Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Daftar Karakter Gratis di "Honkai Star Rail" dan Cara Mendapatkannya

Game yang mengusung genre Role-playing Game khas Jepang (JRPG) ini menghadirkan 22 karakter dengan kemampuan (skill) yang berbeda, misalnya saja Bailu dan Seele.

Sayangnya, kebanyakan karakter ini hanya bisa diperoleh lewat sistem gacha alias sistem undian. Untuk mengikuti undian ini, pemain harus "membayar" dengan mata uang di dalam game.

Namun, ada juga "Honkai Star Rail" juga memiliki 8 karakter gratis yang bisa didapat dan dimainkan gamers.

Berikut adalah daftar karakter gratis di "Honkai Star Rail" dan cara mendapatkannya, sebagaimana dirangkum KompasTekno dari Wccftech, Senin (22/5/2023).

Saat baru memulai game ini, pemain akan diberi instruksi untuk memilih antara Trailblazer Pria (Caelus) dan Trailblazer Wanita (Stelle).

Setelah itu, pemain memberi nama kode (codename) untuk tokoh protagonis dalam game besutan Hoyoverse ini.

Awalnya, Trailblazer mengikuti path The Destruction dengan damage elemen Physical.

Pada dasarnya, Path merupakan sistem pembagian karakter berdasarkan kelas (class) seperti game RPG pada umumnya.

Dalam konteks "Honkai Star Rail", kelas penyerang dibagi menjadi The Destruction, The Hunt, dan The Erudition.

Kemudian, kelas suportif mencakup The Harmony, The Nihility, The Preservation, serta The Abundance.

Setiap path di atas punya kelebihan dan kekurangannya sendiri, seperti path The Destruction dengan damage yang tinggi, status paling seimbang, dan kemampuan bertahan hidup yang lama.

Beralih ke elemen, konsep ini cukup mirip dengan sistem game Pokémon.

Setiap karakter punya elemennya sendiri yang mampu menghasilkan efek negatif tertentu alias "debuff" pada musuh yang lemah terhadap elemen tersebut.

Contohnya saja elemen Physical milik Trailblazer yang memberikan debuff "Bleed", alias damage Physical tambahan.

Selain Physical, ada juga elemen Ice, Fire, Wind, Lightning, Imaginary, serta Quantum.

Seiring berjalannya waktu, pemain akan membuka path Preservation dengan damage Fire untuk Trailblazer.

Path ini menjadikan Trailblazer sebagai "tank" dengan kemampuan defensif yang mumpuni, baik untuk melindungi diri sendiri maupun anggota party lainnya.

Untuk mendapatkannya, gamers perlu menyelesaikan sub-misi "Leave and see what's going on outside" di Trailblaze Mission bertajuk "Eye of the Storm".

Pemain bakal mendapatkan misi ini di babak prolog, sehingga tidak perlu menunggu lama untuk menggandeng March 7th ke dalam party.

Dalam pertempuran melawan musuh, March 7th sangat cocok digunakan sebagai karakter Support atau Sub-DPS. Kemampuan ultimate-nya dapat membekukan musuh untuk satu giliran, sehingga cocok untuk di-"combo" dengan serangan lainnya.

Tak hanya itu, March 7th juga mempunyai kemampuan "The Power of Cuteness" yang melindungi rekan party dari serangan musuh.

Menilik kemampuannya, Dan Heng mengikuti path The Hunt dengan elemen Wind. Sederhananya, path The Hunt memungkinkan pengikutnya untuk menghasilkan damage yang "sakit" untuk satu musuh yang ditargetkan.

Karena serangan ini difokuskan pada satu musuh saja, Dan Heng dan karakter dengan path ini merupakan pilihan yang tepat untuk melawan bos.

Saat menggunakan karakter berbintang empat ini, gamers sebaiknya melakukan kombo yang mencampurkan serangan biasa (basic), skill, dan ultimate.

Contohnya, skill "Knight Spear Technique: Torrent" dapat mengurangi kecepatan musuh sebanyak 15 persen selama dua giliran.

Ketika musuh mendapatkan debuff ini, Dan Heng bisa segera menggunakan ultimate "Ethereal Dream" untuk meningkatkan bonus damage sebesar 72 persen.

Seperti yang sebelumnya sudah disebutkan, Warp adalah sistem "summon" yang dimanfaatkan untuk memperoleh karakter baru. Selain karakter, Warp juga bisa digunakan untuk membuka Light Cone baru.

Di "Honkai Star Rail", sistem ini baru diperkenalkan pada misi "A Moment of Peace" di Trailblaze Mission "Today Is Yesterday's Tomorrow".

Dari segi skill-nya, Asta mengikuti path The Harmony dengan elemen Fire. Path ini dapat dikatakan suportif mengingat kemampuannya berkaitan erat dengan peningkatan status party alias buff.

Dalam konteks Asta, karakter ini bisa mengeluarkan ultimate "Astral Blessing" untuk meningkatkan kecepatan party sebanyak 45 untuk dua giliran. Skill pasif Asta, "Astrometry" bermanfaat untuk menaikkan damage rekan party.

Cara mendapatkannya, pengguna perlu membuka kotak surat (Mailbox) di game setelah menyelesaikan misi "A Moment of Peace".

Serval sendiri adalah karakter bintang empat dengan path The Erudition dan elemen Lightning. Path The Erudition merupakan kebalikan path The Hunt karena fokusnya untuk melakukan serangan AoE (Area of Effect) kepada beberapa musuh sekaligus.

Contohnya, Serval mampu mengeluarkan ultimate "Here Comes the Mechanical Fever" untuk melakukan serangan sebesar 108 persen dari status attack-nya kepada semua musuh.

Meski ideal untuk melawan banyak musuh pada saat yang bersamaan, Serval dan karakter The Erudition lainnya kurang cocok dibawa untuk melawan bos.

Karakter dengan elemen Ice ini bisa diperoleh pengguna secara cuma-cuma setelah menyelesaikan misi "Simulated Universe" yang pertama.

Misi ini tersedia di babak prologue, sehingga pemain tak perlu menunggu lama untuk mendapatkan karakter baru.

Untuk skill-nya sendiri, kemampuan Herta tidak jauh-jauh dari serangan AoE, kecuali untuk basic attack-nya yang hanya menargetkan satu musuh.

Skill "One Time Offer" bisa melakukan serangan Ice sebesar 50 persen dari damage Herta.

Sementara itu, ultimate-nya, "It's Magic. I Added Some Magic" merupakan serangan AoE elemen Ice sebesar 120 persen dari damage karakter itu.

Herta cocok digunakan sebagai Sub-DPS, ditambah lagi dengan sederet kemampuannya yang bisa membekukan musuh.

Catatannya, pengguna perlu mencapai Trailblaze Level 14 untuk membuka misi tersebut.

Karakter bintang empat ini mengikuti path The Abundance dengan elemen Physical. Path The Abundance jauh lebih suportif ketimbang path lainnya di "Honkai Star Rail".

Sebab, hampir semua skill yang dimiliki karakter path ini berkaitan dengan healing, baik rekan tertentu maupun satu party secara keseluruhan.

Skill "Love, Heal, and Choose" dapat meng-heal satu teman sebanyak 9 persen dari hit points (HP) maksimum Natasha ditambah 60.

Bila ingin menyembuhkan semua anggota tim, Natasha perlu menggunakan ultimate "Gift of Rebirth" dengan total healing sebesar 11 persen dari HP maksimum Natasha ditambah 74.

Berbeda dengan karakter lainnya dalam list ini, Qingque baru bisa didapatkan lewat konten endgame untuk "Honkai Star Rail" versi 1.0.

Lebih lengkapnya, gamers perlu meraih Trailblaze Level 21 kemudian menyelesaikan tahap "Memory Stage 3" dalam mode "Forgotten Hall".

Nah untuk skill-nya, Qingque cocok digunakan untuk melakukan serangan AoE mengingat path-nya adalah The Erudition.

Kebanyakan serangan Qingque sangat bergantung pada "Jade Tile", yakni keramik yang mirip dengan permainan Mahjong.

Dengan keramik ini, Qingque dapat menghasilkan burst damage yang menyakitkan. Akan tetapi, burst damage ini tidak dapat dilakukan secara konsisten karena mekanisme skill tersebut yang bergantung pada keberuntungan pemain.

https://tekno.kompas.com/read/2023/05/23/18070097/daftar-karakter-gratis-di-honkai-star-rail-dan-cara-mendapatkannya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke