Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Sinyal 3G Telkomsel di DKI Jakarta dan Jawa Barat Mulai Dimatikan Bulan Ini

KOMPAS.com - Migrasi jaringan 3G ke 4G Telkomsel memasuki tahap akhir. Pada Mei ini, Telkomsel akan meningkatkan jaringan 3G ke 4G di 31 kota/kabupaten, antara lain di Sumatera Utara, Jabodetabek, Jawa Barat, Bali, dan Nusa Tenggara.

Secara khusus DKI Jakarta dan Jawa Barat akan menjadi fokus Telkomsel untuk menyuntik mati 3G pada tahap akhir, karena wilayah tersebut dinilai memiliki tingkat adopsi gaya hidup digital yang cukup tinggi.

Proses migrasi 3G ke 4G sendiri sudah dilakukan Telkomsel sejak Maret 2022. Sejauh ini, sudah ada 473 kota/kabupaten yang migrasi jaringan 3G ke 4G Telkomsel.

Adapun ke-31 kota/kabupaten yang terlibat dalam tahap akhir ini, akan melengkapi 473 kota/kabupaten tersebut. Jadi, total kota/kabupaten yang mendapat peningkatan jaringan 3G ke 4G Tekomsel adalah sebanyak 504 kota/kabupaten, tersebar di seluruh Indonesia.

"Sejak tahap awal program peningkatan jaringan 3G ke 4G/LTE hingga memasuki tahap terakhir ini, Telkomsel memastikan untuk tetap menjaga kenyamanan seluruh pelanggan dalam mengakses jaringan broadband terdepan selama rangkaian proses berlangsung," kata Nugroho, Direktur Network Telkomsel dalam keterangan resmi yang diterima KompasTekno, Selasa (9/5/2023).

"Kami optimis, proses upgrade layanan jaringan tersebut akan semakin mengakselerasikan pertumbuhan ekonomi digital nasional," imbuhnya.

Proses suntik mati jaringan 3G Telkomsel secara nasional sebenarnya dijadwalkan rampung akhir 2022 kemarin.

Namun, jadwal tersebut sempat diundur hingga paling lambat akhir 2023, karena Telkomsel menganggap masih banyak pengguna yang belum beralih ke 4G atau memiliki perangkat 4G.

Terbaru Vice President Global Network Operations Telkomsel, Galumbang Pasaribu pada Maret lalu berkata bahwa suntik mati 3G Telkomsel kemungkinan selesai lebih cepat, yaitu per Mei 2023.

Migrasi uSIM 4G Telkomsel naik 38 persen

Seiring dengan meningkatnya jaringan 3G ke 4G, Telkomsel juga mendapati peningkatan jumlah pelanggan yang migrasi ke uSIM 4G.

Jumlah pelanggan yang migrasi ke uSIM 4G Telkomsel sebesar 38 persen (YoY). Hal ini turut mendorong pertumbuhan trafik payload 4G sebesar 15 persen (YoY).

Dengan beralih ke uSIM 4G, pelanggan akan merasakan pengalaman panggilan suara berkualitas HD sambil mengakses internet baik itu browsing, bermain game, video streaming, secara bersamaan menggunakan layanan VoLTE (Voice over LTE) Telkomsel.

Bila Anda termasuk pengguna Telkomsel dan ingin upgrade ke uSIM 4G, terdapat banyak cara yang bisa Anda lakukan baik online maupun offline melalui gerai GraPARI. Ulasan lengkapnya bisa Anda simak pada artikel "Tidak Perlu ke GraPARI, Ini Cara Ganti Kartu 3G ke 4G Telkomsel Secara Online".

https://tekno.kompas.com/read/2023/05/09/16400087/sinyal-3g-telkomsel-di-dki-jakarta-dan-jawa-barat-mulai-dimatikan-bulan-ini

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke