Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
INDONESIA TERHUBUNG

Salin Artikel

Wajib Tahu, Ini 4 Keunggulan Jaringan Fiber Optik untuk Internet Rumah

KOMPAS.com - Internet menopang berbagai kegiatan sehari-hari, seperti komunikasi, belajar, bekerja, serta hiburan. Untuk mendukung aktivitas ini, terdapat dua jenis jaringan internet yang dapat dipilih masyarakat, yakni fixed broadband atau jaringan fiber optik dan mobile broadband atau seluler.

Kedua tipe jaringan tersebut punya kelebihan masing-masing. Untuk kebutuhan mobile, jaringan seluler merupakan pilihan tepat karena internet disalurkan melalui kartu SIM yang dapat dipasang pada smartphone.

Sementara, untuk kebutuhan internet di rumah, jaringan fiber optik dianggap lebih baik ketimbang jaringan seluler. Karena itu, jaringan fiber optik dianjurkan sebagai pilihan internet rumah.

Lalu, apa saja kelebihan jaringan fiber optik? Berikut adalah ulasannya.

1. Kapasitas bandwidth besar

Jika dibandingkan mobile broadband, fixed broadband memiliki kapasitas bandwidth yang lebih besar. Dengan demikian, kecepatan internet yang ditawarkan lebih cepat dan stabil.

Sebagai contoh, layanan fixed broadband yang disediakan IndiHome memiliki kecepatan hingga 300 Mbps. Sementara, layanan mobile broadband di Indonesia rata-rata mencapai 17,57 Mbps berdasarkan data Speedtest Global Index 2023.

2. Minim gangguan

Fixed broadband menawarkan jaringan internet yang minim gangguan. Hal ini dikarenakan fiber optik tidak terpengaruh oleh gangguan elektromagnetik atau gangguan lain.

Dengan demikian, sinyal jaringan internet fiber optik tidak mudah terganggu dengan cuaca buruk, kecuali sambungan terputus atau mati.

3. Menampung lebih banyak perangkat

Jaringan internet fiber optik dapat menampung lebih banyak perangkat dalam waktu bersamaan dengan kualitas jaringan yang stabil.

Kelebihan tersebut dibutuhkan, mengingat jaringan internet rumah biasanya terhubung dengan banyak perangkat, seperti smartphone, laptop, serta personal computer (PC) dalam waktu bersamaan.

4. Aman dari korsleting

Keunggulan lain dari jaringan internet fiber optik adalah aman dari korsleting. Sebab, transfer data melalui kabel fiber optik tidak melibatkan listrik. Dengan begitu, pengguna pun tak perlu khawatir terjadi korsleting.

Itulah empat keunggulan jaringan internet fiber optik untuk di rumah. Salah satu pelanggan IndiHome, Abimanyu Yudiwarno Syah, mengakui kelebihan jaringan fiber optik.

Abimanyu dalam unggahan di akun Instagramnya, @my_boy, Senin (1/8/2022), mengatakan bahwa sebagai editor video yang bekerja dari rumah akibat pandemi covid-19, dirinya membutuhkan internet untuk membantuku bekerja.

Sebelum menggunakan jaringan fiber optik dari IndiHome, aku Abimanyu, layanan internet yang ia gunakan lemot, sinyalnya jelek, dan kuota internet cepat habis. Hal ini mengganggu pekerjaan Abimanyu.

“Untungnya, sekarang aku memakai layanan internet unlimited berkecepatan hingga 300 Mbps dari IndiHome yang menggunakan jaringan fiber optik dan tersebar di seluruh negeri. Bersama IndiHome, kini internetku jadi cepat, lancar, dan bikin nyaman. Enggak ada lagi tuh yang mengganggu produktivitasku,” tulis Abimanyu.

Jika Anda tertarik dengan layanan internet fiber optik dari IndiHome, silakan klik tautan berikut untuk informasi selengkapnya.

https://tekno.kompas.com/read/2023/05/05/11150097/wajib-tahu-ini-4-keunggulan-jaringan-fiber-optik-untuk-internet-rumah

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke