Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

[POPULER TEKNO] Tablet Xiaomi Pad 6 Segera Masuk Indonesia | Berapa Rata-rata Usia Hard Disk?

Rumor peluncuran tablet Xiapmi Pad 6 di Indonesia ini menjadi salah satu berita teknologi terpopuler di kanal KompasTekno.

Selain tablet baru Xiaomi, berita teknologi populer lain datang dari sebuah riset yang dirilis oleh Backblaze, perusahaan cloud storage yang kerap menganalisis pemakaian media penyimpanan hard disk drive (HDD) dan solid state drive (SDD).

Menurut Backblaze, umur rata-rata HDD yang mereka riset hanya berkisar 2 tahun 6 bulan.
Selain dua topik di atas, kabar lain yang juga cukup banyak dibaca adalah peluncuran ponsel mid-range Samsung Galaxy A24, protes karyawan Google terhadap bos mereka, serta tips WhatsApp.

Berikut rangkuman berita teknologi popule di KompasTekno.

Xiaomi Pad 6 segera masuk Indonesia

Nomor model yang diduga tablet Xiaomi Pad 6 muncul di laman sertifikasi Postel Kominfo. Menurut laman Postel Kominfo, nomor model 23043RP34G memiliki keterangan sebagai "Tablet Komputer" di kolom "Nama Perangkat".

Berdasarkan penelusuran KompasTekno, Minggu (7/5/2023), nomor model itu merujuk pada Xiaomi Pad 6 yang sudah dirilis April lalu di China.

Secara rinci, nomor model 23043RP34G merujuk pada Xiaomi Pad 6 versi global. Dengan kata lain, ada kemungkinan bahwa Xiaomi Pad 6 yang bakal rilis di Indonesia merupakan versi global, bukan versi China (23043RP34C).

Kendati demikian, Xiaomi Indonesia belum mengumumkan jadwal peluncuran Xiaomi Pad 6 di Tanah Air. Kira-kira, bagaimana spesifikasi Xiaomi Pad 6?

Simak bocoran spesifikasinya di artikel "Tablet Xiaomi Pad 6 Segera Rilis di Indonesia, Ini Spesifikasinya".

Riset: hard disk biasanya rusak setelah 2 tahun

Perusahaan cloud storage Backblaze mengalisis sekitar 17.000 HDD yang rusak dan masih layak. Hasilnya, Backblaze menyimpulkan bahwa umur rata-rata HDD yang mereka teliti berkisar 2 tahun 6 bulan saja.

Artinya, sebuah HDD kemungkinan bakal rusak dan tidak bisa dipakai lagi ketika menyentuh umur pemakaian 3 tahun. Backblaze tidak menjelaskan apa faktor penyebab HDD hanya bisa bertahan sekitar 2 tahun.

Namun yang jelas, kesimpulan di atas muncul setelah mereka melakukan sejumlah aspek pengujian terhadap belasan ribu HDD tadi. Salah satu yang diuji adalah melihat berapa lama masing-masing HDD menyala dan beroperasi, tentunya sebelum mereka rusak dan tidak bisa dipakai lagi.

Hasil temuan Backblaze selengkapnya bisa disimak di artikel "Riset: Hard Disk Biasanya Rusak Setelah 2 Tahun".

Samsung Galaxy A24 resmi di Indonesia

Ponsel mid-range Samsung Galaxy A24 resmi dirilis di Indonesia. Ponsel ini merupakan penerus dari Galaxy A23 yang membawa sejumlah peningkatan dibanding pendahulunya.

Samsung Galaxy A24 ini memiliki desain punggung yang sama persis seperti saudara Galaxy AX4 series lainnya. Misalnya, kamera belakang ponsel yang seakan "tertanam" langsung di permukaan cangkang perangkat.

Selain itu, desain bingkai (frame) ponsel ini yang mengadopsi bentuk rata (flat), begitu juga bentuk keempat sudutnya yang melengkung (curved), juga tampak mirip dengan Galaxy S23 Series. Nah, desain, spesifikasi, dan harga Samsung A24 bisa disimak selengkapnya di artikel "Samsung Galaxy A24: Spesifikasi dan Harga di Indonesia".

Bos dapat gaji besar, karyawan Google protes

Beberapa waktu lalu, Google menjadi salah satu perusahaan teknologi besar yang melakukan pemutusan hubungan kerja (PHK) massal. Ada sekitar 12.000 karyawan terdampak PHK ini.

Akan tetapi, di tengah gelombang PHK massal, CEO Google sekaligus Alphabet, Sundar Pichai justru dikabarkan mendapat gaji yang besar. Hal ini lantas memicu protes dari karyawan Google.

Mereka memenuhi obrolan di aplikasi percakapan internal dengan meme yang mengecam Pichai karena ia mengambil gaji di tengah krisis perusahaan. Di antara meme yang paling populer di platform itu yakni meme yang mengutip pernyataan Kepala Keuangan Google, Ruth Porat.

Pada bulan lalu Porat menuliskan bahwa perusahaan melakukan pemotongan untuk layanan karyawan.

Beberapa di antara potongan tersebut meliputi laptop karyawan hingga kelas kebugaran. Pernyataan itu kemudian menjadi bahan meme dengan deskripsi "Penghematan biaya Ruth berlaku untuk semua orang, kecuali VPS dan CEO kami yang sudah bekerja keras."

Protes karyawan Google lainnya bisa disimak di artikel "Karyawan Google Protes Sundar Pichai Dapat Gaji Besar di Tengah Gelombang PHK".

Cara mengecek lokasi pasangan via WhatsApp

Salah satu fitur WhatsApp yang cukup berguna adalah fitur Share Live Location atau "Bagikan Lokasi Terkini". Fitur itu dapat dipakai buat melacak lokasi terkini dari orang-orang terdekat kita, termasuk pasangan.

Dalam kondisi tertentu, lokasi terkini pasangan bisa jadi menjadi sebuah informasi yang perlu diketahui. Kondisi itu, misal, saat pasangan sedang berpergian. Dengan mengetahui lokasi terkini, kita bisa melihat apakah pasangan sudah sampai tujuan atau belum.

Fitur Share Live Location WhatsApp dapat mengakomodasi kebutuhan atas informasi lokasi terkini tersebut. Lewat Share Live Location WhatsApp, pengguna bisa mengirim informasi lokasi terkini ke pengguna lain.

Cara melacak lokasi pasangan dengan fitur Share Live Location di WhatsApp bisa disimak di artikel "Cara Melacak Lokasi Pasangan via WhatsApp dengan Mudah".

https://tekno.kompas.com/read/2023/05/09/07000087/-populer-tekno-tablet-xiaomi-pad-6-segera-masuk-indonesia-berapa-rata-rata-usia

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke