Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Arti Kata “Red Flag”, Bahasa Gaul yang Lagi Ramai Dipakai di Twitter dan TikTok

KOMPAS.com - Ada banyak bahasa gaul di media sosial seperti TikTok dan Twitter. Belakangan ini, salah satu bahasa gaul yang ramai dipakai pengguna adalah kata “red flag”. Kata ini biasa dipakai di media sosial untuk menyebut karakter seseorang.

Contoh penggunaan kata red flag dalam konteks untuk menyebut karakter seseorang bisa dilihat lewat salah satu twit dari akun dengan handle @AmandSejahtera, sebagaimana tertera di bawah ini.

Selain itu, contoh penggunaan kata redflag dalam konteksi untuk menyebut karakter seseorang bisa pula dilihat lewat salah satu unggahan video TikTok dari akun dengan handle @iisistii_, seperti yang tertera di bawah ini.

Sementara itu, meski kini ramai dipakai, tahukah apa yang dimaksud dengan red flag? Bila tertarik untuk mengetahui lebih lanjut, berikut adalah penjelasan arti red flag yang lagi ramai dipakai di Twitter dan TikTok.

Arti red flag

Red flag merupakan kosakata dalam bahasa Inggris yang bila diterjemahkan berarti “bendera merah”. Jika dilihat secara makna tekstual atau harfiah, dikutip dari kamus bahasa Inggris Merriam Webster, istilah red flag artinya adalah tanda atau sinyal peringatan.

Kemudian, red flag artinya bisa juga sesuatu yang mengindikasikan adanya masalah atau bahaya. Akan tetapi, arti red flag secara harfiah ini agaknya kurang cocok jika dipakai pada konteks penggunaan seperti di media sosial yang untuk menyebut karakter seseorang.

Selain tanda atau sinyal peringatan atas pontensi bahaya, ada lagi arti red flag yang mungkin lebih pas dengan konteks penggunaannya di media sosial.

Dikutip dari kamus bahasa gaul Urban Dictionary, arti red flag adalah sinyal peringatan atas karakter seseorang yang negatif atau berbahaya. Istilah red flag kerap dipakai untuk memberi peringatan pada pengguna untuk menjauhi orang dengan karakter negatif.

Jadi, jika pengguna menyebut kata red flag di media sosial, itu bisa berarti mereka memberikan tanda bahwa seseorang yang dituding memiliki karakter negatif. Red flag bisa dipakai untuk menuding orang berkarakter negatif dalam hubunredgan pertemanan atau percintaan.

Demikianlah penjelasan mengenai arti red flag yang ramai dipakai di Twitter dan TikTok belakangan ini, semoga bermanfaat.

https://tekno.kompas.com/read/2023/05/19/19300097/arti-kata-red-flag-bahasa-gaul-yang-lagi-ramai-dipakai-di-twitter-dan-tiktok

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke