Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Tampilan Baru Gboard untuk Tablet dan Ponsel Lipat, Keyboard Terpisah Jadi Dua

Dalam acara kumpul-kumpul developers tahunan Google I/O 2023 beberapa waktu lalu, Google telah mengoptimalkan lebih dari 50 aplikasi di tablet dan perangkat lipat lainnya, termasuk merilis tampilan baru Gboard.

Tampilan baru tersebut memungkinkan pengguna tablet memisahkan papan Gboard menjadi dua. Tombol keyboard yang terpisah bakal terletak di ujung kanan dan kiri layar. Fitur ini sebelumnya sudah hadir tahun lalu untuk perangkat yang dapat dilipat.

Pemisahan tombol keyboard Gboard disebut bakal memudahkan pengguna mengetik menggunakan ibu jari (jempol) kanan dan kiri ketika sedang memegang tablet secara horizontal atau menyamping.

Tampilan keyboard terpisah ini tidak diatur secara default oleh sistem. Oleh karena itu, untuk mengubahnya, pengguna bisa mengakses di menu Settings (Pengaturan), pilih Preference (Preferensi), dan aktifkan fitur Split layout to include duplicated keys.

Ketika fitur tersebut diaktifkan, tombol keyboard yang awalnya menyatu, bakal langsung dipisah oleh sistem. Berikut adalah contoh tampilan Gboard yang baru.

Pengguna bisa mengaktifkan ataupun menonaktifkan fitur Split Keyboard dengan cara mengeklik “Split Keyboard”.

Kendati demikian, fitur ini belum secara resmi digelontorkan untuk seluruh pengguna tablet, sebagaimana dikutip KompasTekno dari Gizmo China, Rabu (17/5/2023).

Fitur tersebut bakal hadir di pembaruan sistem operasi (OS) Android 12L dan Android 13. Android 12L merupakan OS turunan dari Android 12 yang dirancang untuk perangkat dengan spesifikasi layar besar, seperti tablet, laptop, perangkat yang bisa dilipat, Chrome OS, atau perangkat dengan ukuran layar di atas 600 dp.

Namun, sejumlah pengguna Galaxy Tab S8 melaporkan bahwa fitur Split Keyboard sudah hadir di Gboard beta versi 12.9.21. Artinya, fitur ini masih digulirkan ke sejumlah pengguna secara terbatas.

Bagi Anda yang ingin mendapatkan informasi terkini tentang fitur baru Google, Anda bisa lakukan update sistem operasi perangkat secara berkala. Cara melakukannya dengan membuka Pengaturan (Settings), dan pilih Pembaruan Software (Software Update).

https://tekno.kompas.com/read/2023/05/17/12000047/tampilan-baru-gboard-untuk-tablet-dan-ponsel-lipat-keyboard-terpisah-jadi-dua

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke