Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Indonesia Sumbang 40 Persen Penjualan TV Sharp di Asia

"Artinya, hampir separuhnya, (Indonesia) sangat-sangat penting," ujar Okamoto dijumpai di sela peluncuran TV Aquos XLED baru di pabrik Sharp di Sakai, Jepang, Kamis (18/5/2023).

Sementara kontribusi negara-negara Asia secara total bagi penjualan TV Sharp memang meningkat dari tahun ke tahun.

Dalam presentasi yang disampaikan di Osaka, Okamoto menyebut kontribusi pasar Asia pada 2021 adalah 40 persen, lalu meningkat menjadi 43 persen pada 2022, dan 45 persen pada 2023.

Sharp juga mengeklaim telah mengirim 140 juta unit TV selama 2001 hingga Maret 2023 lalu.

Saat ditanya soal dampak ekonomi global terhadap penjualan Sharp di Asia, Daisuke Hirasawa selaku Division Manager, Global Products Planning Division Sharp berpedoman pada pendapat analisis pihak ketiga yang memberikan kepercayaan pada rencana bisnis Sharp tahun ini.

Di Indonesia, menurut AUVI product Head Division PT Sharp Electronic Indonesia (SEID), Ardy, bisnis TV Sharp pada kuartal II 2023 ini memiliki pangsa pasar 15 persen dan berada di urutan ketiga.

Dengan peluncuran TV Aquos baru dengan teknologi XLED, Sharp berharap kontribusi pasar Asia bisa mencapai 47 persen pada tahun depan.

XLED adalah teknologi backlight yang menggunakan lampu LED yang jauh lebih kecil (Mini LED) dibanding backlight TV LED kebanyakan saat ini.

LED yang ukurannya 1/10 lebih kecil ini memungkinkan Sharp untuk memasukkan lebih banyak backlight ke suatu area layar yang sama.

Hal ini memungkinkan Mini LED TV memiliki kontrol cahaya yang jauh lebih akurat dan terlokalisir di layar TV, sehingga meningkatkan kecerahan dan kontras layar.

Terdapat juga sistem peredupan lokal (local dimming) di mana cahaya yang dihasilkan oleh kelompok Mini LED di suatu area di panel, dapat diatur gelap-terangnya sesuai gambar, sehingga menghasilkan warna hitam (black level) yang lebih pekat.

https://tekno.kompas.com/read/2023/05/19/07300057/indonesia-sumbang-40-persen-penjualan-tv-sharp-di-asia

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke