Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Ini Waktu Terbaik Upload Konten TikTok, Instagram, dkk agar Trending

Penelitian yang dilakukan perusahaan software yang bergerak di bidang manajemen sosial, advokasi, dan analitik bisnis, Sprout Social menemukan bahwa setiap media sosial memiliki peak times, alias “jam ramai” yang berbeda-beda.

Dalam laporan bertajuk “Best Times to Post on Social Media in 2023”, Sprout Social melakukan analisis tren yang melibatkan 2 miliar keterlibatan pengguna di 400.000 akun, selama satu tahun belakangan ini.

Media sosial yang dianalisis terdiri dari Facebook, Instagram, TikTok, Twitter, Pinterest, hingga LinkedIn.

Menurut Sprout, waktu yang terbaik untuk mengunggah konten di media sosial secara keseluruhan berada di pukul 09.00 pagi hingga siang hari sekitar pukul 14.00. Hari paling baik menunggah konten adalah Selasa dan Rabu, sedangkan hari yang paling buruk adalah Minggu.

Adapun data yang dikumpulkan Sprout menggunakan lingkup pengguna secara global. Berikut ulasan untuk masing-masing media sosial.

Facebook tercatat memiliki tingkat engagement yang paling tinggi di hari Senin hingga Kamis. Sementara untuk jadwal unggahnya, paling baik dilakukan di pagi hari dengan rentang waktu pukul 08.00 - 14.00.

Untuk lebih jelasnya, berikut jadwal waktu terbaik untuk posting konten di Facebook.

  • Senin: pukul 08.00 hingga 13.00
  • Selasa: pukul 08.00 hingga 14.00
  • Rabu: pukul 08.00 hingga 13.00
  • Kamis: pukul 08.00 hingga 11.00-12.00

Dari gambar data yang diunggah Sprout, memasuki hari Jumat hingga akhir pekan (Sabtu dan Minggu) terjadi penurunan tren dan engagement. Hal tersebut dapat diketahui dari warna yang ditampilkan. Semakin gelap warnanya, semakin tinggi ketelibatan pengguna di dalam aplikasi, begitu sebaliknya.

Nah, data tersebut mengindikasikan bahwa mengunggah konten di hari libur adalah keputusan yang buruk. Di hari Sabtu dan Minggu keterlibatan pengguna terlihat sangat sedikit, warna yang ditampilkan juga jauh lebih muda ketimbang hari Senin—Kamis.

Peningkatan tren hanya terjadi di hari kerja pada pagi hari, sesuai rentang waktu yang sudah dirinci di atas, sedangkan penurunan tren paling banyak terjadi di hari Sabtu siang dan Minggu.

Hasil temuan Instagram cukup serupa dengan Facebook. Tingkat engagement Instagram paling tinggi terletak di hari Senin, Selasa, Rabu, dan Jumat. Jadwal waktu terbaik untuk upload konten terjadi di pukul 09.00 hingga 13.00.

Berikut jadwal waktu yang tepat untuk upload konten Instagram.

  • Senin: pukul 10.00 hingga 13.00
  • Selasa: pukul 09.00 hingga 13.00
  • Rabu: pukul 10.00 hingga 13.00
  • Jumat: pukul 09.00 hingga 11.00

Sama seperti Facebook, Instagram mengalami penurunan tren di hari Sabtu dan Minggu. Data di atas menunjukkan bahwa pada dua hari tersebut, tidak banyak pengguna yang mengakses Instagram.

Jika dilihat dengan saksama, warna merah muda (pink) yang ditampilkan muncul di hari Sabtu dan Minggu jauh lebih terang ketimbang hari Senin-Rabu.

Ringkasnya, jika Anda adalah kreator di Instagram dan Facebook, meng-upload konten di hari Sabtu dan Minggu bakal membuat konten Anda tidak maksimal dan memiliki tingkat engagament yang rendah.

TikTok

Jadwal upload konten di TikTok cukup berbeda dengan dua media sosial di atas. Rentang waktu yang dimiliki juga jauh lebih sedikit.

Menurut penemuan Sprout, keterlibatan pengguna TikTok paling ramai dan tinggi terjadi di hari Selasa hingga Kamis dengan rentang waktu yang berbeda-beda. Berikut rinciannya.

  • Selasa: pukul 14.00 hingga 17.00
  • Rabu: pukul 14.00 hingga 16.00
  • Kamis: pukul 15.00 hingga 16.00

Keterlibatan pengguna TikTok paling sedikit dan kecil di hari Sabtu dan Minggu, khususnya di pukul 13.00 hingga 23.00. Sejauh ini, penurunan tren dan keterlibatan pengguna selalu terjadi di hari Sabtu dan Minggu, khususnya di pukul 14.00 hingga malam hari.

Twitter memiliki waktu terbaik untuk mengirimkan twit pada hari Selasa hingga Jumat, khusunya di pukul 09.00 hingga 13.00. Namun, tren dan keterlibatan pengguna di hari libur tidak serendah Facebook, Instagram, dan TikTok.

Keterlibatan pengguna Twitter selama satu minggu terbilang cukup merata. Tingkat engagement terlihat cukup tinggi dari pukul 08.00 - 15.00 setiap harinya.

Pinterest menampilkan data keterlibatan pengguna yang cukup unik dan berbeda ketimbang media sosial yang lainnya. Sebab, kenaikan tren dan engagement Pinterest tidak memiliki pola yang sama.

Sprout mencatat bahwa keterlibatan tertinggi Pinterest ada di hari Selasa hingga Kamis dan terjadi di pukul 13.00 hingga 15.00. Namun, di satu sisi, tingkat engagement juga terlihat tinggi di hari Rabu pukul 00.00 hingga 01.00 malam.

Kendati demikian, Pinterest mengalami penurunan khususnya pada hari Minggu sama seperti media sosial lainnya. Data Sprout menunjukkan bahwa hari Minggu, keterlibatan pengguna sangat sedikit, warna yang ditampilkan juga begitu muda ketimbang hari Senin hingga Sabtu.

Jejaring sosial profesional, LinkedIn memiliki tingkat keterlibatan tertinggi di hari Selasa dan Rabu pada pukul 10.00-14.00. Jadwal ini mungkin dapat dijadikan acuan para kreator untuk berbagi konten edukatif atau perekrut yang mempromosikan lowongan kerja.

Sebagaimana dirangkum KompasTekno dari Social Media Today, Senin (15/5/2023), data yang ditemukan Sprout bisa dijadikan panduan, tetapi tidak dapat diterapkan secara merata untuk setiap bisnis yang dijalankan kreator.

Data yang ditampilkan hanya bersifat edukatif dan bertujuan untuk menambah wawasan pengguna terkait situasi pasar dan kebiasaan audiens secara umum.

Pengguna dapat melakukan uji coba untuk mengetahui seberapa besar efek yang didapatkan. Penelitian yang dilakukan juga dapat dijadikan acuan untuk meninjau ulang strategi dalam menunggah konten di media sosial.

https://tekno.kompas.com/read/2023/05/15/18300087/ini-waktu-terbaik-upload-konten-tiktok-instagram-dkk-agar-trending

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke