Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Oppo Find N2 Flip Resmi, Ponsel Lipat Pertama Oppo di Indonesia

JAKARTA, KOMPAS.com - Pasar ponsel lipat (foldable phone) Indonesia akhirnya kedatangan pemain baru. Sebab, Oppo resmi meluncurkan perangkat terbarunya yang bernama Oppo Find N2 Flip pada sebuah di Cinema XXI Plaza Indonesia, Jakarta Pusat, Rabu (10/5/2023) malam.

Sebelumnya, Oppo sudah meluncurkan ponsel lipat Oppo Find N dan Find N2, begitu juga Find N2 Flip lebih dulu di pasar China.

Chief Marketing Officer Oppo Indonesia, Patrick Owen menjelaskan mengapa Find N2 Flip dipilih sebagai ponsel layar lipat pertama yang dibawa ke Indonesia.

"Kehadiran Oppo Find N2 Flip mengawali era baru bagi Oppo di Indonesia, dan kami sangat antusias bisa menetapkan standar baru untuk ponsel lipat di Indonesia," jelas Patrick kepada awak media.

"Bagi kami ponsel lipat haruslah unggul di empat hal, yaitu desain intuitif dan mudah digunakan, layar yang minim lekukan, daya tahan kuat dan baterai besar, dan semua ini terjawab oleh Find N2 Flip," tambah Patrick.

Secara bentukan atau form factor, smartphone ini mengusung model lipatan layar ala kulit kerang alias clamshell. Dengan begitu, Oppo Find N2 Flip bisa dibilang merupakan satu-satunya kompetitor langsung Galaxy Z Flip 4 dari Samsung. 

Dibandingkan kompetitornya, Oppo Find N2 Flip dibekali dengan sejumlah kelebihan. Salah satu yang mencolok adalah layar sekunder yang terletak di bagian punggung perangkat, atau bisa disebut Cover Screen, dengan ukuran yang lebih besar. 

Cover Screen ponsel lipat terbaru Oppo ini mengusung panel AMOLED dengan ukuran 3,26 inci, lebih besar dari Cover Screen ponsel lipat Samsung yang memiliki ukuran 1,9 inci. 

Selain lebih luas, Cover Screen ponsel lipat Oppo juga mengadopsi orientasi portrait, alih-alih landscape. Sehingga, layar mungil Oppo Find N2 Flip bisa menampilkan lebih banyak konten dari Galaxy Z Flip 4 ketika dalam kondisi atau mode dilipat. 

Oppo juga menyebut Cover Screen di ponsel lipat terbarunya itu bisa digunakan untuk berbagai hal seperti melakukan swafoto menggunakan kamera belakang, membalas pesan WhatsApp, memainkan lagu dari Spotify, dan masih banyak lagi. 

Masih soal layar, Oppo Find N2 Flip mengusung layar utama (Main Screen) Ultra Thin Glass yang memiliki jenis panel LTPO AMOLED dengan ukuran 6,8 inci, resolusi Full HD Plus, refresh rate 120 Hz, dan tingkat kecerahan mencapai 1.600 nits. 

Oppo mengeklaim layar utama ponsel terbarunya ini memiliki bekas lipatan yang lebih samar dibandingkan ponsel lipat kompetitor. Menurut Oppo, hal ini dimungkinkan berkat konstruksi engsel (hinge) baru yang mengadopsi bentuk mirip tetesan air (waterdrop). 

Di samping bisa menyamarkan bekas lipatan atau crease, engsel seperti ini juga diklaim dapat memperkuat struktur lipatan Oppo Find N2 Flip secara keseluruhan, serta meminimalisir celah yang ada di layar utama dekat engsel ketika sedang dilipat.

Pada aspek ketahanan, Oppo mengeklaim desain hinge terbarunya juga memungkinkan ponsel lipat terbarunya ini bisa dibuka tutup atau dilipat sebanyak 400.000 kali, atau 10 tahun jika pengguna melakukan aksi buka tutup sebanyak 100 kali dalam sehari. 

Selain layarnya yang diklaim mumpuni, Oppo Find N2 Flip juga dibekali dengan fitur fotografi yang disebut tak kalah apik. 

Ponsel lipat ini dibekali dengan dua kamera belakang yang disusun secara vertikal di sebelah kiri Cover Screen, serta satu kamera depan yang dimuat dalam sebuah modul punch hole. 

Kedua kamera belakang di ponsel ini masing-masing memiliki resolusi 50 MP (f/1.8, Sony IMX890) dan 8 MP (f/2.2, Sony IMX355, ultrawide), sementara kamera depan ponsel ini memiliki resolusi 32 MP (f/2.4, Sony IMX709).  

Untuk meningkatkan pengalaman fotografi dan kualitas foto, deretan kamera Oppo Find N2 Flip turut dipadukan dengan chip AI alias NPU MariSilicon X dan teknologi lensa kamera Hasselblad. 

Kehadiran MariSilicon X membuat kamera ponsel lipat ini bisa digunakan untuk meningkatkan kualitas foto di kondisi minim cahaya, serta merekam 4K Ultra Night Video dan 4K Ultra HDR Video dengan kualitas jernih. 

Sementara teknologi Hasselblad memungkinkan software kamera Oppo Find N2 Flip hadir dengan beberapa fitur tambahan ala pabrikan kamera Hasselblad, salah satunya adalah Hasselblad Professional Mode untuk mode manual ala kamera DSLR. 

Beralih ke sektor performa, Oppo Find N2 Flip ditenagai dengan chipset Mediatek Dimensity 9000 Plus (3,2 GHz), yang dipadukan dengan RAM LPDDR5 8 GB dan media penyimpanan (storage) UFS 3.1 dengan kapasitas 256 GB.

Ponsel lipat ini ditopang dengan baterai yang cukup besar di kelasnya, yaitu dengan kapasitas 4.300 mAh, dengan dukungan kecepatan pengisian SuperVOOC 44W. 

Dengan baterai sebesar ini, Oppo mengeklaim ponsel terbarunya itu kuat hingga 20 jam untuk memutar video Youtube, 16 jam untuk menjelajah media sosial, dan 6 jam untuk melakukan panggilan video WhatsApp. 

Ketika dayanya habis, teknologi SuperVOOC 44W tadi diklaim dapat mengisi daya Oppo Find N2 Flip sebanyak 50 persen dalam waktu sekitar 23 menit, serta 100 persen dalam waktu satu jam. 

"Oppo Find N2 Flip merupakan ponsel lipat yang punya baterai kapasitas terbesar di pasar Indonesia yang kuat menemani pengguna seharian," jelas Head of Public Relations Oppo Indonesia, Baskoro Adiwiyono dalam kesempatan yang sama.

Fitur pendukung lain yang ada di Oppo Find N2 Flip mencakup sistem operasi (OS) Android 13 yang dipoles dengan tampilan antarmuka (UI) ColorOS 13, Dual Speaker Dolby Atmos, Side-Mounted Fingerprint Scanner, 5G, NFC, dan masih banyak lagi. 

Oppo Find N2 Flip memiliki dimensi 166,2 x 75,2 x 7,45 mm ketika dibentangkan, dimensi 85,5 x 75,2 x 16 mm ketika dilipat, dan bobot mencapai 191 gram.

Di Indonesia, ponsel tersebut hadir dengan dua varian warna, yaitu Astral Black (hitam) dan Moonlit Purple (ungu violet), dan dijual dengan harga Rp 14.999.000.

Ponsel ini sudah dapat dibeli secara offline di Oppo Store, Oppo Brand Store, dan seluruh toko rekanan resmi Oppo di Indonesia, sedangkan untuk pemesanan secara online dapat melalui website dan aplikasi Oppo Online Store dan juga beberapa mitra e-commerce Oppo di Indonesia.

Di dalam paket penjualan, pembeli Oppo Find N2 Flip akan mendapatkan keuntungan ekstra senilai Rp 4.550.000 berupa Oppo Premium Services, termasuk layanan Oppo Care Plus selama satu tahun.

Oppo Care Plus memungkinkan konsumen mendapatkan benefit asuransi kerusakan atau asuransi garansi penggantian unit baru selama satu tahun, serta gratis dua kali penggantian anti gores original UV/AR setiap tahun.

Konsumen juga bisa menikmati cashback cicilan kartu kredit mitra bank hingga Rp 1.000.000, serta berbagai keuntungan tambahan senilai hingga Rp 8.500.000 bagi pengguna setia aplikasi My Oppo.

https://tekno.kompas.com/read/2023/05/10/19290037/oppo-find-n2-flip-resmi-ponsel-lipat-pertama-oppo-di-indonesia

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke