Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Cara Menjadwalkan Postingan di Instagram, Pakai Fitur "Schedule Post"

Fitur tersebut sudah digelontorkan Instagram sejak November 2022 lalu. Fitur Schedule Post merupakan fitur yang bisa diakses langsung menggunakan Instagram. Fungsinya adalah mengatur jadwal konten mana saja yang harus diunggah.

Adanya Schedule Post, konten kreator ataupun akun bisnis tidak memerlukan aplikasi penjadwalan pihak ketiga untuk mengunggah konten secara otomatis ke Instagram. Hanya saja, fitur ini baru tersedia untuk akun profesional di Instagram dan bukan untuk akun personal.

Fitur Schedule Post memungkinkan pengguna menjadwalkan semua konten di Instagram, seperti foto, Reels, feed carousel (lebih dari satu foto dalam satu feed), dan video selama 75 hari (sekitar 3 bulan) ke depan. Lantas, bagaimana caranya?

  • Anda bisa meninjau ulang konten yang disudah dijadwalkan melalui akun profil Instagram.
  • Klik ikon garis tiga dan pilih “Scheduled content”.
  • Di laman tersebut akan muncul konten yang sudah dijadwalkan sebelumnya.
  • Bila ingin mengubah jadwal, klik ikon titik tiga di samping gambar, pilih “Reshedule”.
  • Sementara, jika ingin mengganti caption atau edit posting-an pilih “Edit”.
  • Untuk menghapus/membatalkan upload konten, pilih “Delete”. Jika ingin langsung mengunggah konten, bisa pilih “Share Now”.

Upload konten di Instagram butuh strategi waktu

Mengunggah konten, rupanya tidak bisa sembarangan. Butuh strategi waktu agar konten mendapat engagement yang tinggi.

Menurut Sprout Social, perusahaan software yang bergerak di bidang manajemen sosial, advokasi, dan analitik bisnis, setiap media sosial memiliki "peak time" (waktu teramai) yang berbeda.

Dalam laporan bertajuk “Best Times to Post on Social Media in 2023”, hari terbaik menunggah konten di media sosial secara keseluruhan adalah hari Selasa dan Rabu, sedangkan waktu terbaik adalah 09.00 hingga 14.00.

Khusus untuk Instagram, memiliki tingkat keterlibatan pengguna paling tinggi pada hari Senin—Rabu dan Jumat. Sementara itu, waktu terbaik untuk posting konten ada di rentang waktu 09.00 hingga 13.00.

Walaupun Sprout menjelaskan penelitian yang dilakukan tidak bisa diterapkan seluruh bisnis secara merata, setidaknya kreator memiliki gambaran umum terkait kebiasaan dan waktu pengguna mengakes Instagram.

Nah, karena butuh strategi waktu, fitur Schedule Post ini sangat bermanfaat untuk memudahkan kreator mengunggah konten sesuai "peak time" Instagram atau disesuikan dengan kondisi analitik media sosial masing-masing kreator.

Selamat mencoba dan semoga bermanfaat!

https://tekno.kompas.com/read/2023/05/17/18000047/cara-menjadwalkan-postingan-di-instagram-pakai-fitur-schedule-post-

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke