Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

10 Barang Unik yang Pernah Dibuat Apple, Ada Printer, Kaus, Meja, hingga Bolpoin

KOMPAS.com - Kini, Apple terkenal sebagai perusahaan besar teknologi. Beberapa barang buatannya yang tak lagi asing di telinga antara lain, seperti Macbook, iPhone, dan iPad. Kemudian, ada pula produk layanan seperti iCloud dan Apple Music.

Didirikan sejak tahun 1970-an, Apple telah membuat berbagai perangkat, yang beberapa di antaranya dikembangkan terus hingga menjadi produk yang kita kenal sekarang. Namun, dalam perjalanan, Apple sejatinya tak melulu membuat produk laptop dan ponsel.

Dulu, Apple juga pernah membuat beberapa barang unik. Bahkan, sebagian orang mungkin bakal tak mengira bahwa barang-barang unik tersebut pernah dibuat oleh Apple. Bila penasaran, berikut adalah daftar barang unik yang pernah dibuat Apple.

Barang unik yang pernah dibuat Apple yang pertama adalah printer. Pada rentang waktu 1980 hingga 1990’an, Apple pernah membuat beberapa model perangkat printer, seperti Apple Silentype, ImageWriter, dan LaserWriter.

Pada awal 1990-an, Apple pernah membuat perangkat scanner bernama Apple OneScanner. Apple OneScanner mampu memindai dokumen dengan resolusi hingga 300 dpi dan kedalaman warna 8-bit pada bidang 8,5 x 14 inci.

Ketiga, Apple juga pernah membuat konsol game bernama Apple Pippin, yang bekerja sama dengan perusahaan mainan Bandai. Konsol game ini dijual pertama kali pada 1996 dengan harga sekitar 611 dollar AS (dengan nilai kurs sekarang berarti sekitar Rp 9 juta).

Pada 1994, Apple pernah merilis kamera digital buatannya yang bernama QuickTake 100. Kamera ini dibekali dengan resolusi 640 x 480 piksel, jarak fokus tetap 50mm, dan eksposur otomatis. Dulu, QuickTake 100 dijual dengan harga 749 dollar AS.

Jika keempat barang di atas masih berbau teknologi maka yang kali ini tidak demikian. Di tahun 1986-1987, Apple pernah memperkenalkan koleksi barang lifestyle dan fashion buatannya yang bertajuk “The Apple Collection”.

Dalam The Apple Collection, salah satu barang yang dijual adalah kaus dan topi. Ada kaus lengan panjang dan lengan pendek, serta topi baseball dan golf. Tiap kaus dan topi tersebut disematkan logo Apple.

Pada The Apple Collection, terdapat juga gantungan kunci dengan logo Apple lama yang masih berwarna-warni. Gantungan kunci dengan logo Apple atau disebut Apple Key Ring ini kala itu dijual seharga 4 dollar AS.

Dalam The Apple Collection, Apple pernah pula menjajakan barang unik lain, yaitu handuk dan payung yang juga tersemat logo Apple. Untuk handuknya, dulu dijual seharga 23 dollar AS. Sedangkan untuk payung Apple, harganya adalah 28 dollar AS

Jauh sebelum smartwatch Apple Watch hadir, Apple pernah membuat jam tangan analog yang juga diberi nama Apple Watch. Kala itu, “kakek” Apple Watch ini dijual Apple dengan harga 35 dollar AS.

Apple pernah membuat meja kerja sebagai tempat untuk meletakkan berbagai perangkat, termasuk komputer, namanya adalah MacTable. Meja kayu berukuran 30 x 60 inci ini pada masa itu dijual seharga 399 dollar AS.

Ke-10, barang unik yang pernah dibuat Apple adalah bolpoin. Bolpoin ini bukan pena pintar seperti Apple Pencil. Bolpoin buatan Apple dulu itu sama seperti bolpoin pada umumnya yang dipakai buat menulis di kertas.

Itulah 10 barang unik yang tidak disangka pernah dibuat Apple, mulai dari printer, scanner, kaus, hingga bolpoin, semoga bermanfaat.

https://tekno.kompas.com/read/2023/05/02/06464137/10-barang-unik-yang-pernah-dibuat-apple-ada-printer-kaus-meja-hingga-bolpoin

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke