Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Deretan Gadget dan Teknologi Baru yang Diumumkan di Google I/O 2023

KOMPAS.com - Konferensi pengembang tahunan Google I/O 2023 resmi digelar pada 10 Mei 2023 di Amerika Serikat. Dalam ajang ini, Google mengumumkan rangkaian produk baru meliputi gadget, sistem operasi, hingga layanan digital lain yang kian canggih berkat kecerdasan buatan (AI).

Salah satu produk yang menarik perhatian yaitu Google Pixel Fold, smartphone lipat pertama Google. Sesuai rumor yang beredar, Google juga mengumumkan Pixel 7a, suksesor dari Pixel 6a yang rilis tahun lalu.

Selain dua ponsel itu, produk lainnya yang rilis di Google I/O 2023 antara lain update informasi seputar Android 14, Pixel Tablet, dan pembaruan Bard AI. Berikut rinciannya.

Produk yang diumumkan di Google I/O 2023

  • Google Pixel Fold

Google Pixel Fold akhirnya diumumkan di Google I/O 2023. Smartphone lipat pertama Google ini tampil dengan gaya lipat seperti Galaxy Z Fold.

Adapun spesifikasi Google Pixel Fold meliputi chipset Tensor G2, layar utama 7,6 inci dan layar luar 5,8 inci, tiga kamera belakang dengan kamera utama 48 MP hingga sistem operasi Android 13.

Ponsel ini dibanderol harga 1.799 dollar AS atau setara Rp 26,4 juta. Spesifikasi Pixel Fold selengkapnya bisa disimak di artikel "Pixel Fold Resmi Meluncur, Ponsel Lipat Pertama Buatan Google".

  • Pixel 7a

Selain Pixel Fold, smartphone lain yang dirilis dalam Google I/O 2023 yaitu Pixel 7a. Smartphone ini merupakan suksesor dari Pixel 6a yang rilis tahun lalu.

Seperti Pixel Fold, Pixel 7a juga ditenagai oleh chipset Tensor G2. Adapun tampilannya dilengkapi layar AMOLED 6,1 inci, refresh rate 90 Hz dan dilapisi pelindung layar Gorilla Glass 3.

Ponsel ini juga dibekali kamera belakang ganda, masing-masing resolusinya 64 MP dan 13 MP. Ada pula kamera depan untuk berswafoto, dengan resolusi 13 MP.

Adapun harga Pixel 7a dibanderol 500 dollar AS atau setara Rp 7,3 juta. Spesifikasi Pixel 7a bisa disimak di artikel "Google Pixel 7a Meluncur dengan Chipset Tensor G2 dan Kamera 64 MP".

  • Pixel Tablet

Selain dua ponsel anyar, Google juga meluncurkan tablet pertamanya bermerek Pixel. Perangkat ini hadir dengan layar 11 inci dan sistem operasi Android 13.

Yang membuatnya unik dibanding tablet pada umumnya yaitu adanya dukungan dock pengisi ulang baterai. Ketika dipasangkan pada dock tersebut, perangkat ini berfungsi seperti hub atau layar pintar yang bisa dipakai pengguna untuk mengendalikan aneka perangkat pintar yang terpasang di rumah.

Selain itu, perangkat ini juga didukung Chromecast bawaan, sehingga pengguna bisa dengan mudah berbagi konten ke Pixel Tablet ketika dalam mode hub. Spesifikasi Pixel tablet bisa disimak selengkapnya di artikel "Pixel Tablet Resmi, Tablet Pertama Google dengan Charging Speaker Dock Bawaan".

  • Kecerdasan buatan (AI)

Selama acara Google I/O 2023, Google mengumumkan sejumlah upayanya dalam menerapkan AI ke anek produk perusahaan. Salah satunya yaitu fitur Duet-AI untuk aplikasi Workspace.

Dengan fitur ini, pengguna bisa menyusun konten menjadi lebih mudah, menyusun rencana hingga membuat gambar menggunakan kata-kata.

Masih terkait dengan AI, Google menghapus daftar tunggu layanan Bard AI. Dengan begitu, semua pengguna bisa mencoba chatbot pesaing ChatGPT tersebut.

  • Google Search

Google melakukan eksperimen untuk layanan pencarian Google Search. Mesin pencari ini diperkuat dengan kecerdasan buatan generatif sehingga memungkinkannya memahami pertanyaan yang lebih panjang.

Selain itu, Google Search juga akan mampu memberikan cuplikan informasi penting yang mudah dibaca sehingga pengguna tidak perlu berlama-lama menggulir hasil pencarian terus menerus demi mendapat jawaban yang tepat.

Fitur berbasis AI ini masih dalam tahap eksperimen. Namun pengguna yang tertarik mencobanya bisa mendaftar melalui Search Lab yang ada di aplikasi Google Search.

  • Android 14 dan Wear OS 4

Android 14 sudah tersedia dalam versi beta. Nah, di Google I/O 2023, Google mengumumkan aneka fitur yang akan melengkapi sistem operasinya itu.

Beberapa di antaranya yaitu fitur kustomisasi untuk layar kunci ponsel maupun wallapaper, hingga fitur Ultra HDR untuk menunjang fotografi kamera ponsel.

Dalam kesempatan yang sama Google juga mengumumkan pembaruan sistem operasi (OS) untuk smartwatch, yakni Wear OS 4. Wear OS 4 bakal dilengkapi fitur baru meliputi masa pakai baterai yang lebih baik, aksesibilitas yang ditingkatkan hingga tampilan jam yang lebih menarik.

Wear OS 4 juga mendapat fitur backup dan restore serta penambahan aplikasi termasuk aplikasi Gmail dan Calendar. Selain itu, aplikasi WhatsApp juga diumumkan bakal mendukung smartwatch yang menjalankan WearOS.

  • Google Home

Google merombak aplikasi Google Home. Menurut Google, tampilan aplikasi Google Home dipoles menjadi lebih menarik, dapat dikelola dengan mudah dan lebih berguna.

Contohnya pengguna bisa mendapati tombol kontrol yang paling sering dipakai, di tampilan utama aplikasi. Dengan begitu, pengguna tak perlu lagi waktu lama untuk menemukan tombol yang sering digunakan.

  • Magic Editor

Google Photos juga kebagian pembaruan dengan hadirnya fitur Magic Editor. Seperti namanya, fitur ini bak sulap yang mampu menghapus objek tertentu dari sebuah foto.

Tak hanya mampu menghapus objek, Magic Editor juga bisa dipakai untuk membuat objek tertentu menjadi lebih cerah atau bahkan memindahkan satu objek ke posisi lain.

Sayangnya fitur ini baru akan hadir di ponsel Pixel tertentu saja pada akhir tahun ini. Belum diketahui apakah Magic Editor juga akan rilis untuk ponsel Android lainnya atau tidak.

  • Find My Device

Fitur Find My Device mendapat peningkatan. Google meningkatkan kemampuan Find My Device agar bisa menemukan perangkat pengguna meskipun dalam keadaan offline atau tidak mendukung layanan lokasi.

Dalam praktiknya, fitur ini memanfaatkan Bluetooth dan perangkat Android lain untuk membantu pengguna menemukan benda miliknya.

"Find My Device yang baru akan memanfaatkan lebih dari satu miliar perangkat Android di seluruh dunia untuk membantu Anda menemukan barang-barang Anda yang hilang seperti headphone, alat pelacak, atau bahkan ponsel melalui Bluetooth," kata Google dikutip KompasTekno dari Android Central, Jumat (12/5/2023).

Selain itu, Google juga akan mengaktifkan fitur yang akan memperingatkan pengguna bila ada pelacak asing yang mengikuti mereka.

https://tekno.kompas.com/read/2023/05/12/09290017/deretan-gadget-dan-teknologi-baru-yang-diumumkan-di-google-i-o-2023

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke