Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Apa Itu Biaya Jasa Aplikasi Tokopedia yang Mulai Naik Bulan Mei?

Adapun Biaya Jasa Aplikasi tersebut sebelumnya dipatok “pukul rata” tanpa nominal pembelian minimum. Namun kini pelanggan harus memperhatikan bahwa Biaya Jasa Aplikasi ditetapkan berdasarkan nilai transaksi pelanggan.

Lantas apa itu yang dimaksud dengan Biaya Jasa Aplikasi dan rinciannya? Berikut ini uraiannya.

Apa itu Biaya Jasa Aplikasi Tokopedia?

Dilansir dari laman resmi Tokopedia, Biaya Jasa Aplikasi merupakan biaya khusus yang dibebankan oleh pelanggan untuk meningkatkan pengalaman berbelanja terbaik. Biaya Jasa Aplikasi ini telah diterapkan oleh Tokopedia sejak 3 Agustus 2022.

Penerapan Biaya Jasa Aplikasi bertujuan untuk meningkatkan sistem dan layanan dalam bertransaksi. Biaya tersebut berlaku pada pembelian produk yang berupa barang pada aplikasi atau situs Tokopedia dan tidak berlaku pada metode pembayaran GoPayLater Cicil.

Biaya ini juga tidak berlaku pada produk Keuangan, produk Digital, TopAds, Zakat, dan Donasi, kecuali transaksi pembulatan E-gold/Donasi/pembelian pulsa Rp 1 yang disertakan dalam pembelian produk barang.

Kenaikan Biaya Jasa Aplikasi Tokopedia

Biaya Jasa Aplikasi Tokopedia diterapkan sejak 3 Agustus 2022 sebesar Rp 1.000 tanpa nominal pembelian minimum. Namun per 2 Mei 2023 Tokopedia mulai menerapkan kebijakan baru yakni biaya yang ditetapkan berdasarkan nilai transaksi pelanggan dengan rincian berikut ini:

  • Transaksi di bawah Rp 1 juta, biaya jasa aplikasi ditetapkan sebesar Rp 2.000.
  • Transaksi di atas Rp 1 juta, biaya jasa aplikasi ditetapkan sebesar Rp 3.000.

Pelanggan dapat melihat inforamsi terkait Biaya Jasa Aplikasi pada halaman detail pembayaran saat melakukan checkout.

Sebagai informasi bahwa apabila pelanggan membatalkan transaksi secara keseluruhan, maka Biaya Jasa Aplikasi akan dikembalikan (refund). Kendati demikian tidak berlaku pada pembatalan transaksi sebagian. Yang berarti, Biaya Jasa Aplikasi yang sudah dibayarkan tidak dapat dikembalikan.

Selain Biaya Jasa Aplikasi, pelanggan juga akan dikenakan dengan “Biaya Layanan” sebesar Rp 1.000 per transaksi. Biaya Layanan adalah biaya atas penggunaan dan pemanfaatan layanan situs atau aplikasi dalam pelaksanaan transaksi pembelian barang/jasa yang dilakukan pelanggan.

Sehingga dapat disimpulkan bahwa saat melakukan transaksi belanja di Tokopedia, pelanggan akan membayar dua jenis biaya tambahan dalam satu transaksi yakni biaya layanan dan Biaya Jasa Aplikasi.

Berikut ini contoh ilustrasi dari KompasTekno membeli keyboard.

  • Harga keyboard Logitech Rp 2.325.000
  • Biaya layanan: Rp 1.000
  • Biaya Jasa Aplikasi: Rp 3.000
  • Total biaya yang harus dibayarkan: Rp 2.325.000 + Rp 1.000 + Rp 3.000 = Rp 2.356.000

Selengkapnya Syarat dan ketentuan Biaya Jasa Aplikasi Tokopedia dapat di tautan berikut ini. Terkait pertanyaan seputar pengembalian Biaya Jasa Aplikasi dan lainnya bisa menuju di situs resmi Tokopedia.

https://tekno.kompas.com/read/2023/05/04/15150037/apa-itu-biaya-jasa-aplikasi-tokopedia-yang-mulai-naik-bulan-mei-

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke