Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Viral Lagu Bersuara Orang Lain, Begini Cara Bikinnya Pakai AI Voice Generator

KOMPAS.com - Di media sosial seperti TikTok, belakangan ini viral video berisi lagu bersuara orang lain. Salah satu contoh lagu bersuara orang lain itu bisa dilihat lewat unggahan TikTok dari akun @dhamz._, sebagaimana tertera di bawah ini.

Selain video tersebut, masih bisa dijumpai banyak lagi lagu yang dinyanyikan oleh suara mirip milik orang lain. Lagu bersuara orang lain seperti yang tengah viral di media sosial ini sejatinya dibuat dengan memanfaatkan AI Voice Generator.

Untuk diketahui, AI Voice Generator adalah program artificial intelligence (AI) yang dapat menghasilkan audio baru dengan memadankan dataset (sekumpulan data) dan input data (data yang dimasukkan pengguna) berupa teks atau audio.

AI Voice Generator memiliki sekumpulan data karakter suara orang. Ketika data teks atau audio dimasukkan ke AI Voice Generator, program itu bakal mengolahnya menjadi audio baru dengan karakter suara orang tertentu yang sesuai pilihan pengguna.

AI Voice Generator akan mengganti teks atau audio yang diinput menjadi bersuara mirip orang lain. Dengan AI Voice Generator, Anda dapat membuat sendiri lagu bersuara orang lain seperti yang tengah viral di medsos.

Saat ini, program AI Voice Generator dan edit audio banyak tersedia dalam bentuk layanan website di internet. Jadi, Anda tak perlu repot mengunduh aplikasi tertentu jika ingin membuat lagu bersuara orang lain.

Bila tertarik untuk mencobanya, berikut adalah penjelasan cara bikin lagu bersuara orang lain seperti yang lagi viral di media sosial, tanpa aplikasi.

Cara membuat lagu bersuara orang lain

Sebelum mulai membuat, Anda perlu memiliki data atau file lagu terlebih dahulu di dekstop (laptop atau komputer), usahakan berformat MP3 atau MP4. Selanjutnya, ikuti cara membuat lagu bersuara orang lain di bawah ini:

Pisahkan instrumen dan vokal dalam lagu

Dalam lagu, terdapat dua unsur utama, yaitu musik (instrumen) dan suara penyanyi (vokal) Langkah pertama yang harus dilakukan adalah pisahkan instrumen dan vokal dengan cara:

Langkah ini perlu dilakukan supaya AI Voice Generator bisa mendeteksi ucapan penyanyi tanpa terganggu suara musik. Sehingga, data suara orang lain penggantinya dapat melafalkan ucapan penyanyi dengan jelas.

Gabung vokal bersuara orang lain dengan instrumen

Langkah ketiga adalah menggabungkan vokal bersuara orang lain dengan instrumen dengan cara sebagai berikut:

Cukup mudah bukan cara membuat lagu bersuara orang lain? Penting diingat dan dicatat, AI Voice Generator bisa dibilang cukup menarik, tetapi di sisi lain, terdapat pula bahaya yang mengintainya.

Dengan kemampuan mengubah suara, AI Voice Generator rentan digunakan untuk melangsungkan aksi kejahatan, seperti menipu, menyebar berita bohong, fitnah, menyebar ujaran kebencian, dan sebagainya.

Tindakan seperti itu dapat merugikan pengguna. Jadi, sangat disarankan, Anda menggunakan AI Voice Generator secara bijak. Hasil olahan AI Voice Generator sebaiknya cukup digunakan untuk tujuan hiburan semata.

Jangan diklaim sebagai karya pribadi dan digunakan untuk tujuan komersial. Demikianlah penjelasan cara membuat lagu bersuara orang lain seperti yang viral di media sosial, selamat mencoba dan manfaatkanlah secara bijak.

https://tekno.kompas.com/read/2023/05/15/10010097/viral-lagu-bersuara-orang-lain-begini-cara-bikinnya-pakai-ai-voice-generator

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke