Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Punya Tim Ahli Berpengalaman, Eien One Siap Bantu Perusahaan Berevolusi Jadi Digital Enterprise

KOMPAS.com - Teknologi digital telah menjadi bagian penting yang tidak dapat dipisahkan dari kehidupan manusia sejak abad 21. Penggunaannya tidak hanya terkait rutinitas sehari-hari individu, tetapi juga dalam sistem ekonomi dan bisnis secara global.

Presiden Joko Widodo bahkan menegaskan digitalisasi sebagai kunci pertumbuhan ekonomi saat ini. Banyak perusahaan atau industri berlomba-lomba melakukan transformasi digital agar tak ketinggalan "kereta" revolusi industri 4.0.

Tak heran jika kini ada istilah “perusahaan digital” (digital enterprise), yaitu perusahaan yang telah mengadopsi teknologi digital dalam strategi bisnis, operasional, dan pengambilan keputusan untuk peningkatan efisiensi, daya saing, dan kepuasan konsumen.

Terdapat banyak manfaat yang dapat diperoleh perusahaan dengan melakukan transformasi digital. Salah satunya adalah mampu mengambil, menyimpan, mengolah, serta menganalisis data yang kompleks secara lebih efektif, akurat, dan real-time.

Dengan data tersebut, perusahaan dapat melihat peluang dan tantangan yang dihadapi secara lebih jelas, sehingga keputusan atau strategi bisnis yang diambil lebih tepat sasaran.

Namun, dibutuhkan persiapan matang untuk berevolusi menjadi digital enterprise agar biaya dan waktu yang dikeluarkan sesuai harapan. Anda dapat memulainya dengan mengevaluasi kondisi internal perusahaan, misalnya kesiapan infrastruktur dan SDM.

Kemudian menentukan target dan hasil digitalisasi yang diharapkan. Pastikan kedua hal ini sejalan dengan visi dan misi perusahaan, baik jangka pendek maupun jangka panjang.

Untuk memahami strategi digitalisasi yang sesuai kebutuhan dan tujuan, perusahaan dapat bekerja sama dengan pihak ketiga yang berpengalaman dan profesional dalam bidang IT. Salah satunya adalah PT Era Informatika Elang Nusantara atau Eien One.

Pengalaman lebih dari 10 tahun

Sejak didirikan pada 2011, Eien One menjadi perusahaan IT terkemuka dan tepercaya selama lebih dari sepuluh tahun. Tak hanya menguasai pengembangan perangkat lunak (software development), perusahaan tersebut menguasai pemahaman dan optimalisasi proses bisnis (business process).
Eien One dapat menangani seluruh proses software development mulai dari tahap perencanaan, pembuatan cetak biru (blue print), kemudian tahap uji coba, hingga tahap perawatan (maintenance) atau peremajaan (support).

Banyak perusahaan dari berbagai industri mempercayakan Eien One untuk menciptakan software yang dibutuhkan, mulai dari industri transportasi, perbankan, properti, pertambangan, food and beverage, pendidikan, hingga human resources.

Saat ini, sistem Eien One telah digunakan di lebih dari 1.000 lokasi bisnis dengan lebih dari 1 juta pengguna, serta menangani lebih dari 100 juta proses transaksi.

Pencapaian tersebut menunjukkan bahwa Eien One mampu menyediakan solusi digitalisasi yang relevan dengan perkembangan teknologi bagi perusahaan dari berbagai bidang industri.

Eien One memiliki keahlian untuk bekerja secara efektif di berbagai platform sekaligus berfokus pada fleksibilitas kemitraan yang kolaboratif dengan kliennya untuk dapat menghadirkan solusi efisiensi biaya yang lebih besar dan peningkatan produktivitas.

Terdapat empat layanan yang disediakan Eien One. Pertama, layanan konsultasi dengan tim IT profesional dan berpengalaman untuk mendiagnosis setiap masalah perusahaan sekaligus merancang solusi out-of-the-box yang efektif dan efisien.

Tim Eien One telah berpengalaman menyelesaikan berbagai tantangan, mulai dari analisis sistem dan merancang peta jalan IT, hingga tren teknologi baru, peningkatan produktivitas, dan persaingan ekstrem.

Kedua, penerapan teknologi cloud. Klien dapat menerapkan teknologi cloud yang paling sesuai dengan kebutuhannya untuk memberikan fleksibilitas dan skalabilitas yang optimal.

Pasalnya, Eien One dapat merancang jaringan infrastructure as a service (IaaS) dan software as a service (SaaS) yang dapat memudahkan klien dalam menyesuaikan kekuatan komputasi, konfigurasi kapasitas penyimpanan, dan perangkat lunak yang paling cocok dengan kebutuhan sehingga memberikan fleksibilitas dan skalabilitas bagi perusahaan.

Ketiga, layanan software development. Layanan ini mencakup mulai dari pengembangan aplikasi untuk web, mobile, desktop, dan high-end client-server application development, hingga layanan pemeliharaan dan dukungan sistem software.

Keempat, pengintegrasian sistem yang ada di perusahaan Anda. Salah satunya, sistem Enterprise Resource Planning (ERP).

Layanan tersebut akan membantu Anda melakukan perencanaan dan asesmen, implementasi, integrasi, konfigurasi, hingga kustomisasi berbagai software pihak ketiga untuk diterapkan dalam sistem yang ada di perusahaan Anda.

Beragam produk digitalisasi

Selain menawarkan keempat layanan tersebut, Eien One juga menawarkan lima produk untuk digitalisasi perusahaan. Produk pertama adalah Evolve Procurement. Produk software ini menawarkan tiga keunggulan, yakni memprediksi kebutuhan pengadaan secara lebih cerdas dan efisien, mengoptimalkan proses pengadaan, serta menciptakan hubungan yang lebih proaktif dengan para supplier.

Evolve Procurement mampu mendigitalisasi proses pengadaan untuk meningkatkan efisiensi dan mengurangi biaya operasional perusahaan.

Software pengadaan tersebut dilengkapi dengan tools yang mudah dioperasikan dan mampu memberikan insight secara real-time kepada para stakeholder perusahaan.

Tak hanya itu, Evolve Procurement juga dapat melacak serta memproses permintaan, penawaran, dan pembayaran secara lebih cerdas. Dengan begitu, kegiatan operasional dan proses pengambilan keputusan dapat dilakukan secara lebih efisien dan tepat guna.

Software tersebut pun dilengkapi dengan fitur Online Approval System yang dapat meningkatkan produktivitas dan integritas data perusahaan.

Produk kedua adalah Evolve Business. Produk ini merupakan ekosistem aplikasi yang dapat membantu perusahaan menjalankan proses bisnis dalam satu solusi. Dengan begitu, perusahaan dapat menghemat biaya operasional.

Produk tersebut memungkinkan perusahaan untuk mengautomasi dan melacak seluruh proses bisnis secara online. Dengan demikian, perusahaan dapat mengakses informasi tersebut kapan dan di mana saja dengan perangkat apa pun.

Evolve Business terdiri dari berbagai modul, seperti e-commerce, communication, online event, dan online forms yang terintegrasi satu sama lain. Hal ini pun memungkinkan perusahaan untuk mengoptimalkan sekaligus memberikan gambaran komprehensif terkait proses bisnis yang tengah berjalan.

Produk ketiga adalah Evolve Productivity. Sistem ini dapat membantu untuk meningkatkan kinerja sekaligus mengembangkan sumber daya manusia perusahaan. Adapun produk tersebut memiliki tiga modul dengan fungsi yang unik.

Pertama, Tasking Module yang mampu mendelegasikan, memantau progres, dan mengevaluasi pekerjaan secara real-time.

Kedua, Monitoring Module yang dapat memonitor pekerjaan setiap karyawan secara terpisah. Dengan modul ini, perusahaan dapat memantau status proyek, bahkan setiap karyawan secara lebih mudah.

Ketiga, Presence Module yang dapat memudahkan perusahaan untuk mengelola status kehadiran karyawan, mulai dari absensi, izin sakit, hingga cuti.

Kemudian, produk keempat adalah Eien Queue Management System (EQMS). Ini merupakan platform yang dapat memudahkan perusahaan dalam pengelolaan antrean dan layanan walk-in.

Platform tersebut dapat membantu perusahaan dalam mengurangi waktu antrean melalui proses pengendalian yang efektif. Dengan begitu, perusahaan dapat memberikan layanan yang lebih personal kepada konsumen.

EQMS menawarkan beragam modul yang dapat digunakan untuk menangani kebutuhan konsumen secara efisien dan mengarahkan mereka ke karyawan atau bagian yang tepat.

Sistem cerdas EQMS mampu merekam informasi terkait perilaku konsumen, waktu tunggu, dan kualitas layanan secara real-time. Sistem ini juga menyediakan fitur analitik yang memungkinkan perusahaan untuk mengidentifikasi area yang dapat dikembangkan sehingga perusahaan dapat meningkatkan kualitas layanan.

Produk terakhir adalah eTicketing. Ini merupakan platform tiket elektronik transportasi berbasis cloud. Produk ini dirancang untuk mengoperasikan, mengintegrasikan, mengoptimalkan, dan mendigitalisasi transportasi perusahaan.

Dengan interface yang komprehensif sekaligus ramah pengguna, ekosistem digital eTicketing dapat membantu perusahaan untuk mengatur perjalanan operasional secara lebih optimal.

Produk tersebut telah dilengkapi dengan modul pelacakan lokasi yang dapat merekam perjalanan, mulai dari titik awal hingga tujuan akhir. Selama perjalanan, sistem ini dapat mengumpulkan data rute dan jumlah penumpang di setiap perhentian.

Tak hanya itu, eTicketing juga dapat mengumpulkan informasi penumpang secara mendetail, lalu membuat kompilasi load-factor analysis untuk setiap rute.

Kelebihan lain yang ditawarkan eTicketing Eien adalah sistem API pintar yang dapat menjembatani berbagai platform penjualan serta menyelesaikan penjualan offline dan online secara instan.

Setiap transaksi pada sistem tersebut akan menghasilkan entri jurnal yang terintegrasi langsung dengan modul ERP perusahaan. Sistem ini juga dapat melacak jumlah penumpang yang masuk dan rute yang diambil kendaraan secara real-time.

Untuk informasi lebih lanjut tentang Eien One beserta layanan dan produknya, Anda dapat mengunjungi situs web eienone.com atau menghubungi WhatsApp di nomor 085820031318. Anda juga dapat mengunduh katalog produk Eien One melalui tautan berikut ini.

https://tekno.kompas.com/read/2023/05/15/13050087/punya-tim-ahli-berpengalaman-eien-one-siap-bantu-perusahaan-berevolusi-jadi

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke