Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Membandingkan Hasil Foto Mode Malam Oppo Find N2 Flip Vs Samsung Galaxy Z Flip 4

Karena merupakan ponsel lipat, maka kedua perangkat tersebut masing-masing menjagokan fitur ketangguhan seperti engsel (hinge), layar, dan lain sebagainya. 

Meski demikian, kedua ponsel lipat Oppo dan Samsung ini juga tak kalah tangguh di aspek fotografi, terutama ketika dipakai untuk memotret di kondisi pencahayaan gelap atau malam hari. 

Oppo Find N2 Flip dibekali dengan dua kamera belakang yang terdiri dari kamera utama 50 MP (f/1.8) dan kamera ultrawide 8 MP (f/2.2), serta satu kamera depan (selfie) dengan resolusi 32 MP (f/2.4). 

Jumlah kamera yang ada di Samsung Galaxy Z Flip 4 sama dengan ponsel lipat Oppo, namun konfigurasinya berbeda. Di Oppo Find N2 Flip, konfigurasinya terdiri dari kamera utama 12 MP (f/1.8) dan kamera ultrawide 12 MP (f/2.2) untuk kamera belakang, dan kamera 10 MP (f/2.4) untuk kamera selfie.

Untuk menghasilkan foto bagus di kondisi cahaya gelap, ponsel lipat Oppo mengandalkan fitur Ultra Dark Mode, sedangkan ponsel Samsung menggunakan teknologi yang diberi nama Nightography. 

Kedua fitur atau teknologi ini memiliki metode yang sama, di mana kamera ponsel akan mengambil banyak foto terlebih dahulu selama beberapa detik. Setelah itu, semua foto akan digabung menjadi satu untuk memperoleh hasil foto yang terang. 

Lantas, bagaimana hasil foto kedua kamera ponsel lipat terbaru di Indonesia ini? Ponsel lipat mana yang lebih bagus untuk memotret kegiatan di malam hari? 

Secara garis besar, hasil foto malam hari dari Oppo Find N2 Flip dan Samsung Galaxy Z Flip 4 sudah cukup bagus untuk pemakaian sehari-hari, sebagaimana tampak pada gambar parkiran motor di atas.

Artinya, detail objek dan cahaya yang ditampilkan di setiap gambar yang dibidik oleh kedua perangkat tersebut sudah cukup baik apabila dibandingkan dengan ponsel yang ada di pasaran.

Namun, apabila diteliti seksama, warna yang ditampilkan hasil foto Find N2 Flip akan terasa lebih bagus dibanding Galaxy Z Flip 4. 

Ketika memotret tempat ibadah masjid di atas, misalnya, hasil foto ponsel Oppo (di sebelah kiri) tampak mampu menggambarkan detail masjid dan warnanya. Begitu pula jalanan yang sudah diguyur hujan, bisa ditangkap dengan tajam dan menyerupai aslinya. 

Di hasil foto Galaxy Z Flip 4 (sebelah kanan), detail jalanan tampak tidak setajam hasil foto ponsel Oppo. Warna yang dihasilkan kamera juga cenderung lebih terang, sehingga terlalu berdampak pada detail objek-objek lainnya yang ada di dalam foto. 

Untuk hasil foto ini, kami menggunakan mode "Night" di aplikasi kamera Oppo Find N2 Flip dan Samsung Galaxy Z Flip 4. Lalu untuk hasil foto maksimal, kami menahan kamera ponsel selama beberapa detik supaya hasil gambar tidak buram (blur).

Pada beberapa kondisi, kamera Oppo Find N2 Flip bisa dibilang sama bagusnya dengan Samsung Galaxy Z Flip 4. 

Ketika memotret tanaman di malam hari, misalnya, kedua ponsel ini mampu menggambarkan detail daun, efek daun terkena air hujan, dan elemen tanaman lainnya dengan cukup baik, seperti tampak pada gambar di atas.

Hasil yang sama bagus juga akan didapat ketika pengguna memotret objek-objek jalanan dan bangunan di malam hari yang sudah diterangi dengan lampu, serta benda-benda mati atau hidup, dan objek lainnya. 

Namun, ketika memotret objek di bawah lampu yang akan menghasilkan bayangan, kamera utama ponsel Oppo lebih mumpuni menghasilkan bayangan yang lebih detail dibandingkan kamera utama ponsel Samsung.

Dalam gambar kucing di atas, misalnya, bayangan kucing di ponsel Oppo (sebelah kiri) terasa lebih tajam dan lebih pekat dibanding ponsel Samsung (sebelah kanan). Warna bayangan terlihat sangat kontras dengan jalanan.

Selain itu, detail dan warna jalanan yang ada di ponsel Oppo, yang berada di bawah kucing, juga terlihat lebih tajam dibanding ponsel Samsung.  

Seperti diketahui, Oppo dan Samsung kompak menyematkan fitur Night Mode di kamera ultrawide Find N2 Flip dan Galaxy Z Flip 4.

Untuk mode ini, kamera Samsung bisa dibilang dapat menghasilkan foto yang lebih bagus dibanding kamera Oppo. 

Pada gambar patung kuda di atas, misalnya, ponsel Samsung (sebelah kanan) masih bisa menampilkan bagian detail kuda, seperti tekstur dan warna "aslinya", dengan lebih baik dibanding ponsel Oppo. 

Selain itu, detail dan bayangan di bagian jalan yang ada di bawah patung kuda juga masih bisa dilihat dengan cukup jelas di ponsel Samsung. Di ponsel Oppo, bagian bawah patung kuda cenderung berwarna hitam dan lebih pekat dibanding ponsel Samsung. 

Beralih ke kamera terakhir yaitu kamera selfie yang berada di layar utama, Oppo Find N2 Flip mampu menghasilkan swafoto dengan detail wajah yang lebih baik dibanding Samsung Galaxy Z Flip 4. 

Pada gambar di atas, misalnya, kamera selfie Oppo (sebelah kiri) bisa menampilkan latar belakang objek yang cukup baik di malam hari. Pada objek utama, detail dan tekstur elemen wajahnya juga bisa dilihat dengan baik.

Sementara itu, untuk hasil foto ponsel Samsung, latar belakang foto tampak gelap dan tidak terlihat, lantaran kamera akan fokus kepada objek utama saja, yaitu wajah manusia.

Masih soal swafoto, kegiatan ini juga sejatinya bisa dilakukan melalui kamera utama masing-masing ponsel, di mana layar sekunder (Cover Screen) akan menjadi viewfinder untuk melihat hasil bidikan kamera. 

Pada hasil foto mode Portrait menggunakan kamera utama di atas, misalnya, kamera Oppo (sebelah kiri) dan kamera Samsung (sebelah kanan) mampu menghasilkan detail wajah manusia yang cukup tajam di malam hari (kondisi sekitar gelap total).

Namun, apabila dilihat lebih teliti, elemen wajah yang ditangkap kamera Oppo, terutama di bagian mata, tampak lebih tajam dan terang apabila dibandingkan hasil foto dari kamera Samsung. 

Setelah melihat hasil foto di atas, bisa dikatakan bahwa kamera utama dan kamera selfie Oppo Find N2 Flip lebih mumpuni dari Galaxy Z Flip 4 untuk mengambil foto malam hari. 

Hal ini berkat resolusi kamera yang lebih besar yang ada pada kedua kamera tersebut, yaitu kamera utama 50 MP dan kamera selfie 32 MP, serta teknologi fotografi yang menyertai kamera seperti Hasselblad dan chip AI MariSillicon X.

Meski demikian, Samsung Galaxy Z Flip 4 bisa dibilang lebih unggul dibanding Oppo Find N2 Flip untuk fungsi kamera ultrawide, boleh jadi karena resolusi kameranya juga lebih besar (12 MP vs 8 MP).  

Dengan begitu, ponsel lipat Oppo Find N2 Flip bisa kami simpulkan lebih tangguh dan lebih bisa diandalkan dibanding Samsung Galaxy Z Flip 4 untuk menunjang kegiatan foto di kondisi minim cahaya atau di malam hari.

Nah, untuk melihat perbandingan lengkap hasil foto kamera Oppo Find N2 Flip dan Samsung Galaxy Z Flip di malam hari bisa disimak dalam galeri foto di tautan berikut ini. 

Apabila Anda ingin menjajal kamera Oppo Find N2 Flip atau Samsung Galaxy Z Flip 4 di malam hari, Anda bisa membeli kedua perangkat ini di sejumlah toko resmi masing-masing vendor tersebut dengan harga yang sama, yaitu Rp 15 juta untuk varian 8 GB/256 GB.

https://tekno.kompas.com/read/2023/05/23/11300087/membandingkan-hasil-foto-mode-malam-oppo-find-n2-flip-vs-samsung-galaxy-z-flip

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke