Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

[POPULER TEKNO] Login Gmail Kini Bisa Tanpa Ketik Password | Tentara Ukraina Pakai Konsol Steam Deck untuk Alat Perang

Sebagai gantinya, pengguna bisa memanfaatkan fitur passkey untuk login Gmail. Peluncuran fitur passkey di Gmail ini menjadi salah satu artikel teknologi terpopuler di KompasTekno.

Selain fitur baru Gmail, berita lain yang juga sayang dilewatkan adalah fitur baru dari Instagram. Instagram kini memperluas fitur musik di feed.

Kini, pengguna Instagram bisa menambahkan musik di unggahan feed carousel alias satu postingan yang berisi 2 hingga 10 foto. Selain dua berita di atas, ada beberapa berita teknologi populer lain. Berikut rangkuman berita teknologi populer di KompasTekno.

Login Gmail bisa tanpa password

Google meluncurkan fitur baru yang memungkinkan pengguna Gmail login dengan passkey. Dengan passkey, pengguna tak perlu lagi mengetikkan password untuk login.

Sebetulnya, mekanisme passkey dan password hampir sama. Hanya saja, passkey memungkinkan pengguna login akun sebagaimana mereka membuka kunci (unlock) smartphone.

Jadi, pengguna bisa login dengan memindai sidik jari (fingerprint scanning), pemindaian wajah, hingga kode PIN. Walau terbilang lebih mudah, tingkat keamanannya justru lebih tinggi ketimbang cara login menggunakan password. Penjelasan selengkapnya bisa disimak di artikel "Mulai Hari Ini, Login Gmail Bisa Tanpa Ketik Password".

Pengguna Instagram yang mengunggah foto dalam bentuk carousel atau sebanyak 2 hingga 10 foto di Feed, kini bisa menambahkan musik agar unggahan jadi lebih menarik.

Pasalnya, Instagram kini mempreluas fitur "Add Music" yang semula hanya bisa digunakan saat mengunggahan satu foto di Feed IG.

Berdasarkan pantauan KompasTekno, fitur ini sudah bisa dicoba di Indonesia, khususnya untuk apliaksi Instagram versi 281.0.0.19.105 di ponsel Android.

Dengan hadirnya fitur Add Music, pengguna dapat menambahkan lagu atau audio di postingan foto carousel dengan durasi maksimal 90 detik atau 1,5 menit. Deretan musik dapat dipilih secara langsung dari direktori Instagram, seperti menambahkan musik di Instagram Story dan Reels.

Cara menambahkan lagu ke foto carousel Instagram bisa disimak di artikel "Upload Banyak Foto di Feed Instagram Kini Bisa Ditambah Musik, Indonesia Sudah Kebagian".

Update MIUI 14 versi beta ditunda untuk 10 HP Xiaomi ini

Xiaomi tengah sibuk menggelontorkan pembaruan sistem antarmuka (User Interface/UI) terbarunya, MIUI 14 versi stabil, kepada pengguna sejak Januari 2023.

Sejumlah pengguna model HP Xiaomi/Redmi global, termasuk di Indonesia, juga sudah bisa men-download update MIUI 14 ini mulai Februari lalu.

Namun, untuk sebagian smartphone yang masih belum kebagian MIUI 14 versi stabil tapi ingin merasakan fitur-fitur baru yang hadir, smartphone tersebut bisa menggunakan MIUI 14 versi beta.

Akan tetapi, Xiaomi baru-baru ini mengumumkan akan menunda update MIUI 14 versi beta untuk 10 smartphone pada Agustus mendatang.

Menurut pernyataan resmi, pada 4 Agustus 2023, kesepuluh smartphone akan mendapatkan update mingguan MIUI 14 beta terakhir. Daftar 10 HP yang belum akan kebagian update MIUI 14 versi beta bisa disimak di artikel "Xiaomi Tunda Update MIUI 14 Beta di 10 HP Ini".

HMD Global, selaku pemegang lisensi smartphone Nokia, meluncurkan ponsel terbarunya yang diklaim tangguh, yakni Nokia XR21 ke pasar Eropa. Smartphone tersebut dikatakan tangguh karena sudah mengantongi sertifikasi MIL-STD-810H.

Sertifikasi tersebut menunjukkan bahwa perangkat sudah lolos setidaknya 29 tes militer tingkat tinggi dengan akurasi dengan kekuatan (ruggedness) tertentu.

Sedikit gambaran, rangkaian tes yang diuji adalah menguji ketahanan perangkat terhadap air, guncangan atau getaran, cuaca ekstrem, tekanan tinggi dan rendah, suhu panas dan dingin, ketinggian tertentu, semprotan garam, debu, dijatuhkan dari ketinggian 1 meter tanpa pelindung, dan masih banyak lagi.

Ponsel ini juga telah mengantongi sertifikasi tanah dan debu yang tinggi, yakni IP69K. Sertifikasi itu menunjukkan bahwa ponsel bisa tahan di kedalaman lebih dari 3 meter selama 1 jam, sehingga benar-benar bisa digunakan untuk berenang dan menyelam.

Spesifikasi Nokia XR21 bisa disimak di artikel "Nokia XR21 Meluncur, HP Tangguh Bisa Dibawa Menyelam".

Tentara Ukraina pakai konsol Steam Deck untuk alat perang

Beberapa foto dan video yang dibagikan media Pasukan Pertahanan Teritorial Ukraina (TDF), TRO Media di Facebook serta Instagram, menampilkan beberapa tentara Ukraina mengenggam konsol game handheld Steam Deck.

Bukan untuk bermain game, konsol itu justru digunakan untuk mengendalikan turet senapan.
Rupanya, tentara Ukraina sedang bereksperimen memanfaatkan konsol Steam Deck sebagai pengontrol turet senapan dari jarak jauh.

Bak bermain game, turet senapan bakal berputar ke kiri dan kanan jika tentara menyentuh tombol analog pada bagian kanan Steam Deck.

Turet senapan juga akan menembakkan peluru, walaupun video tersebut tidak menunjukkan tombol apa yang harus ditekan untuk melakukan hal itu. Informasi selengkapnya bisa disimak di artikel "Tentara Ukraina Pakai Konsol Steam Deck untuk Alat Perang".

https://tekno.kompas.com/read/2023/05/05/06481497/populer-tekno-login-gmail-kini-bisa-tanpa-ketik-password-tentara-ukraina-pakai

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke