Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

AMD Rilis Chipset Ryzen Z1 Series untuk Konsol Game "Handheld", Ini Spesifikasinya

KOMPAS.com - AMD meluncurkan dua chipset terbarunya yang diberi nama AMD Ryzen Z1 dan Ryzen Z1 Extreme. 

Kedua chipset yang masuk ke dalam kategori Ryzen Z1 Series ini ditujukan untuk mentenagai berbagai konsol game potabel (handheld) anyar yang bakal dirilis ke pasar, salah satunya adalah ROG Ally dari Asus. 

Secara desain hardware, AMD Ryzen Z1 dan Z1 Extreme sebenarnya kompak mengandalkan prosesor (CPU) dengan arsitektur terbaru Zen 4 dan pengolah grafis (GPU) dengan arsitektur RDNA 3. Namun, secara spesifikasi, keduanya cukup berbeda.

AMD Ryzen Z1 ditenagai dengan 6 inti CPU Zen 4 dengan 12 threads, yang dipadukan dengan 3 inti GPU RDNA 3 dan 22 MB cache. Kombinasi hardware seperti ini diklaim bisa memberikan kemampuan grafis sekitar 2,8 TeraFLOPS (TFLOPS). 

Di sisi lain, AMD Ryzen Z1 Extreme memiliki 8 inti CPU Zen 4 dengan 16 threads, yang dikombinasikan dengan 12 inti GPU RDNA 3 dan 24 MB cache. AMD mengeklaim hardware seperti ini mampu memberikan performa visual hingga 8,6 TFLOPS. 

Untuk performa di dunia nyata, AMD mengeklaim kedua chipset untuk konsol game handheld ini mampu menjalankan beragam game kekinian, terutama game kompetitif, dengan lancar di kualitas 1080p.

Game Counter-Strike: Global Offensive (CS:GO), misalnya, bisa dijalankan AMD Ryzen Z1 dengan frame rate rata-rata 137,6 FPS, sedangkan AMD Ryzen Z1 Extreme lebih tinggi dengan 162,1 FPS. 

Sementara untuk game Dota 2, AMD Ryzen Z1 bisa menghasilkan frame rate mencapai 100 FPS, sedangkan AMD Ryzen Z1 Extreme sedikit lebih tinggi dengan 102 FPS. 

Terlepas dari perbedaan spesifikasi di atas, kedua chipset ini memiliki beberapa dukungan teknologi serupa macam dukungan RAM LPDDR5 dan LPDDR5X, hingga dukungan USB 4. 

Selain itu, baik AMD Ryzen Z1 dan Ryzen Z1 Extreme sama-sama dibekali dengan sejumlah teknologi pengolah grafis khas AMD.

Beberapa di antaranya seperti AMD Radeon Super Resolusion (RSR), Radeon Chill, Radeon Image Sharpening, hingga AMD Link, sebagaimana dirangkum KompasTekno dari GSMArena, Rabu (26/4/2023). 

Seperti disebutkan di atas, AMD Ryzen Z1 dan Z1 Extreme saat ini tersedia secara eksklusif untuk konsol game handheld ROG Ally saja.

Namun, tak menutup kemungkinan merek-merek konsol handheld lain akan bermitra dengan AMD untuk menghadirkan perangkat anyar yang ditenagai dengan kedua chipset tersebut. Kita nantikan saja.

https://tekno.kompas.com/read/2023/04/26/11300017/amd-rilis-chipset-ryzen-z1-series-untuk-konsol-game-handheld-ini-spesifikasinya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke