Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Cara Kunci Pesan WhatsApp agar Chat Rahasia Tetap Aman

Meta, perusahaan induk WhatsApp mengumumkan fitur Chat Lock dirilis di seluruh dunia hari ini, Selasa (16/5/2023). Fitur ini awalnya hanya tersedia untuk pengguna WA versi beta.

"Hari ini kami mengumumkan Chat Lock di WhatsApp yang memungkinkan Anda melindungi percakapan paling intim di balik satu lapisan keamanan lagi," kata Meta, dikutip KompasTekno dari situs resmi perusahaan, Selasa (16/5/2023).

Sebagaimana namanya, fitur kunci pesan WhatsApp berguna untuk mengamankan obrolan WA dari akses yang tidak diinginkan. Lantas bagaimana cara pakainya? Berikut rinciannya.

Bila Anda tidak memasang gembok apapun di ponsel, Anda akan diminta mengaturnya terlebih dahulu melalui menu Pengaturan (Setting) ponsel, sehingga chat di WA bisa dikunci.

Dengan mengikuti cara di atas, chat/grup yang Anda pilih akan disamarkan dari bar notifikasi maupun daftar obrolan, sehingga tidak mudah dibaca atau diintip oleh orang sembarangan.

Adapun chat dari kontak atau grup yang dikunci bisa diakses pada tab khusus "Locked chat" (Chat yang dikunci), terletak di atas menu "Archived" (Diarsipkan).

Menurut keterangan Meta, pengguna bisa memakai sistem keamanan yang terpasang di ponsel, semisal kunci sidik jari atau kata sandi.

Namun, pantauan KompasTekno di aplikasi WhatsApp versi beta 2.23.10.19 (Android), baru tersedia opsi kunci pesan WA memakai sidik jari.

Meski sistem keamanan ponsel diatur dengan kata sandi, opsi kunci pesan WA hanya tersedia dengan sidik jari. Tampaknya opsi pengamanan lainnya baru akan tersedia secara bertahap, seiring bergulirnya fitur Chat Lock ke semua pengguna.

Ke depannya Meta berkata akan menambahkan lebih banyak opsi kunci pesan WhatsApp, termasuk agar fitur yang sama bisa diterapkan pada perangkat lain dengan akun yang sama serta penggunaan kata sandi custom agar berbeda dengan kata sandi yang dipakai di ponsel.

https://tekno.kompas.com/read/2023/05/17/13040087/cara-kunci-pesan-whatsapp-agar-chat-rahasia-tetap-aman

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke