisa digunakan untuk berbagi file kepada non-pengguna tanpa perizinan untuk pengeditan. Untuk mencoba OneDrive dapat menuju tautan berikut ini.

Penyimpanan pCloud memberikan ruang penyimpanan hingga 10 GB dengan tidak membatasi ukuran file yang diunggah di dalam cloud. Aplikasi ini sudah beroperasi pada beberapa perangkat seperti Windows, Mac, Linux, hingga seluler. Apabila Anda ingin mencoba cloud storage ini dapat menuju tautan berikut ini.

Mega memberikan penggunanya ruang hingga 20 GB yang dapat diakses gratis lewat seluler atau desktop. Penyimpanan Mega memberlakukan kode yang harus diisi oleh penerima tautan sebelum mereka membuka file yang ada di dalamnya. Untuk mencoba layanan ini Anda bisa mengunjungi situs berikut ini.

https://tekno.kompas.com/read/2023/04/05/19150047/apa-itu-cloud-storage-atau-penyimpanan-awan-serta-contoh-contohnya-

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke