Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Siap-siap, Pesan di Grup WhatsApp Bisa Dilaporkan sebagai Spam

Jadi, apabila anggota grup merasa ada pesan yang dianggap sebagai spam atau menyalahi aturan, mereka bisa melaporkan chat tersebut ke admin untuk diulas (review).

Kehadiran fitur ini terendus oleh WA Beta Info, situs yang kerap membocorkan bakal fitur baru WhatsApp.

WA Beta Info menemukan fitur yang masih dalam tahap pengembangan ini dari pembaruan (update) untuk pengguna WhatsApp Android beta versi 2.23.10.8. Artinya, fitur ini baru digelontorkan untuk pengguna beta (uji coba) saja dan belum dirilis resmi ke publik.

Berdasarkan tangkapan layar yang dibagikan WA Beta Info, anggota grup bisa mengeklik dan tahan (tap and hold) pesan yang ingin dilaporkan, kemudian pilih “Report” (Laporkan). Pesan tersebut akan langsung diterima grup admin.

Kendati begitu, pengguna baru dapat mengirimkan laporan setelah grup admin mengaktifkan fitur “Send for admin review”. Hanya admin yang memiliki kendali untuk mengaktifkan fitur lapor pesan ini.

Di dalam pengaturan grup (group settings), grup admin bakal menemukan pengaturan baru yang tertulis “Send for admin review”. Laporan gangguan yang dikirim anggota bakal diterima oleh grup admin untuk ditinjau kembali.

“Memungkinkan anggota grup untuk mengirimkan pesan kepada grup admin untuk memberi tinjauan (review),” tulis penjelasan fitur baru tersebut, sebagaimana dikutip KompasTekno dari laman resmi WABetaInfo, Jumat (12/5/2023).

WABetaInfo menjelaskan laporan yang dikeluhkan anggota hanya dapat dilihat dan dibaca oleh grup admin saja. Artinya, anggota grup lain tidak bisa melihat siapa yang melaporkan pesan.

Laporan tersebut dapat dilihat admin melalui "Group Info". Cara mengaksesnya dapat mengeklik profil grup WA, atau klik ikon titik tiga di pojok kanan atas, lalu pilih "Group Info".

Apabila admin menilai bahwa pesan yang dilaporkan memang melanggar aturan atau spam, ia bisa memilih opsi hapus pesan tersebut untuk semua orang (delete for everyone).

Fitur baru ini memberi kontrol tambahan bagi admin grup supaya dapat membuat WA Grup lebih kondusif.

Misalnya, admin grup dapat mencegah upaya kriminal yang dilancarkan lewat WA Grup, meningkatkan kenyamanan, hingga menciptakan suasana yang aman bagi seluruh anggota grup.

Seperti disebutkan sebelumnya, fitur ini masih dalam tahap pengembangan. Belum diketahui kapan fitur ini akan dirilis ke lebih banyak pengguna secara resmi.

https://tekno.kompas.com/read/2023/05/15/11000047/siap-siap-pesan-di-grup-whatsapp-bisa-dilaporkan-sebagai-spam

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke