Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Aplikasi WhatsApp Resmi Dukung WearOS, Kirim Chat Bisa lewat Smartwatch

Dalam acara tersebut, Google mengumumkan bahwa aplikasi pesan instan WhatsApp resmi mendukung sistem operasi (OS) khusus smartwatch buatan Google, WearOS. Artinya, WhatsApp bisa diakses langsung lewat smartwatch yang menjalankan WearOS.

“Tetap terkoneksi akan menjadi lebih mudah dengan WhatsApp di (sistem operasi) #WearOS yang akan hadir pada musim panas ini (sekitar Juni-September),” ungkap Google melalui sebuah twit di Twitter dengan handle @WearOSbyGoogle, Kamis (11/5/2023).

Di twit yang sama, Google menjelaskan bahwa aplikasi WhatsApp di perangkat WearOS memungkinkan pengguna membuat pesan baru, membalas pesan menggunakan suara, hingga melakukan panggilan.

“Anda dapat memulai percakapan, membalas menggunakan suara, dan melakukan panggilan. Semua itu dilakukan tanpa perlu mengeluarkan ponsel Anda #GoogleIO,” tambah Google.

Mengingat layar smartwatch pada umumnya cukup kecil dibanding smartphone, chat yang dimunculkan juga terbatas. Ruang obrolan di WhatsApp versi WearOS hanya dapat menampilkan satu gelembung pesan (bubble chat) saja.

WhatsApp menawarkan dua opsi untuk membalas pesan, yakni menggunakan pesan suara atau teks dengan mengetik di papan ketik (keyboard). Pengguna bisa langsung mengeklik ikon mikrofon, jika memilih membalas dengan suara, dan sistem akan otomatis merekam suara.

Kendati begitu, Google tidak menampilkan demonstrasi cara membalas pesan menggunakan keyboard sehingga belum diketahui bagaimana tampilan dan penggunaan fiturnya.

Kehadiran aplikasi WhatsApp di smartwatch WearOS ini juga dikonfirmasi langsung oleh CEO Meta, Mark Zuckerberg lewat channel Meta di Instagram.

Zuck, panggilan akrab Zuckerberg, mengatakan bahwa smartwatch WearOS pertama yang dilengkapi dengan aplikasi WhatsApp akan hadir tahun ini.

"Diumumkan di acara Google I/O, kami akan menghadirkan aplikasi WhatsApp di smartwatch untuk pertama kalinya tahun ini. Anda bisa memulai percakapan baru, membalas chat, dan melakukan panggilan lewat pergelangan tangan," kata Zuck.

https://tekno.kompas.com/read/2023/05/11/14300067/aplikasi-whatsapp-resmi-dukung-wearos-kirim-chat-bisa-lewat-smartwatch

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke