Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Tips Ngecas HP di Charging Station agar Tetap Aman

Namun di balik kenyamanan fasilitas itu, perlu diketahui bahwa pengguna wajib mewaspadai saat melakukan pengisian daya di charging station. Hal tersebut karena terdapat ancaman keamanan yang tanpa disadari membahayakan pengguna.

Seperti yang dilansir dari KompasTekno, melakukan pengisian daya di charging station (tempat umum) berisiko dapat dimanfaatkan oleh panjahat siber untuk melakukan praktik Juice Jacking, atau serangan keamanan dengan menargetkan perangkat terhubung melalui USB.

Penjahat siber akan mencoba mencuri informasi pribadi dari ponsel dan memasang malware di HP. Namun apabila Anda terpaksa mengecas HP menggunakan charging station, terdapat beberapa tips yang perlu diperhatikan seperti pada ulasan berikut ini. 

Saat melakukan pengisian daya jangan izinkan fitur transfer data. Saat pengguna menghubungkan ponsel melalui USB, biasanya akan mendapati pop up yang memuat opsi apakah ingin berbagi file atau mengisi daya saja. Maka Anda cukup izinkan hanya untuk mengecas data atau pilih (Tidak ada transfer data) apabila di ponsel Android.

Cek kondisi charging station

Cek kondisi charging station. Hindari mengecas di charging station yang tidak terawat dan usang. Charging station yang kurang terawat berpotensi menimbulkan berbagai masalah. Mulai dari kabel yang telah aus hingga memungkinkan malware berbahaya yang bisa menyusup.

Usahakan mencari stop kontak

Jika memungkinkan usahakan untuk menggunakan stop kontak. Apabila masih memungkinkan lebih baik menggunakan adapter dan tidak langsung menghubungkannya dengan kabel USB.

Menggunakan powerbank

Usahakan untuk selalu membawa alat pengisian daya pribadi sendiri atau memiliki powerbank. Hal ini dirasa lebih penting dan aman agar menghindari mengecas ponsel di charging station.

Itulah beberapa tips mengecas HP aman di charging station. Sebaiknya upayakan tetap menggunakan powerbank. Selain itu Anda bisa menerapkan tips hemat baterai HP saat mudik seperti pada artikel berikut ini. Semoga membantu.

https://tekno.kompas.com/read/2023/04/25/16010027/tips-ngecas-hp-di-charging-station-agar-tetap-aman

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke