Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Indonesia Juara Umum Cabor E-sports SEA Games 2023

Hasil ini diperoleh setelah tim e-sports Indonesia memperoleh total 5 medali dengan rincian 3 medali emas dan 2 medali perak beberapa nomor e-sports yang dipertandingkan.

Tepat di bawah Indonesia, ada tuan rumah Kamboja yang menyabet 3 medali emas, 1 medali perak, dan 1 medali perunggu.

Sementara di posisi ketiga ada Filipina dengan perolehan 2 medali emas, 1 medali perak, dan 3 medali perunggu.

Sekadar informasi, Indonesia hanya mengikuti enam nomor dari sembilan nomor e-sports yang dipertandingkan di SEA Games 2023. 

Keenam nomor tersebut adalah CrossFire (Pria), Mobile Legends: Bang Bang (Pria), Mobile Legends: Bang Bang (Wanita), PUBG Mobile (Beregu Pria), PUBG Mobile (Individu Pria), dan Valorant (Pria).

Indonesia tidak mengirimkan perwakilan untuk nomor Attack Online 2 (Beregu Pria), Attack Online 2 (Individu Pria), serta League of Legends: Wild Rift (Beregu Pria).

Tiga medali emas

Dari keenam nomor yang diikuti, Indonesia membawa pulang medali emas dari nomor Valorant, MLBB (Beregu Wanita) dan PUBG Mobile (Beregu Pria).

Sedangkan medali perak diperoleh dari nomor CrossFire dan PUBG Mobile (Individu Pria).

"PBESI menyampaikan terima kasih sedalam-dalamnya atas perjuangan yang luar biasa kepada seluruh atlet dan coach yang tergabung di dalam Timnas E-sports Indonesia, Badan Timnas, serta pihak lainnya," tulis Pengurus Besar Esports Indonesia (PBESI) lewat Instagram.

"Timnas E-sports Indonesia, segenap bangsa Indonesia bangga punya kalian sebagai patriot terbaik Merah Putih!" lanjutnya sebagaimana dikutip KompasTekno, Selasa (16/3/2023).

Tim Crossfire Indonesia tumbang melawan Vietnam dengan skor 0-3 di partai final berformat Best of 5 (BO5).

Meski gagal menyabet medali emas, prestasi ini masih lebih baik dari SEA Games 2021 lalu. Pada kompetisi itu, tim CrossFire Indonesia menyumbang medali perunggu untuk Tanah Air.

Emas pertama dari nomor Valorant

Indonesia baru mendapatkan medali emas pertama dari nomor Valorant.

Perolehan medali tersebut diwarnai drama. Sebab, tim lawan yakni Singapura diduga melakukan kecurangan dengan memanfaatkan celah kerusakan (bug) "Cypher Cam" di partai final melawan Indonesia.

Timnas Indonesia pun melakukan "walk-out" karena panitia SEA Games 2023 memutuskan untuk tidak memberikan hukuman kepada tim Singapura.

Pada akhirnya, Dewan SEA Games 2023 memberikan medali emas untuk Indonesia dan Singapura dengan alasan menjaga hubungan baik kedua negara.

Emas kedua dari tim wanita

Setelah Valorant, medali emas berikutnya disabet dari nomor MLBB Beregu Wanita.

Dalam match ini, kedua tim saling berusaha mengejar poin sampai akhirnya Indonesia melakukan comeback berkat permainan ciamik hero Fredrinn dari tim Indonesia (INA) Vival dan Melissa dari INA Chell.

Emas ketiga dari PUBG Mobile beregu pria

Medali emas terakhir didapatkan dari PUBG Mobile kategori Beregu Pria, tepatnya oleh tim Indonesia 2 (INA 2).

Pada babak final yang terbagi menjadi 18 ronde, skuad INA 2 mendulang sebanyak 178 poin berkat performanya yang gemilang.

Poin ini tentunya berbeda jauh dengan tim Vietnam 1 di bawahnya dengan perolehan 152 poin, Vietnam 2 dengan raihan 151 poin, serta Malaysia 1 dengan torehan 145 poin.

Sementara tim Indonesia 1 (INA 1) berada di peringkat kelima dengan perolehan 124 poin.

Medali perak kedua diperoleh dari nomor PUBG Mobile Individu. Alan Reynold Kumaseh atau dikenal dengan nickname "Satar" menyumbang medali perak setelah mengumpulkan 83 poin dalam 8 ronde yang dipertandingkan.

Walaupun tidak mendapatkan "Winner Winner Chicken Dinner" alias WWCD, Satar secara konsisten mengumpulkan poin eliminasi dan poin posisi (placement).

Ini adalah kedua kalinya Satar meraih medali perak. Ia juga menyabet medali perak di PUBG Mobile Individu pada SEA Games 2021 Vietnam.

https://tekno.kompas.com/read/2023/05/16/12010027/indonesia-juara-umum-cabor-e-sports-sea-games-2023

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke