Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Game Counter Strike Dipakai untuk Sebar Informasi Konflik Rusia Ukraina

Dengan aturan ini, beragam media asal Rusia harus membatasi informasi yang disampaikan ke pembaca lokal mereka seputar konflik antara Rusia-Ukraina.

Adapun informasi yang tidak boleh disampaikan adalah hal-hal yang menurut pemerintah berbau hoaks.

Karena pembatasan ini, media asal Finlandia yaitu Helsingin Sanomat, menggunakan cara unik untuk mendistribusikan informasi terkait aksi militer Rusia.

Mereka menggunakan game peperangan populer bikinan Valve, yaitu Counter-Strike Global Offensive (CSGO) di platform Steam.

Game tersebut dipakai untuk menyebar informasi terkait konflik Rusia dan Ukraina kepada masyarakat lokal yang "dipaksa" tidak tahu apa yang sebenarnya terjadi di lapangan.

Pemimpin Redaksi Helsingin Sanomat, Antero Mukka, mengatakan bahwa hal ini dilakukan karena pihaknya menyadari banyak masyarakat Rusia yang tidak mengetahui secara rinci informasi dan apa yang dilakukan pemerintah mereka terhadap Ukraina.

Mukka melanjutkan bahwa media luar akan sangat sulit menyampaikan fakta-fakta tersebut terhadap masyarakat Rusia. Namun lewat game yang saat ini belum dibatasi, pembaca lokal bisa mengetahui apa yang sebenarnya terjadi di lapangan.

"Ini menjadi alasan mengapa kami memutuskan untuk menyisipkan informasi atau koran di dalam game CSGO. Dengan begitu, gamer asal Rusia bisa mengetahui apa yang sebenarnya pemerintah mereka lakukan terhadap Ukraina," ujar Mukka dalam sebuah pertanyaan, dikutip KompasTekno dari GamesRadar, Jumat (5/5/2023).

Nah, cara Helsingin Sanomat menyebar berita seputar konflik Rusia dan Ukraina ini melalui sebuah peta (map) CSGO yang baru dirilis pekan ini, yaitu map "de_vonya". 

Di dalam peta tersebut, ada sebuah ruangan rahasia yang digunakan oleh media ini untuk menempel beragam berita dan gambar-gambar seputar fakta apa yang dilakukan Rusia terhadap Ukraina, tentunya dengan bahasa Rusia. 

Ruangan ini sendiri tidak bisa diakses ketika pemain sedang "hidup" atau bermain di dalam game.

Ruangan ini hanya bisa diakses ketika pemain sudah mati dalam permainan dan berada dalam mode "Spectating Cam". 

Dalam mode ini, pemain bisa berjalan-jalan, bahkan "melayang" dan menembus tembok, untuk mengakses ruangan tersembunyi yang ada di dalam game.

Sehingga, pemain CSGO harus "berkorban" terlebih dahulu apabila ingin melihat informasi terkait perang Rusia dan Ukraina yang disajikan koran Helsingin Sanomat di dalam game tersebut.

Terkait de_vonya, peta ini, yang berasal dari kata "perang" (vonya) dari bahasa Rusia, menawarkan lingkungan perkotaan dan gedung-gedung yang hancur akibat peperangan yang sudah terjadi.

Seperti disebutkan di atas, peta ini sudah dirilis di game CSGO pekan ini, tepatnya pada Hari Kebebasan Pers Sedunia pada 3 Mei 2023 kemarin. 

Selain pemain asal Rusia, pemain CSGO dari wilayah lain juga bisa mencari, mengunduh, dan berperang di peta de_vonya. 

Mereka juga konon bisa mencari ruangan rahasia yang disiapkan Helsingin Sanomat di peta tadi, demi mengetahui informasi terbaru seputar konflik Rusia dan Ukraina dalam bahasa Rusia.

https://tekno.kompas.com/read/2023/05/07/18310087/game-counter-strike-dipakai-untuk-sebar-informasi-konflik-rusia-ukraina

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke