Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Asal-usul Meme “Unpopular Opinion” yang Lagi Ramai di Twitter dan Variasinya

KOMPAS.com - Belakangan ini, linimasa Twitter tengah ramai dengan unggahan yang memuat gambar berisi pesan tertentu atau meme bertajuk “Unpopular Opinion”. Saking ramainya, sebagian dari Anda pun mungkin juga sudah sempat melihat meme itu.

Banyak pengguna yang mengunggah meme Unpopular Opinion di Twitter. Salah satu contoh unggahan meme Unpopular Opinion bisa dilihat lewat twit dari akun base dengan handle @collegemenfess.

Meme Unpopular Opinion yang tengah viral di Twitter itu sudah muncul jauh beberapa tahun lalu. Bila penasaran dengan asal usul meme Unpopular Opinion yang viral di Twitter, silakan simak penjelasannya di bawah ini.

Dikutip dari Knowyourmeme, meme Unpopular Opinion merupakan gambar yang diambil dari potongan adegan film animasi Disney berjudul “Tangled” keluaran 2010.

Dalam film itu, terdapat sebuah adegan, karakter bernama Flynn ditangkap oleh sekelompok orang di bar. Lalu, sekelompok orang itu mengarahkan sejumlah pedang yang mengelilingi leher Flyn. Adegan Flyn dikelilingi pedang inilah yang dijadikan meme Unpopular Opinion.

Akibat terdapat unsur pedang dalam gambar, meme tersebut biasa disebut juga dengan meme Unpopular Opinion Swords. Meme ini pertama muncul pada 2015 melalui platform berbagai meme 9Gag.com.

Meme Unpopular Opinion Swords yang berisi gambar Flynn dikelilingi pedang itu mulai ramai digunakan di Twitter pada 2020. Lalu, meme ini tampaknya ramai dipakai lagi pengguna Indonesia di Twitter pada sekitar bulan lalu.

Meme Unpopular Opinion Swords banyak digunakan untuk memicu orang lain agar mengeluarkan pendapat yang tidak populer atau pendapat yang tidak banyak dikemukakan, atas sebuah fenomena tertentu.

Meme Unpopular Opinion punya versi lain, tetapi dengan format yang hampir mirip. Selain meme Unpopular Opinion Swords yang berisi gambar karakter Flynn dikelilingi pedang, terdapat pula meme Unpopular Opinion Guns, seperti yang tertera di atas.

Meme Unpopular Opinion Guns merupakan gambar yang berasal dari poster promosi film “John Wick: Chapter Two”. Poster itu berisi gambar aktor Keanu Reeves yang berperan sebagai tokoh John Wick, yang sedang ditodong dengan sejumlah pistol.

Meme Unpopular Opinion Guns yang berisi gambar John Wick ditodong sejumlah pistol itu mulai ramai digunakan pada 2019. Fungsinya mirip dengan meme Unpopular Opinion Swords, yaitu memicu orang lain untuk mengemukakan pendapat yang tidak umum.

Demikianlah penjelasan seputar asal usul meme Unpopular Opinion yang ramai digunakan pengguna di Twitter belakangan ini, semoga bermanfaat.

https://tekno.kompas.com/read/2023/05/05/14150067/asal-usul-meme-unpopular-opinion-yang-lagi-ramai-di-twitter-dan-variasinya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke