Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Riset: Hard Disk Biasanya Rusak Setelah 2 Tahun

Riset tersebut berkenaan dengan umur pemakaian HDD. Dalam riset tersebut, Backblaze meneliti lebih kurang 17.000 HDD yang rusak dan masih layak untuk dianalisis lebih lanjut. 

Menurut Backblaze, umur rata-rata belasan ribu HDD yang mereka teliti itu hanya berkisar 2 tahun 6 bulan. Artinya, sebuah HDD kemungkinan bakal rusak dan tidak bisa dipakai lagi ketika menyentuh umur pemakaian 3 tahun. 

Backblaze tidak menjelaskan apa faktor penyebab HDD hanya bisa bertahan sekitar 2 tahun. Namun yang jelas, kesimpulan di atas muncul setelah mereka melakukan sejumlah aspek pengujian terhadap belasan ribu HDD tadi.

Salah satu yang diuji adalah melihat berapa lama masing-masing HDD menyala dan beroperasi, tentunya sebelum mereka rusak dan tidak bisa dipakai lagi. 

Selain itu, Backblaze juga merekam dan mencatat data-data pendukung yang tersimpan dengan fitur SMART.

SMART (Self-Monitoring, Analysis and Reporting Technology) adalah sebuah fitur HDD yang bisa mencatat, menganalisis, sekaligus menafsirkan masalah yang timbul di HDD.

Dengan fitur ini, sebuah HDD akan membuat laporan terkait aktivitas atau anomali yang terjadi di HDD tersebut supaya nantinya pengguna atau periset bisa tahu tentang "kesehatan" HDD itu sendiri.

Tak lupa, Backblaze juga mencatat data pendukung lainnya yang ada di setiap HDD, seperti tanggal mereka rusak, model, nomor seri, kapasitas, hingga penyebab rusak itu sendiri, sebagaimana dirangkum KompasTekno dari SlashDot, Senin (8/5/2023).

Perlu dicatat bahwa riset Backblaze ini bukan berarti bahwa umur HDD hanya mentok di kisaran 2-3 tahun.

Sebab, Backblaze sendiri tidak memerinci pengujian apa saja yang telah dijalani 17.000 HDD tadi, sebelum mati dan tidak bisa dipakai lagi. 

Dengan kata lain, umur HDD yang dimiliki pengguna bisa saja bervariasi, dan bahkan bisa lebih dari 2-3 tahun, tergantung dari pemakaian pengguna itu sendiri. 

Riset Backblaze ini sejalan dengan riset dari perusahaan peneliti lain yang bernama Secure Data Recovery. 

Pada Maret lalu, perusahaan yang meneliti sekitar 2.000 HDD rusak tersebut menyimpulkan bahwa umur rata-rata HDD berkisar di 2 tahun dan 10 bulan, sedikit lebih lama dari riset Backblaze dengan 2 tahun 6 bulan.

https://tekno.kompas.com/read/2023/05/08/08040077/riset-hard-disk-biasanya-rusak-setelah-2-tahun

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke