Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Cara Mengatasi Kode QR WhatsApp Tidak Valid dengan Mudah

KOMPAS.com - Pengguna perlu mengetahui penyebab kode QR WhatsApp tidak valid. Sebab, dalam kondisi tertentu, kode QR yang terdapat pada WhatsApp atau yang biasa disingkat WA, bisa tidak berfungsi dan malah muncul tulisan “No Valid QR Code” usai dipindai.

Saat muncul tulisan “No Valid QR Code” sebagai pertanda kode QR WhatsApp tidak valid, pengguna akhirnya tidak akan bisa mengakses beberapa layanan. Lantas, kenapa kode QR WA tidak valid bisa terjadi?

Bila tengah mengalami masalah serupa, berikut penjelasan mengenai penyebab kode QR WA tidak valid bisa terjadi. .

Penyebab kode QR WA tidak valid

Sebelum mengetahui penyebabnya, untuk dipahami terlebih dahulu, WhatsApp secara umum memiliki dua jenis kode QR yang bisa dipindai untuk mengakses dua layanan atau fitur yang berbeda.

Pertama, kode QR pada WhatsApp versi web (WhatsApp Web), yang mungkin sudah cukup banyak diketahui oleh pengguna. Kode QR WhatsApp Web bisa dipindai lewat aplikasi WhatsApp untuk menautkan akun pengguna ke perangkat lain via browser.

Kedua, kode QR pada profil akun WA. Kode QR ini berbeda fungsi dengan kode QR WhatsApp Web. Kode QR profil akun WA bukan untuk menautkan akun ke perangkat lain, melainkan untuk menambahkan kontak.

Dengan kode QR profil akun WA, pengguna bisa menambahkan kontak pengguna lain tanpa perlu memasukkan nomor teleponnya secara manual. Kode QR profil akun WA cukup dipindai dan pilihan menyimpan kontak secara otomatis bakal muncul.

Itulah dua jenis kode QR WA. Masalah kode QR WA tidak valid bisa terjadi lantaran terdapat kesalahan dalam memperlakukan dan mengoperasikan kedua jenis kode QR WA itu.

1. Salah memindai kode QR WA

Penyebab kode QR WA tidak valid yang pertama adalah terdapat kesalahan dalam memindainya. Kode QR harus dipindai sesuai fungsinya. Jika hendak menambahkan kontak maka yang dipindai harus jenis kode QR profil akun.

Bila hendak login di WhatsApp Web maka yang dipindai harus kode QR WhatsApp Web. Seandainya salah memindai, misal ingin menambahkan kontak tetapi yang dipindai adalah kode QR WhatsApp Web, maka bakal muncul pesan seperti gambar di bawah ini.

Kemudian, peringatan “kode QR tidak valid” bisa muncul pula jika pengguna hendak login akun di WhatsApp Web tetapi yang dipindai adalah kode QR profil akun, sebagaimana tertera pada gambar di bawah ini.

2. Kode QR WA telah usang

Kode QR profil akun untuk menambahkan kontak bisa dibagikan ke pengguna lain. Kode QR itu pun dapat diperbarui secara manual. Jika kode QR profil akun diperbarui maka yang lama bakal tidak bisa dipindai lagi alias tidak valid.

Contoh masalah kode QR WA tidak valid akibat memindai kode QR profil akun yang telah usang bisa dilihat lewat gambar di bawah ini.

Demikianlah penyebab kode QR WA tidak valid. Setelah mengetahui penyebabnya, lantas bagaimana cara mengatasi kode QR WhatsApp tidak valid? Untuk lebih lengkapnya, berikut adalah penjelasan cara mengatasi

Cara mengatasi kode QR WhatsApp tidak valid

1. Pastikan memindai kode QR WhatsApp sesuai fungsinya

Cara mengatasi kode QR Whatsapp tidak valid yang pertama adalah memastikan telah melakukan pemindaian sesuai fungsinya. Sebagaimana dijelaskan di atas, kode QR WhatsApp tidak valid terjadi karena pengguna memindai tidak sesuai fungsinya.

Bila hendak menambahkan kontak, pengguna harus memindai kode QR profil akun lewat kamera pemindaian yang terdapat di menu “profil”.

Sementara itu, jika hendak login akun WA di perangkat lain via browser, pengguna harus memindai kode QR WhatsApp Web dengan kamera pemindaian yang terdapat di menu “perangkat tertaut”.

2. Pastikan memindai kode QR WA yang terbaru

Bila ingin menambahkan kontak dan tidak mengalami masalah kode QR tidak valid seperti gambar di atas, pastikan memindai kode QR profil akun WA terbaru dengan menggunakan kamera pemindaian yang terdapat di menu “profil”.

Demikianlah penjelasan mengenai cara mengatasi kode QR WhatsApp tidak valid dengan mudah, semoga bermanfaat.

https://tekno.kompas.com/read/2023/05/08/11300017/cara-mengatasi-kode-qr-whatsapp-tidak-valid-dengan-mudah

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke