Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Tim PUBG Mobile Indonesia Raih Medali Emas SEA Games 2023

KOMPAS.com - Indonesia mendapatkan satu lagi medali dari cabang olahraga (cabor) e-sports di SEA Games 2023 Kamboja. Tim PUBG Mobile Indonesia (INA 2) meraih medali emas.

Ini adalah kedua kalinya Indonesia mendapat emas untuk cabor e-sports nomor PUBG Mobile kategori beregu di ajang SEA Games. Pada SEA Games 2021 lalu, Indonesia juga meraih emas.

Tim Indonesia 2 (INA 2) berada di puncak klasemen akhir babak final hari ketiga yang digelar, Minggu (14/5/2023). Pada babak final ini, tim Indonesia bermain enam ronde seperti pada dua hari sebelumnya.

Secara keseluruhan, skuad INA 2 mendulang sebanyak 178 poin. Adapun medali perak diraih oleh tim Vietnam 1 dengan 152 poin. Kemudian medali perunggu diraih oleh Vietnam 2 dengan raihan 151 poin, dan di peringkat keempat ada Malaysia 1 dengan torehan 145 poin.

Sementara tim Indonesia 1 (INA 1) berada di peringkat kelima dengan perolehan 124 poin.

Sementara itu, tim INA 2 (Ponbit, Satar, Lapar, Yummy) yang bermain pasif akhirnya ditaklukkan oleh tim VIE 1 pada late game sehingga mereka harus puas dengan 4 poin eliminasi dan posisi Top 4.

"Winner Winner Chicken Dinner" (WWCD) didapatkan oleh VIE 1 sehingga poin tim itu meningkat menjadi 124, selisih 14 poin dengan INA 2 (138 poin) yang memuncaki klasemen sementara partai final.

Kemudian pada ronde ke-14 di peta Miramar, INA 1 gagal meningkatkan poin karena mereka "rata" oleh VIE 2.

Hal ini berbeda dengan INA 2 yang berhasil mengumpulkan tiga poin eliminasi saat melawan MYA 2 (Myanmar 2).

Meski dua pemain dari INA 2 langsung tumbang, INA Yummy menjadi pahlawan karena berhasil melakukan "trade" dan menolong ketiga rekan timnya yang "down".

Akan tetapi, tak lama kemudian INA 2 tereliminasi karena posisinya yang terekspos saat melakukan rotasi, sehingga mereka ditembak oleh beberapa tim lawan dari segala arah.

Untungnya, VIE 1 yang berada di peringkat kedua klasemen sementara juga "dipulangkan" ke lobi.

Pada akhirnya, skuad CAM 2 (Kamboja) sukses mendapatkan WWCD. Posisi INA 2 masih aman, sedangkan INA 1 sudah "disalip" oleh Skuad MAS 1 (Malaysia) yang kemudian menduduki posisi ketiga.

Ronde ke-15 kembali mengambil tempat di peta Miramar. Kali ini, INA 1 yang tersisa SVAFVEL dieliminasi oleh INA 2. Tim INA 2 mendulang sebanyak 9 poin eliminasi.

Tim INA 2 pun kemudian tumbang oleh VIE 1 yang kembali meraih WWCD. Meski demikian posisi INA 2 masih aman di puncak berkat 9 poin eliminasi dan poin placement Top 2.

Sayangnya, posisi tim INA 1 turun menjadi peringkat kelima di bawah VIE 2.

Match ke-16 yang berlangsung di peta Erangel merupakan momen penting bagi INA 2 karena ketiga pemain VIE 1 tereliminasi begitu saja.

Tetapi, momen ini tetap mendebarkan karena pemain VIE 1 berhasil bersembunyi untuk waktu yang panjang.

Skuad Yummy dkk akhirnya memilih untuk agresif dan mendapatkan 7 poin eliminasi, tapi mereka harus menukar "nyawa" INA 2 Yummy dan INA 2 Satar. Tim tersebut pun tumbang dengan total poin menyentuh angka 166.

"Chicken" akhirnya diamankan oleh tim MAS 2 setelah berduel melawan VIE 2, meskipun VIE 2 saat itu mengontrol high ground, alias area krusial untuk mencapai kemenangan.

Ronde ke-17 di Erangel juga berlangsung sengit.

Lagi-lagi, INA 2 Yummy menjadi pemain kunci karena saat disergap oleh tiga pemain VIE 1. Ia melempar granat dan menumpaskan dua pemain.

Meski Yummy juga tumbang, rekan setim Yummy langsung memberikan dukungannya dengan "mengirimkan" keseluruhan tim VIE 1 ke lobi.

Tim INA 1 juga akhirnya "bangun" dari tidur karena berhasil mengamankan posisi placement Top 5 dan 5 poin eliminasi.

Match ini lantas dimenangkan oleh skuad MYA 2 setelah mencegah LAO 2 (Laos) mendapatkan clutch.

Pada match terakhir, dua pemain INA 2 langsung tumbang. Sisa pemain dari timnas INA 2 berusaha untuk bertahan hidup dan melakukan rotasi dengan kendaraannya.

Untungnya, tim VIE 1 dan MAS 1 juga tereliminasi sehingga medali emas sudah benar-benar diamankan INA 2.

Klasemen akhir mengukuhkan tim INA 2 mendapatkan medali emas, VIE 1 medali perak, dan VIE 2 medali perunggu.

Selengkapnya, berikut hasil klasemen akhir babak Final PUBG Mobile Team di SEA Games 2023.

  • INA 2 - 178 poin
  • VIE 1 - 152 poin
  • VIE 2  - 151 poin
  • MAS 1 - 145 poin
  • INA 1 - 124 poin
  • CAM 2 - 112 poin
  • CAM 1 - 102 poin
  • MYA 2 - 98 poin
  • THA 2 - 96 poin
  • LAO 1 - 94 poin
  • MAS 2 - 91 poin
  • LAO 2 - 81 poin
  • PHI 2 - 63 poin
  • MYA 1 - 55 poin
  • PHI 1 - 51 poin
  • TLS 2 - 29 poin

Dengan kemenangan ini, tim e-sports Indonesia menyumbang tiga medali emas dan satu medali perak di ajang SEA Games 2023 ini.

Medali emas berasal dari cabor e-sports PUBG Mobile (Team), Valorant, serta Mobile Legends (women). Sementara medali perak diperoleh dari kategori CrossFire.

Timnas Indonesia sendiri masih bisa menambah medali emas dari kategori PUBG Mobile (Solo) yang berlangsung Senin mendatang (15/5/2023). Kompetisi ini akan mempertandingkan 59 pemain dalam 8 match.

Setiap negara telah mengirimkan 6 pemain kecuali Brunei Darussalam yang diwakili 5 pemain. Pantauan KompasTekno di Liquipedia, Tanah Air telah menunjuk Boycil, RedFace, JooBrenky, Rosemary, LeonDZ, dan Satar untuk berlaga demi mendapatkan medali emas.

https://tekno.kompas.com/read/2023/05/14/23061707/tim-pubg-mobile-indonesia-raih-medali-emas-sea-games-2023

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke