Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

The Legend of Zelda: Tears of the Kingdom Dapat Ulasan "Nyaris Sempurna"

"The Legend of Zelda: Tears of the Kingdom" ini memang sangat dinanti oleh gamers. Sebab, seri sebelumnya yakni The Legend of Zelda: Breath of the Wild mendapat ulasan yang positif sehingga para gamers menantikan penerus dari game tersebut.

Dengan total 62 buah ulasan dari berbagai media game, The Legend of Zelda: Tears of the Kingdom mendapat skor rata-rata 97,223 di OpenCritic.

The Legend of Zelda: Tears of the Kingdom juga memuncaki daftar game terbaik sepanjang masa versi OpenCritic.

Tepat di bawahnya, ada "Super Mario Odyssey" dengan skor 96,81. Di posisi ketiga "The Legend of Zelda: Breath of the Wild" dengan skor 95,9.

Daftar ini bisa dikatakan menarik karena tiga game dengan skor tertinggi diterbitkan oleh Nintendo. Dan juga, dua di antaranya merupakan bagian dari seri "The Legend of Zelda".

Penilaian nyaris sempurna dari media game

Beralih ke situs ulasan game bertajuk Metacritic, The Legend of Zelda: Tears of the Kingdom  juga mendapat skor tertinggi dengan angka rata-rata 97.

Posisi ini diperoleh setelah menjatuhkan "Metroid Prime Remastered" terbitan Nintendo dengan skor 94.

Lantas, apa faktor yang membuat "The Legend of Zelda: Tears of the Kingdom" banjir pujian?

Menilik sejumlah ulasan dari media game kenamaan, media IGN (skor 10/10) menyebutkan bahwa "Tears of the Kingdom" merupakan sekuel yang membuat "Breath of the Wild" terasa seperti sebuah draf yang belum selesai digarap.

Sebagai referensi, IGN juga memberikan skor 10/10 untuk "Breath of the Wild".

Sebutan "draf" ini muncul karena "Tears of the Kingdom" menawarkan dunia terbuka (open world) yang lebih ambisius, kaya, dan kreatif ketimbang prekuelnya.

Dunia yang penuh misteri ini sangat cocok bagi pemain yang senang menghabiskan waktunya untuk bereksplorasi.

Kemudian, situs game VGC (skor 5/5) menobatkan The Legend of Zelda: Tears of the Kingdom sebagai salah satu game terbaik di konsol Nintendo Switch.

Menurut VGC, game ini menawarkan pengalaman sandbox yang fenomenal, karena mereka mampu melakukan banyak eksperimen lewat item yang ada.

Saat ini, mereka sudah menghabiskan 80 jam dalam memainkan The Legend of Zelda: Tears of the Kingdomdan secepatnya ingin kembali menjelajahi dunia Hyrule.

Beralih ke media game ternama, GameSpot, The Legend of Zelda: Tears of the Kingdom mendapat skor 10/10.

Gamespot menyebut bagian yang paling keren adalah cara game tersebut "meminjam" berbagai aspek terbaik dari game sebelumnya dan "menyulapnya" menjadi sesuatu yang lebih baik.

Lagi-lagi, sektor sandbox dan eksplorasi di Hyrule menjadi poin yang dipuji dikarenakan banyaknya item baru untuk kebutuhan eksperimen.

Hal ini juga merupakan poin penting yang dibahas oleh situs Game Informer yang memberi The Legend of Zelda: Tears of the Kingdom skor 9,75/10.

Menurut Game Informer, deretan item dan kemampuan (skill) baru ini memungkinkan setiap pemain untuk menyelesaikan suatu puzzle dengan cara yang berbeda.

Terakhir, ada situs pengulas Screen Rant yang memberi skor 5/5. Situs ini mengatakan bahwa The Legend of Zelda: Tears of the Kingdom merupakan sebuah pencapaian monumental dan akan dibicarakan selama beberapa tahun ke depan.

Kombinasi alur cerita yang lebih kohesif dengan sistem gameplay yang ambisius membuat game ini mendapatkan skor "Masterpiece" alias mahakarya, sebagaimana dicatat KompasTekno dari Screen Rant, Jumat (12/5/2023).

Seperti pendahulunya, "Tears of the Kingdom" mengusung genre petualangan dan aksi dengan sistem dunia terbuka alias open world. Sehingga, pemain dapat menjelajahi dunia Hyrule, mulai dari padang rumput hingga pulau-pulau yang mengapung.

Nantinya, pemain bakal menyelesaikan puzzle yang tersebar di Hyrule sambil bertempur melawan musuh seperti monster Bokoblin dan Moblin.

Nintendo tidak banyak membahas segi cerita dari "Tears of the Kingdom". Akan tetapi, cuplikan video (trailer) yang ada menunjukkan bahwa tokoh utama dari game ini, yakni Link akan berusaha untuk menyelamatkan Hyrule dari serangan monster.

Ganondorf yang sepanjang seri Zelda menjadi musuh bebuyutan Link juga tampak "bangkit dari kubur" sehingga sosok tersebut berpotensi kembali menjadi antagonis utama di game terbaru ini.

Entri terbaru dari seri yang akrab dipanggil "Zelda" ini akan dirilis di konsol Nintendo Switch pada 12 Mei hari ini. Kendati demikian, Nintendo tidak merincikan waktu spesifik untuk peluncuran "Tears of the Kingdom".

The Legend of Zelda: Tears of the Kingdom sendiri dibanderol seharga 69.99 dollar AS atau sekitar Rp 1 juta.

https://tekno.kompas.com/read/2023/05/12/13300067/the-legend-of-zelda--tears-of-the-kingdom-dapat-ulasan-nyaris-sempurna-

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke